Word Cloud "Marketing Strategy"

Perubahan adalah hal penting untuk Anda lakukan dalam menjalani berbagai kegiatan. 2013 telah membawa transformasi besar pada platform media sosial, algoritma mesin pencari, dan email marketing, dan 2014 adalah era baru online marketing. Anda akan melihat ‘content marketing dan ‘integrated marketing‘ yang semakin banyak disebut, karena kedua hal tersebut tidak hanya fokus pada satu jaringan, tetapi menggunakan konten Anda untuk untuk disebarkan pada berbagai saluran.

Namun, bagaimana Anda bisa lebih pada fokus pada strategi online marketing jika Anda sudah merasa kewalahan? Jangan khawatir, berikut adalah strategi online marketing yang dapat bekerja dengan efektif untuk meningkatkan penghasilan Anda secara besar-besaran  pada tahun 2014!

1.  Fokus pada media sosial

Sosial media memanglah salah satu media pemasaran yang nantinya akan mendatangkan sales. Namun, masyarakat umumnya jarang langsung membeli produk yang Anda tawarkan dari halaman Facebook, profil LinkedIn, atau foto Instagram. Sehingga Anda harus melakukan kegiatan dalam sosial media untuk menjaga fans, follower, dan koneksi yang Anda bangun di sana. Cara paling sederhana dan paling cepat untuk menghubungkan fans yang susah didekati adalah dengan mendapatkan alamat email mereka sehingga dapat menghubungi mereka secara langsung melalui email marketing Anda. Maka tidak perlu lagi menyibukkan diri dengan menjangkau semua secara langsung atau melibatkan banyak orang dalam posting Anda.

Berikut adalah contoh untuk beberapa media sosial paling populer:

Facebook

  • Pengunjung dapat melihat langsung timeline Anda
  • Like” halaman Anda
  • melihat tawaran yang Anda miliki untuk produk gratis, kupon, atau berbagai promo lainnya
  • menukarkan email mereka dengan barang promosi
  • kirim mereka email dari hasil memberi barang promosi

Twitter

  • follower melihat tweet Anda, adakah penawaran yang sedang berlangsung
  • klik pada link untuk mendapatkan tawaran
  • masuk di halaman arahan situs web Anda (halaman web khusus hanya untuk penawaran ini)
  • masukkan email mereka untuk ditukar dengan barang promosi
  • mengirimi mereka email dari hasil memberi barang promosi

Pinterest:

  • follower melihat foto cantik atau infografis yang telah Anda unggah
  • klik pada pin untuk mempelajari lebih lanjut
  • klik pada link yang disertakan dalam deskripsi pin
  • tiba di halaman arahan situs web Anda (halaman web khusus hanya untuk penawaran ini)
  • masukkan email mereka untuk ditukar dengan barang promosi
  • kirim mereka email dari hasil memberi barang promosi

Lakukan posting secara teratur ke jaringan sosial Anda untuk memelihara hubungan tersebut. Sekarang Anda telah menambahkan komponen email marketing untuk memastikan bahwa pelanggan tertarik dengan melihat Instagram atau LinkedIn Anda.

 

Marketing business sales

 

2.  Perluas marketing online

Terlalu banyak pemilik usaha hanya berfokus pada Facebook untuk dijadikanstrategi social media marketing mereka. Meskipun Anda dapat terus melakukan itu pada 2014, Anda akan perlu berfokus pada membangun keterlibatan yang lebih dengan mulai beriklan. Anda dapat mencapai hasil yang besar dengan iklan Facebook yang sederhana. Jika Anda tidak berencana membuat iklan pada tahun 2014, maka perluaslah online marketing di luar Facebook. Dengan menambah jaringan media sosial lainnya dapat memberikan Anda kesempatan besar untuk memasarkan produk Anda.

 

3.  Mengukur yang bekerja paling baik

“Kapan terakhir kali Anda menganalisis Google Analytics Anda? Facebook Insights Anda? YouTube Insights Anda?”

Pada tahun 2014, sangat penting untuk mulai mengukur dampak marketing online yang sudah dilakukan. Anda tidak akan punya waktu atau anggaran untuk dihabiskan pada kampanye pemasaran yang tidak efektif.

Sebaliknya, identifikasi menjadi sangat perlu untuk mengukur mana kegitan online marketing yang bekerja dengan baik untuk bisnis Anda pada tahun 2013, lalu lakukan perbaikan. Para pengunjung Web itu sangat banyak, sehingga Anda tidak perlu khawatir melakukan terlalu banyak hal yang sama. Orang-orang jarang melihat setiap posting atau artikel yang Anda tulis.

Jadi, jika kegiatan pemasaran terbaik adalah membagi kupon untuk mengisi kursi pada malam tertentu di restoran Anda, maka teruslah lakukan kegiatan itu. Namun, jangan sampai lupa untuk memikirkan bagaimana Anda dapat membuat kegiatan itu berjalan lebih efektif. Mungkin Anda bisa mengganti kupon dengan kartu dinner? Atau melakukan improvisasi dengan memberikan kesempatan kepada beberapa pengunjung setia restoran Anda untuk makan malam  bersama koki handalan Anda? Pikirkan tentang bagaimana memberikan sesuatu yang serupa namun berbeda untuk terus membina minat beli masyrakat.

 

4.  Carilah peluang lainnya yang hilang

Kegiatan online marketing akan lebih menantang pada tahun 2014, dimana kegiatan tersebut akan mengharuskan Anda untuk menjadi lebih cerdas dan lebih fokus pada strategi marketing. Anda sudah harus mulai berpikir mengenai peluang apa saja yang sudah pernah Anda lewatkan dan apa yang dapat Anda lakukan tetapi tidak dilakukan oleh kompetitor Anda.

Mungkin mengupload video ke YouTube belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Jika ya, jangan lupa untuk segera mencari tahu cara melakukan kegiatan promosi dengan baik melalui media video dan jangan lupa untuk memasukkannya ke YouTube dan gunakan social media Anda yang lain  untuk menyebarkannya!

Top-5-Online-Marketing-Tactics-for-2014-1024x696

 

Bagaimana Anda akan update perencanaan online marketing pada tahun 2014?

Marketing online berkembang dengan pesat, dan Anda dengan mudah akan merasa tidak bisa mengikuti perubahan yang muncul. Jangan merasa Anda perlu bergabung pada setiap jejaring sosial baru. Masukkan keempat taktik di atas ke dalam strategi pemasaran online Anda dan lihaltlah hasil yang lebih baik di tahun 2014. Selamat mencoba!


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.