Instagram telah menjadi salah satu aplikasi dan platform web terbaik untuk foto dan berbagi video. Jika kamu memiliki situs WordPress, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana dapat menanamkan foto galeri Instagram dan mengintegrasikan gambar ke blog kamu.

IG

Untuk membantu pengguna mengintegrasikan foto ke blog dan website mereka, Instagram telah merilis Application Programming Interface (API).

Ini adalah satu set perintah, fungsi, protokol, dan alat-alat untuk membangun aplikasi software. API mengungkapkan komponen software dalam hal sistem operasi tertentu. Artikel ini akan berfungsi sebagai panduan bagi pemula dan memajukan pengguna WordPress mengenai bagaimana kamu dapat mengintegrasikan Instagram ke situs WordPress menggunakan Enjoy Instagram WordPress Plugin.

 

LANGKAH 1Menginstall Enjoy Instagram WordPress Plugin

Untuk memulainya, cobalah untuk menginstall Enjoy Instagram WordPress Plugin. Untuk melakukannya, menujulah pada Plugins ->Add New dan cari ” Enjoy Instagram ” WordPress Plugin.

1

Selanjutnya, klik tombol “ Install ” dan kemudian tombol ” Activate “untuk mengaktifkan plugin.

1a

 

LANGKAH 2Mendaftarkan Aplikasi Menggunakan Instagram API

Setelah kamu menginstal Plugin ” Enjoy Instagram “, daftar aplikasi baru di Instagram untuk bisa menggunakan API.

Untuk melakukannya, login terlebih dahulu ke account Instagrammu dan kemudian menuju ke URL ini : http://instagram.com/developer/

2

Selanjutnya, klik tombol ” Register Your Application “. Kamu akan diminta untuk ” Developer Signup “.

Isilah bidang dengan domain situs WordPress kamu, nomor telepon dan alasan membuat API.

Jangan lupa untuk menerima Syarat Penggunaan API dan Pedoman Merek dengan mengklik kotak centang di bawah bidang sebelum mengklik tombol ” Sign Up “.

2a

 

LANGKAH 3 – Mendaftarkan Klien Baru

Jika API kamu telah terdaftar, buat klien baru untuk mendapatkan API ID Client dan Client Secret ID.

Untuk melakukannya, akses URL ini lagi : http://instagram.com/developer/

Klik tombol ” Register Your Application ” lagi.

3

Selanjutnya, klik pada tombol ” Register a New Client  ” di sisi kanan atas layar.

3a

Kamu akan diminta untuk ” Register a New Client ID “. Isi formulir yang diperlukan untuk melanjutkan dan masukkan rincian Captcha sebelum mengklik tombol ” Register “.

3b

Catatan : Kamu bisa mendapatkan OAuth redirect_uri dengan masuk ke halaman pengaturan plugin pada WordPress Admin Panel kamu.

Untuk melakukan hal ini, langsung saja menuju ke Settings- > Nikmati Instagram dan kamu dapat menyalin OAuth redirect_uri yang disediakan untuk situs kamu.

3d 3e

Setelah mengklik tombol, kamu akan diarahkan pada halaman ” Manage Clients ” yang akan berisi Client ID dan Client Secret ID untuk Situs WordPress kamu.

3f

LANGKAH 4 – Menyalin Client ID dan Cient Secret ID ke Situs WP

Jika kamu telah berhasil memiliki Client ID dan Client Secret ID, saatnya untuk menyalinnya pada Enjoy Instagram setting page.

Untuk melakukannya, dari halaman ” Manage Client ” di Instagram, salin ID Client dan Client Secret ID dan paste ke form yang mengatakan “ Enter your Client ID and Client Secret ID “.

4

Terakhir klik tombol “ Authorize Application ” untuk menyimpannya. Kamu akan diarahkan ke halaman permintaan akses API Instagram itu. Klik tombol ” Authorize ” untuk melanjutkan.

4a

Setelah semua langkah ini, kamu akan diarahkan pada halaman sukses di situs WordPress, menunjukkan bahwa profil Instagram kamu telah berhasil terintegrasi.

4b

 

LANGKAH 5 – Membuat Widget ke Tampilan Foto Instagram di Situs WP

Kamu telah berhasil mengkonfigurasi API untuk Instagram. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menampilkan foto Instagram di sidebar dengan menggunakan widget.

Untuk melakukan hal ini, Buka saja Appearance ->Widgets. Tambahkan ” Enjoy Instagram Grid Widgets ” pada sidebar utama dan mengkonfigurasinya untuk pengaturan pilihanmu.

5

Sekarang, jika kamu ingin memeriksa di halaman depan, kamu akan melihat bahwa foto Instagram sudah ditampilkan pada sidebar situsmu.

5a

 

Opsi Tambahan: Menampilkan Instagram Foto via Hashtags


Jika kamu lebih memilih untuk menampilkan foto dengan menggunakan hashtags, dan bukan foto sendiri, kamu dapat menavigasi di halaman ” Setting ” Enjoy Instagram. Cukup klik pada tombol hashtag radio dan masukkan hashtag yang diinginkan.

5b

Catatan: Jangan lupa untuk mengklik tombol hashtag radio di dalam ” Enjoy Instagram Grid Widgets ” saat menambahkannya pada sidebar.

Kesimpulan

Enjoy Instagram adalah plugin Instagram fleksibel yang memungkinkan kamu untuk menampilkan foto dalam grid atau carousel. Yang lebih hebat pada plugin ini, selain dari hashtag opsi tambahan, juga dioptimalkan untuk perangkat mobile yang menawarkan dukungan sentuh untuk pengguna ponsel.

Perlu kamu ketahui bahwa kamu bisa melakukan kegiatan promosi via sosial media termasuk Instagram. Karena dalam sosial media ini telah banyak akun Instagram yang menawarkan jasa promosi berbayar dan biasanya sangat murah untuk mengembangkan bisnis. Sebagai seorang desainerpun, ada beberapa akun Instagram yang bisa kamu follow. Semua akan memberikan banyak inspirasi berharga.


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.