Dahulu SEO dan Content Marketing merupakan dua strategi pemasaran online yang dianggap tidak saling berkaitan. Namun SEO dan Content Marketing berkembang dengan sangat cepat. Google lebih menyukai website dengan konten yang berkualitas dan mampu memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pengunjung.

Strategi SEO yang memuat keyword secara berlebihan pada satu halaman juga mulai ditinggalkan oleh para marketer. Mereka kini fokus mencari organic visitor melalui konten berkualitas. Sehingga tidak heran Content Marketing pun menjadi strategi pemasaran online yang paling berkembang untuk saat ini.

Jika Anda tidak mengikuti tren pemasaran online yang sedang berkembang maka kompetitor Anda akan lebih unggul. Oleh karena itu simak 7 tren strategi pemasaran online yang wajib diketahui oleh para marketer berikut ini:

1. Content Marketing Dengan Cara Yang Berbeda

Banyak marketer yang mengatakan bahwa Content Marketing dapat bekerja secara efektif jika dilakukan dengan benar. Namun beberapa brand sepertinya terjebak dengan konten yang selalu sama dari masa ke masa. Content Marketing akan terus berkembang dan mau tidak mau Anda harus mengikuti dan mempelajarinya. Anda harus merubah cara Anda bekerja, setidaknya berikan hal berbeda pada konten yang Anda tampilkan.

Berdasarkan kicauan twitter milik Stephanie Losee, content manager Visa mengatakan jika Anda ingin mendeskripsikan suatu produk, maka jangan menuliskan detailnya tapi ceritakan testimonial dari konsumen Anda. Berdasarkan apa yang S, maka sebaiknya Anda pun merubah metode Content Marketing Anda dengan cara yang berbeda.

content marketing dengan cara berbeda

Via Tumblr

 

2. Menjaga Hubungan Baik Dengan Perusahaan Media

Ada banyak sekali perusahaan media yang berlomba-lomba menciptakan konten viral yang terkesan alami untuk kegiatan marketing. Anda mungkin berpikir bahwa dibalik itu semua adalah hasil kerja keras para content marketer profesional. Padahal kenyataannya belum tentu seperti itu.

Strategi pemasaran online yang dilakukan oleh Anda, meskipun senatural mungkin, hasilnya tidak akan sama dengan yang dilakukan oleh perusahaan media. Sayangnya masih banyak para marketer yang berfokus pada pencapaian organik melalui halaman website saja. Itulah sebabnya tidak ada hubungan yang baik antara marketer dan perusahaan media.

viral content

Via Imgur

3. Bersiap Menghadapi Kemunculan Platform Marketing Baru

Tidak menutup kemungkinan, semua hal disekitar Anda bisa dijadikan sebagai media marketing. Hal itu bahkan disampaikan oleh Rebecca Lieb, seorang digital analyst, “Content is going beyond the screen to the air we breathe”. Lieb memperkirakan bahwa pada tahun 2020 nanti segala sesuatu akan menggunakan sistem komputer. Maka bisa saja kemunculan smart refrigerator dan smart vacuum cleaner pun menjadi platform marketing baru.

Hal tersebut tentunya akan menjadi keuntungan bagi para perusahaan bisnis karena bisa menambahkan informasi yang relevan dan dibutuhkan oleh konsumen. Namun bukan berarti Anda harus memaksakan diri membuat konten yang relevan antara bisnis dan smart refrigerator, tapi bagaimana cara Anda menyatukan pengalaman pelanggan di semua platform marketing tersebut.

prepared something new

Via Wifflegif

4. Memanfaatkan Buzzword Untuk Menciptakan Efek Viral

Buzzword adalah sebuah isu atau topik yang sedang hangat untuk diperbincangkan oleh masyarakat. Dalam hal strategi pemasaran online, buzzword bisa memberikan efek yang positif atau negatif untuk bisnis Anda. Sebagai contoh yaitu tahu bulat yang begitu populer diperbincangkan. Hal ini mendorong Own Games, studio game asal Bandung untuk membuat sebuah game Android berjudul Tahu Bulat. Hasil ternyata di luar dugaan, game Tahu Bulat berhasil mengalahkan Clash of Clans yang selalu menduduki posisi pertama.

buzzword for viral

Via Tumblr

5. Konsumen Ternyata Lebih menyukai Konten Visual

Konsumen tidak memiliki cukup waktu untuk membaca sebuah tulisan yang panjang. Mereka lebih menyukai konten dengan gambar yang lebih banyak. Bahkan sosial media pun lebih banyak menampilkan gambar dan sudah jarang pula ditemui blog dengan artikel tanpa gambar. Fakta pun menyebutkan bahwa otak manusia 60 ribu kali lebih cepat dalam memproses tampilan visual.

Oleh karena itu Anda sebaiknya merubah strategi pemasaran online dengan cara menyajikan konten visual. Beberapa orang mengatakan bahwa setiap 300 kata tulisan harus disertai dengan satu gambar. Namun tetap perhatikan juga relevansi antara gambar dan tulisan.

visual marketing

Via Thenextweb

6. Menciptakan Konten Yang Bersambung

Konten yang bersambung akan menimbulkan rasa penasaran dan keingintahuan yang lebih bagi para pembaca. Jika dibandingkan dengan konten biasa, maka konten bersambung juga akan memberikan efek jangka panjang terhadap ingatan konsumen.

Sebuah artikel yang ditulis oleh SEMrush mungkin akan membantu Anda dalam menentukan timing yang tepat untuk setiap episdoe konten yang akan Anda buat. Jika dilakukan dengan benar maka konsumen akan penasaran dengan kelanjutan konten tersebut, atau bahkan berujung pada pencarian informasi mengenai bisnis Anda.

next episode

Via Allwomenstalk

7. Sosial Media Sebagai Media Distribusi Pemasaran Online

Dilansir dari Designhill, Social Media Marketing menjadi tren pemasaran yang popular dikalang pebisnis kecil. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan mendistribusikan konten yang menarik melalui sosial media. Perlu Anda ketahui, Facebook telah memiliki 1.4 miliar pengguna dan twitter memiliki 302 juta pengguna di seluruh dunia. Oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkan sosial media sebagai media distribusi pemasaran online yang efektif.

social media

Via Giphy

 

Nah, itulah 7 tren strategi pemasaran online yang mungkin akan terus berkembang. Sebagai seorang marketer, maka Anda harus up to date dengan tren pemasaran online. Namun jika Anda kesulitan membuat strategi pemasaran online yang efektif, Anda dapat memakai jasa pemasaran online yang disediakan oleh para freelancer.


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.

  • sofyanto MSi

    bagus infonya, mau nanya kenapa review produk tidak dimasukan dalam strategi pemasaran ?