Sejak tanggal 2 Oktober 2009, batik Indonesia telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Dimana setiap tanggal tersebut, semua warga negara Indonesia merayakannya dengan memakai pakaian batik untuk menemani aktifitas mereka.

 

Batik merupakan seni lukis di atas kain bergambar yang memiliki pola. Cara pembuatannya juga dibuat dengan khusus menggunakan zat lilin/malam yang dituliskan pada kain dan dilanjutkan dengan pengolahan yang khas. Seni lukis ini mempunyai banyak motif. Tercatat lebih dari 30 motif tersebar di nusantara.

 

Dalam artikel ini, saya sudah merangkumnya menjadi 10 motif terpopuler yang menjadi trend model batik di Indonesia. Siapa tahu salah satunya bisa menjadi inspirasi Anda dalam memilih motif batik untuk digunakan pada Hari Batik Nasional :)

 

1. Motif Batik Pekalongan

motif-batik-pekalongan-elegan-768x566
Via butikmagz

Dijuluki sebagai kota batik, Pekalongan memiliki motif batik yang paling terkenal dari motif yang lainnya. Letak kota Pekalongan yang strategis membuat motif-motif dari kota tersebut dipengaruhi oleh kebudayaan luar yang datang karena faktor perdagangan. Motif batik ini didominasi dengan corak fauna dan tumbuh-tumbuhan.

 

2. Motif Batik Mega Mendung Cirebon

mege-mendung-biru
Via ma3dhy

Untuk personally, saya paling suka motif batik jenis ini. Karena batik ini mempunyai ciri khas motifnya sendiri, bahkan menjadi salah satu icon dari kota Cirebon. Pola batik mega mendung dipenuhi dengan corak-corak berbentuk awan yang diberi warna gelap seperti biru tua, ungu, hijau tua, merah tua, atau warna gelap lainnya.

 

3. Motif Batik Solo

batik-sogan-pekalongan
Via belindomag

Yang menjadi ciri khas dari batik solo adalah warna motifnya yang kecoklatan. Batik solo juga masih menggunakan konsep pembuatan batik yang tradisional yaitu menggunakan bahan alami untuk pewarnaannya. Corak yang paling terkenal dari batik ini adalah gelombang-gelombang sungai bengawan solo yang sejuk dipandang.

 

4. Motif Batik Sekar Jagad Yogyakarta

colorful-sekar-jagad-batik-motif
Via rastrabara

Ingin mempunyai batik yang ‘Indonesia banget’? Anda bisa memilih motif batik sekar jagad yang berasal dari Yogyakarta ini. Motif batik ini memiliki filosofi yang unik yaitu diartikan sebagai peta dunia karena bentuknya yang seperti pulau-pulau. Makna sekar jagad sendiri adalah keindahan yang membuat orang terpesona saat melihat batik ini.

 

5. Motif Batik Keraton

batik keraton
Via nlyliyani

Jika melihat dari sejarahnya, motif batik keraton sangatlah eksklusif karena yang boleh memakai motif batik ini hanyalah Sultan dan anggota keluarganya saja. Hal tersebut dikarenakan penemunya adalah para putri keraton Yogya yang merupakan anggota keluarga Sultan. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang siapa pun boleh memakai motif batik tersebut bahkan bisa kita lihat sudah banyak yang memodifikasinya menjadi batik yang modern.

 

6. Motif Batik Kawung

batik-kawung
Via modelbaju7

Pernah diberi tugas oleh guru seni rupa untuk menggambar batik dengan motif seperti di atas? Yap, jenis motif tersebut adalah motif batik kawung. Motif batik ini merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Pada zaman dahulu, batik kawung hanya boleh digunakan oleh raja dan permaisurinya. Corak batik ini merupakan gambaran dari buah kawung atau yang biasa kita kenal sebagai buah aren.

 

7. Motif Batik Jepara

batik-jepara
Via mycarving21

Batik jepara mempunyai dua jenis motif yaitu motif baru dan motif lama. Pola pada motif batik jepara lama lebih menonjolkan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk motif batik jepara baru lebih seperti batik tulis yang memiliki banyak variasi. Batik jepara juga terkenal dengan sebutan batik kartini.

 

8. Motif Batik Tasikmalaya

batik tasikmalaya
Via disparbud

Setiap daerah pasti mempunyai ciri khas dan filosofi batik tersendiri, begitu juga motif batik yang berasal dari tanah sunda ini. Batik tasikmalaya pada umumnya bercorak rumput-rumputan, fauna, flora dan corak-corak lain yang berhubungan dengan alam. Untuk warnanya, motif batik ini menggunakan warna biru, coklat dan merah gelap.

 

9. Motif Batik Malang

batik malang
Via batikshuniyya

Batik malang memiliki pola yang cukup unik, yaitu pola tanaman atau simbol-simbol yang menunjukkan kota malang, contohnya seperti candi yang ada dalam gambar di atas. Warna batik ini juga cenderung cerah, biasanya berwarna dasar biru, ditimpa dengan warna putih lalu ditimpa kembali dengan warna merah.

 

10. Motif Batik Sidomukti Magetan

sempulur-pring-batik-motif
Via rastrabara

Motif batik sidomukti yang berasal dari magetan ini memiliki pola yang khas sekali pada coraknya, yaitu bergambar dasar bambu. Filosofinya sendiri pun unik, bermakna sebagai harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir dan batin. Seperti fungsi batik lainnya, batik ini biasa dipakai pada acara resmi atau upacara adat.

 

Bagaimana? Sudah menentukan motif batik yang siap Anda gunakan di Hari Batik Nasional nanti? Saya pribadi tentu saja paling suka batik mega mendung :)

 

Ternyata selain sebagai mode dan ciri khas masing-masing daerah, batik juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tarik suatu produk. Setiap tahunnya 78% dari para pelaku bisnis memanfaatkan momen hari besar untuk meningkatkan daya tarik produk mereka dan meningkatkan sales hingga 20-30%.

 

Untuk Anda para pelaku bisnis tentu saja momen Hari Batik Nasional ini dapat dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran yang efektif. Ingin menjadi salah satu dari mereka? Sribu memiliki solusi untuk membuatkan desain sesuai dengan Hari Batik Nasional. Dapatkan potongan harga hingga IDR 500.000 di link berikut ini.


Ghina Amania

Ghina Amania