Bahas Tuntas Tren Desain Minimalis yang Makin Populer

desain minimalis

Ya, di zaman modern ini, berbagai konsep desain mundur kembali ke konsep “dasar” atau yang kita namakan desain minimalis. Dalam arti ini, desain tidak lagi terlihat ramai. Brosur atau flyer tidak penuh dengan dekorasi-dekorasi yang terkadang tidak perlu. Konsep minimalis sedang gencar-gencarnya dipasarkan.

Desain pada brosur dan flyer, termasuk desain lainnya, adalah sebuah alat yang sangat menentukan branding sebuah bisnis. Pelajari hal-hal mengenai branding bisnis lainnya pada Panduan Membangun Branding untuk Bisnis.

Anda mungkin sering mendengar atau melihat rumah-rumah minimalis. Itu cukup membuktikan bahwa konsep minimalis digunakan tidak hanya dunia desain grafis tapi begitu pula dengan arsitektur dan jasa desain interior rumah.

Kali ini, saya ingin mengajak Anda untuk “back to basic“. Dalam dunia desain grafis, prinsip sederhana bukan berarti kurang. Malah tampilan sederhana bisa sebaliknya, dan lebih baik lagi, bisa membuat hasil penjualan meroket.

“Desain minimalis” yang muncul di blog A2591 lebih tampak seperti hasil dari latihan desain yang santai dibandingkan desain formal. Ini dikarenakan desainer-desainer mengembalikan tampilan desain yang sudah tidak asing lagi ke tampilan yang lebih sederhana. Hal ini dilakukan dengan mengurangi penggunaan warna dan grafis secara dramatis dan dalam 3 tahap.

kemasan produk

Baca juga: Konsep Desain Interior Kafe Minimalis yang Banyak Disukai

Beberapa kemasan terlihat jauh lebih tajam ketika dibuat sesederhana mungkin; beberapa fitur dari kemasan dikurangi sampai mereka tidak bisa dikenali lagi, karena tidak ada gambar susu atau buah-buahan.

Produk di atas terlihat seperti datang dari supermarket fantasi yang dilindungi secara eksklusif oleh desainer-desainer. Namun, setelah menelaah berita mengenai pengubahan desain merek akhir-akhir ini, tren desain minimalis ternyata menerobos pasar lebih cepat dari yang kita kira.

Baca juga: 20 Desain Interior Kantor Terkeren & Menarik Untuk Inspirasi Anda

Anda ingat saat kemasan Pepsi punya desain baru? Penggantian desain itu sempat diwarnai kehebohan. Tapi dibanding dengan desain-desain lamanya bertahun-tahun lalu, desain pepsi yang sekarang memiliki konsep yang lebih efisien dan blak blakan, ibaratnya desain minimalis. Jadi, kalau Anda masuk ke lorong minuman soda di supermarket, kemasan-kemasan kaleng pepsi berwarna biru tajam dan perak pasti paling menonjol.

Method, perusahaan sabun dan pembersih yang ramah lingkungan, selalu berusaha membuat kemasan terlihat seminimalis mungkin. Kemasan yang berwarna-warni dan sederhana telah ditiru oleh beberapa perusahaan di dunia pemasaran.

Baca juga: 10 Tools Keren untuk Kolaborasi Desainer & Developer

Kemasan di atas hanya memiliki dua warna telah dipuji oleh berbagai pelanggan dan desainer, yang pada umumnya tidak suka kemasan yang terlalu ribet. Selain kemasan tersebut, ada lagi kemasan yang tak kalah menarik untuk ditelusuri.

desain minimalis

Bagaimana menurut Anda, akankah konsep sederhana dan minimalis ini akan bertambah di masa depan?


Lengkapi kebutuhan branding bisnis Anda bersama Sribu!

Ryan Gondokusumo
Ryan adalah CEO dan Founder dari Sribu.com. 11 tahun pengalaman di management, product development, strategic dan digital marketing