bisnis sampingan 4

Anda ingin memulai bisnis sampingan tetapi tidak punya cukup uang? Apakah Anda seorang karyawan yang punya keinginan kuat untuk memulai bisnis? Apakah Anda bosan dengan pekerjaan Anda? Apakah Anda muak dengan atasan Anda? Apakah Anda ingin memulai bisnis tapi tidak ingin keluar dari pekerjaan Anda?

Jika Anda berada dalam salah satu situasi di atas, maka silahkan lanjut membaca artikel ini.

    “Kontrol nasib Anda atau orang lain yang akan melakukannya.” – Jack Welch

Kita tahu bahwa setiap manusia memiliki kelebihan masing-masing dan memiliki setidaknya satu ide yang kreatif. Kita telah melihat karyawan dengan ide-ide brilian dan rencana yang menakjubkan; tetapi mereka tidak tahu bagaimana memperoleh jaminan dalam pekerjaan mereka untuk mengejar karir entrepreneurship atau memulai bisnis mereka sendiri. Memulai usaha kecil dan mendapatkan penghasilan tambahan selalu menjadi impian banyak karyawan, tapi masalahnya hanya sedikit yang berani keluar dari pekerjaan mereka dan memulai bisnis.

Sekarang berdasarkan tantangan yang dihadapi oleh para karyawan dan para calon pengusaha, kami telah memutuskan untuk menguraikan panduan mudah langkah demi langkah untuk memulai kecil bisnis sampingan. Langkah-langkah ini adalah langkah-langkah tepat yang telah diambil oleh para pengusaha sukses dan miliarder yang telah memulai dan membangun bisnis besar. Jadi jika Anda siap untuk menjalani hidup sebagai entrepreneur dan memulai bisnis sampingan; maka di bawah ini terdapat tujuh langkah untuk memulainya.

1.      Mulai kembangkan pola pikir entrepreneurship Anda

Langkah pertama yang Sribu rekomendasikan untuk siapa pun yang ingin memulai bisnis sampingan adalah untuk mengembangkan pola pikir entrepreneurship. Alasannya adalah karena memulai bisnis membutuhkan jenis pola pikir khusus, yaitu pola pikir entrepreneurship.

Perlu diingat bahwa membangun bisnis akan membuat Anda berhenti dari pekerjaan biasa Anda, dan akan mengalami transisi sepenuhnya dari menjadi karyawan untuk menjadi seorang majikan. Jadi, siapkan mental untuk menghadapi tantangan bisnis yang pasti akan dihadapi. Memulai usaha kecil, baik paruh waktu atau penuh waktu memerlukan tanggung jawab atau akuntabilitas dan usaha keras untuk berhasil mencapainya. Anda harus mengembangkan keterampilan kewirausahaan yang diperlukan seperti kemampuan negosiasi, keterampilan komunikasi, keterampilan kepemimpinan, keterampilan penjualan dan sebagainya.

2.      Tulis perencanaan bisnis yang baik untuk ide bisnis Anda

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis sampingan adalah menulis sebuah perencanaan bisnis yang baik untuk ide bisnis brilian Anda. Jika Anda serius untuk memulai bisnis sampingan, maka perencanaan bisnis adalah suatu keharusan, karena itu akan menjadi faktor kunci untuk pertumbuhan masa depan bisnis Anda. Perencanaan bisnis harus berisi analisis mendalam tentang bagaimana Anda berniat memulai bisnis itu dan bagaimana Anda berniat untuk mengembangkan bisnis. Putuskan juga bagaimana Anda memposisikan bisnis tersebut.

bisnis sampingan 2

3.      Carilah mitra bisnis yang ambisius dan berorientasi tujuan

Masalah menemukan mitra bisnis ketika memulai bisnis sampingan memang salah satu usaha taktis yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Beberapa pengusaha memiliki cerita yang baik untuk diceritakan sehubungan dengan kemitraan bisnis, namun tak sedikit yang memiliki cerita yang buruk. Sebelum memilih mitra bisnis, pastikan mitra bisnis yang prospektif bagi Anda untuk berbagi visi dan aspirasi. Dia harus memahami seluk-beluk rencana usaha dan harus bersedia ikut serta untuk menjamin kelangsungan hidup bisnis. Yang paling penting, kekuatan mitra bisnis Anda harus melengkapi kelemahan Anda. Satu aturan tepat dalam membentuk kemitraan bisnis adalah bersama-sama menandatangani perjanjian. Peraturan lain adalah untuk mempertimbangkan penggunaan badan hukum.

Jika Anda seorang pengusaha yang pekerja keras, Anda dapat memutuskan untuk melakukan semuanya sendirian, tetapi sehubungan dengan memulai bisnis sampingan; akan lebih baik untuk menemukan mitra bisnis dengan jadwal yang ditentukan untuk menutupi ketidakhadiran Anda di beberapa waktu. Bisnis paling sukses yang memulai semua dengan paruh waktu, hampir semua bergantung pada kemitraan. Contoh bisnis tersebut adalah Microsoft, Intel, Apple, Yahoo, Google, MySpace, Facebook, YouTube dan HP.

4.      Mulailah bisnis Anda dengan paruh waktu

Langkah keempat untuk memulai bisnis kecil adalah dengan memulai bisnis dengan paruh waktu. Kami menekankan hal ini karena sebagian besar karyawan memiliki mimpi untuk membangun bisnis tapi takut kehilangan pekerjaan utama mereka. Mereka terus merencanakan dan menunggu semua lampu menjadi hijau sebelum mereka memulai bisnis; tanpa mengetahui bahwa semua lampu tidak akan pernah hijau. Aturan yang baik di dunia entrepreneurship adalah mulai dengan apa yang Anda miliki dan pilihan Anda. Bahkan jika memiliki modal cukup, mulailah dengan apa yang Anda miliki. Setiap Anda dihantui dengan rasa takut untuk memulai usaha kecil, ingat bahwa Amazon, Apple dan Ford Motor dimulai dari garasi. Sedangkan Google, Yahoo, Dell dan Facebook dimulai di asrama.

5.      Jadwalkan waktu dan delegasi tugas ke mitra bisnis Anda

Langkah kelima untuk memulai bisnis paruh waktu adalah mengatur jadwal dan waktu. Apakah Anda akan menjalankan bisnis di malam hari setelah jam kerja atau pada akhir pekan? Anda benar-benar harus duduk dan memikirkan itu. Untuk kelangsungan bisnis, Anda harus mengalokasikan waktu untuk menjalankannya, dan tetap berpegang pada waktu itu. Mungkin kita tahu beberapa pengusaha sukses yang dapat terus maju dengan pekerjaan mereka sekaligus membangun bisnis mereka di malam hari. Yang dibutuhkan adalah tekad kuat pada diri Anda.

Jika Anda memiliki mitra bisnis, ini adalah saat di mana ia akan sangat berguna. Mendelegasikan beberapa tugas untuk mitra bisnis akan memberikan Anda kelonggaran dan membantu Anda menyusun strategi terhadap pertumbuhan bisnis. Pastikan bahwa tugas-tugas bisnis secara merata dibagi antara Anda dan mitra bisnis, dan masing-masing dari Anda harus bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.

interlocking-puzzle-pieces

6.      Menetapkan benchmark atau target untuk keluar dari pekerjaan Anda

Setelah memulai bisnis sampingan ini, langkah berikutnya adalah untuk menetapkan target waktu untuk keluar dari pekerjaan Anda. Pasti Anda akan keluar dari pekerjaan Anda suatu hari nanti dan fokus dalam membangun bisnis. Anda dapat menetapkan target tanggal keluar berdasarkan pertumbuhan bisnis Anda, tingkat tertentu yang dicapai dalam bisnis atau benchmark lain yang Anda rasa cocok. Terlepas dari pilihan benchmark, pastikan Anda mengatur waktu untuk keluar dari pekerjaan dan untuk fokus pada bisnis.

7.      Teruslah berinvestasi dalam bisnis sampai memenuhi target

Membangun bisnis bukanlah urusan sehari, ini merupakan proses yang berkelanjutan. Supaya bisnis dapat bertahan, Anda harus menjaga investasi dengan baik. Salah satu karakteristik utama dari pengusaha sukses adalah gratifikasi yang tertunda. Ini adalah salah satu perbedaan besar antara karyawan dan entrepreneur. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus belajar untuk hidup tanpa penghasilan dari bisnis sampai bisnis berkembang cukup besar. Hal ini disebut “bekerja secara gratis.”

bisnis sampingan 1

Sebagai catatan akhir; ini adalah rencana aksi tujuh langkah untuk memulai bisnis sampingan. Sebelum mengakhiri, kami ingin Anda tahu bahwa membangun bisnis sambil tetap bertahan dengan pekerjaan adalah hal yang hampir tidak mungkin. Jadi kami mendorong Anda untuk mengambil langkah percaya diri dan mulai merencanakan semuanya hari ini. Dengan ide bisnis yang baik dan semangat kewirausahaan yang berdedikasi, kesuksesan akan menjadi milik Anda. Selamat mencoba!


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.