Tips Untuk Menjadi Kreatif

Dalam bekerjasama dengan seorang klien, terkadang permintaan mereka bisa sangat mudah tetapi bisa juga sangat sulit. Dan sebagai seorang designer, tentunya Anda harus selalu bisa mengembangkan ide atau pun mewujudkan ide klien Anda. Saat semuanya menjadi begitu sulit, sudah tugas Anda untuk menunjukkan sisi kreatif Anda dan membuat ide klien menjadi lebih baik dan unik. Kreativitas sangatlah penting untuk Anda sebagai seorang desainer. Anda harus bisa mengubah sebuah kertas kosong menjadi sebuah masterpiece.  Apa Sribuddies tahu bahwa 75% orang di dunia lebih memilih menjadi orang kreatif daripada orang pintar? Bagi mereka, orang pintar adalah orang yang menguasai teori, tetapi bagi orang kreatif, Ia belajar teori dan mengembangkan teorinya sendiri dan mempraktekkannya ke dalam suatu wadah. Menjadi kreatif bukanlah bawaan dari lahir, tetapi menjadi orang yang kreatif adalah pembelajaran. Dalam artikel ini, Sribu memiliki beberapa tips untuk menjadi kreatif buat Sribuddies demi meningkatkan kreativitas Anda.

Lakukanlah sesuatu yang berbeda

11

Langkah pertama untuk menjadi kreatif adalah lakukan sesuatu yang berbeda. Lakukanlah sesuatu yang bahkan tidak pernah terlintas dalam pikiran anda. Kualitas hal berbeda tersebut harus diatas dari hal yang biasa anda lakukan. Sudah saatnya Anda meningkatkan satu tingkat dari biasa yang  Anda lakukan.  Tapi, tentunya jangan terlalu berharap dengan lakukan hal yang berbeda anda bisa langsung sukses menjadi kreatif. Semua tetap butuh proses dan disitulah pertanyaan besar untuk Anda. Apa Anda sudah siap untuk meningkatkan skill anda atau Anda masih mau di zona aman Anda?.

Jangan menjadi bagus, tetapi jadilah hebat

good-design-is-obvious-great-design-is-transparent

Hanya menjadi bagus tidaklah cukup ketika Anda bermimpi untuk menjadi hebat. Anda harus berpikir “ini bagus, tetapi apa langkah selanjutnya yang akan membuatnya menjadi lebih bagus?”. Dengan demikian, Anda tidak akan mudah puas dalam meningkatkan kreativitas Anda. Jangan pernah menganggap Anda sebagai orang yang biasa. Mulailah untuk berpikir Anda orang yang luar biasa dan Anda mengerjakan sesuatu yang luar biasa pula. Bukan yang biasa-biasa saja.

Belajarlah dari orang lain

Jangan pernah malu untuk belajar sesuatu dari orang lain. Cobalah cari sebuah logo yang unik dan tariklah pelajaran dan kreativitas dari sana. Mari kita lihat sebuah contoh, yaitu logo-logo lama dari Nickelodeon. Logo tersebut sangat sederhana dengan bentuk yang berbeda seperti bola, anjing, roket, burung atau apapun itu, tetap saja itu perpaduan dari putih dan orange dengan identitas sederhana.nick.logo_1

Mari lihat contoh buatan Tom Corey lainnya, yaitu logo dari Noggin Channel. Perpaduannya pun sederhana. Hanya setengah wajah yang dikolaborasikan oleh identitas sederhana lainnya. Betapa kreatifnya bukan?

noggin.logo_1

Hadapi kritikan, kemudian pelajari!

creativity.punch_

Saat pekerjaan Anda dibilang tidak bagus atau ditolak klien itu pasti sangat mengesalkan dan menyedihkan. Tetapi, yang perlu Anda tahu, terkadang sebuah kritik adalah tamparan yang baik agar Anda melangkah lebih baik. Dan bahkan, jika anda berani menghadapi dan mempelajari kritikan tersebut, beberapa bulan kemudian saat anda melihat karya anda tersebut, Anda akan tertawa betapa berkembangnya anda sekarang.

 Apa yang membuat pekerjaan tersebut hebat?

creativity.gun_

Anda harus terus ingat bahwa selalu ada dimensi lain yang bisa dieksplorasi dan Anda juga harus tahu dimana Anda harus berhenti dan tidak menghasilkan desain yang terkesan sembarangan atau berlebihan. Anda juga harus memikirkan budget yang ada. Jangan sampai ide Anda yang begitu bagus membuat Anda menjadi terpuruk hanya karena masalah keuangan. Saat pertama kali anda merancang desain Anda, Anda harus tau berapa budget Anda, kemudian barulah anda kembangkan ide serta susun strategi untuk menyajikan desain yang hebat tetapi tentunya dengan uang yang tersedia.

Bagaimana Sribuddies? Menjadi kreatif adalah hal yang mudah bukan? Kuncinya adalah niat untuk menjadi kreatif. Dan terus ingat ya Sribuddies. Kreatif muncul karena dilatih. Jadi anda harus terus sering berlatih ya. Yuk coba tunjukkan kreativitasmu dengan mengikuti kontes Sribu. Jangan lupa untuk membaca ilmu-ilmu mengenai desain lainnya di blog Sribu, Facebook Fan Page Sribu.com atau Twitter account Sribu di @sribudotcom.

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

* Credits to:

webdesignerdepot.com

^ how-i-learned-to-be-really-creative


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Dei

    Saya hanya ingin komentar, kenapa ini web d browser mobile ancur.., saya pengguna iphone. Jika web sribu ini responsive buat lah sebagus mungkin. Dan jangan lupa slalu test mengguna browser mobile. Atrikelnya bagus, namun tidak sesuai dengan webnya. Harap d perbaiki agar terlihat lebih bagus.

    • Tampilan website responsive untuk web dan blog saat ini masih dalam proses pembuatan. Terima Kasih atas masukannya. 🙂

  • Sekar❀

    sangat membantu sekali. terimakasih:)

  • Naufal Muhammad

    Saya harus belajar lebih banyak dari akang ini 😀 mantap banget hehe

  • Ryan

    mantab…, dan untuk info keren-nya