Freelancer

10 Hal Penting yang harus Diperhatikan dalam Desain Logo

Ketika Anda mendesain logo, kedengarannya seperti tugas yang cukup mudah, bukan? Gambarlah sebuah lingkaran, ketik nama perusahaan dan Anda sudah menyelesaikannya. Sayangnya, jika Anda benar-benar ingin mendapatkan uang dari klien Anda, maka sudah seharusnya Anda melakukan lebih dari itu. Membuat desain logo yang menginovasi, adalah kunci Anda sebagai seorang desainer.

Ada berjuta orang yang membutuhkan logo sebagai sarana pemasaran yang baik untuk perusahaan mereka. Anda yang bekerja di industri desain logo, sudah pasti mengerti bagaimana menghasilkan logo yang baik untuk klien Anda. Namun, yang perlu Anda ingat bahwa, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam desain logo. Apa sajakah itu? Sribu akan mengulasnya untuk Anda.

 

1. Gunakan Visual Double Entendre

Beberapa logo favorit Saya, memanfaatkan teknik yang disebut Visual Double Entendre, yaitu yang memiliki dua gambar kemudian dibungkus menjadi satu, melalui konsep atau ide cerdas. Desain diatas adalah contoh yang sempurna. Logo ini mengambil bentuk sebuah paku, yang menunjukkan “lokasi” atau “tempat,” tetapi juga jelas terlihat seperti sebuah gelas anggur yang terbalik. Desain Logo yang menggunakan teknik ini, mendatangkan ide mengesankan. Orang biasanya menyukai permainan pikiran kecil yang Anda mainkan, dan membuat mereka menghargai desain.

 

2. Warna Menjadi Unsur Penting

Salah satu pertimbangan yang paling penting untuk desain logo adalah palet warna. Ini bukan keputusan yang dangkal, karena warna membawa arti dan sanggup mengkomunikasikan ide-ide.

Terkadang Anda dipatok dengan warna merek, tetapi ada saatnya dimana Anda akan memiliki kebebasan untuk mengeksplorasinya. Saya suka kekayaan warna yang dipakai pada contoh desain logo diatas.

 

3. Hindari Klise

Setiap tahun, desain logo datang dengan bermacam mode. Maka, Saya berpikir bahwa ada baiknya Anda menanggulangi penggunaan ide yang sama secara berulang-ulang.

Pola dasar seperti contoh di atas, sering kita jumpai dimanapun. Mengapa tidak menggunakan desain logo yang lahir dari ide Anda sendiri? Mungkin akan lebih baik daripada mengambil karya orang lain. Hindari sebuah klise dalam ilmu desain. Cobalah untuk bereksplorasi dengan pikiran Anda sendiri, kemudian tuangkan apa yang ada di kepala Anda.

 

4. Berkreasilah Semampu Anda

Daripada mengikuti sebuah kelompok dan menggunakan desain klise, lebih baik Anda berjuang sendiri untuk sesuatu yang unik dan mudah dikenali. Coba perhatikan contoh desain logo Evernote diatas.

Logo yang hanya sebuah kepala gajah, dan tidak terlihat seperti sebuah konsep yang begitu unik. Namun, coba perhatikan cara menggambarnya, yaitu dengan lekukan di telinganya yang membuatnya seperti sebuah lipatan kertas.

Saat Anda merancang logo, pertimbangkan apakah desain Anda unik atau biasa saja. Apakah mungkin, orang lain akan menghasilkan sesuatu yang mirip dengan karya Anda? Cobalah memulai ide dengan beberapa sketsa kasar sebelum memilih desain seperti apakah yang berada di pikiran Anda.

 

5. Setiap Orang Mencintai Jenis Huruf Kustom

Ketika kita berada pada subyek yang unik, hampir tidak ada yang dapat memberikan logo Anda rasa unik seperti halnya yang diberikan oleh huruf kustom.

Jenis huruf kustom membantu Anda untuk memastikan apakah logo sudah cukup baik? Mungkin ada seorang desainer bisa menirukan jenis huruf yang Anda gunakan dengan waktu singkat. Namun, butuh beberapa keterampilan nyata untuk meniru jenis huruf kustom.

Perlu diingat, meskipun logo Anda cukup terkenal, orang akan selalu mencoba untuk mematahkannya. Hal ini tentu berlaku untuk logo populer di bawah ini :

Font ini telah banyak dicuri orang untuk diparodikan dalam sebuah produk. Ya, mungkin alasannya untuk mendompleng popularitas saja, atau desainer yang membutnya, telah lama terinspirasi dengan Coca-Cola.

6. Tetaplah Sederhana

Tidak semua orang bisa menerobos dunia bisnis dengan desain yang indah. Namun, jika Anda tidak cocok dengan pernyataan ini, jangan takut untuk melangkah, karena tidak ada yang dapat mencegah Anda untuk membuat logo mengagumkan.

Dalam situasi ini, ingatlah bahwa kesederhanaan logo yang kuat, akan membuatnya menembus dunia bisnis dan selalu membuktikan bahwa mendunia tidak melulu harus mewah dan rumit.

 

7. Pertimbangkan Proporsi & Simetri

Beberapa orang dapat terbawa pada diskusi proporsi dan simetri. Pada poin ini, masih ada beberapa pelajaran penting untuk Anda. Coba Anda perhatikan logo Twitter diatas.

Lingkaran tidak digunakan untuk meyakinkan Anda tentang gambar burung yang tidak masuk akal. Akan tetapi, lingkaran-lingkaran tersebut digunakan hanya sebagai panduan untuk membuat logo secara seimbang dengan kurva dan busur yang konsisten.

 

8. Pikirkan Tentang Ruang Negatif

Sepanjang jalur yang sama sebagai makna ganda adalah trik dengan usia lama yang memanfaatkan ruang negatif dalam logo dengan beberapa cara cerdas. Tehnik ini digunakan oleh perusahaan pengiriman barang yang menggambarkan anak panah diantara huruf E dan X. Silakan Anda perhatikan dengan seksama. Ruang negatif digunakan secara halus. Kebanyakan orang melihat logo FedEx selama beberapa tahun, namun tidak semua menyadari tanda panah antara 2 huruf terakhir itu.

 

9. Pasif vs Aktif

Salah satu aspek yang menarik dari desain logo adalah konsep menanamkan gerakan atau kegiatan menjadi sebuah logo. Hal ini memang tidak selalu tepat, tetapi terkadang itu benar-benar dapat memberikan dorongan yang dibutuhkan, baik dari sudut pandang visual maupun konseptual.

Sebagai contoh, mari kita lihat lagi logo Twitter. Burung pergi dari posisi duduk bertengger, dan kemudian pasif untuk menjadi aktif dan akhirnya memilih untuk terbang. Dalam iterasi terbaru, mereka mengambil konsep ini lebih jauh dengan mengarahkan burung ke atas untuk menunjukkan bahwa dia naik ke udara, bukan mengambang di sepanjang lintasan yang sama.

10. Mengetahui Makna

Setiap logo yang baik memiliki sebuah cerita. Jauh lebih bermakna dari sekedar sketsa. Logo yang kuat dipenuhi dengan makna yang tampak maupun tersembunyi. Kita telah membahas hal ini dalam beberapa kasus di atas. Panah pada logo FedEx mengindikasikan bergerak maju dan melaksanakan pengiriman, logo Apple memiliki “gigitan” yang hilang, dan burung pada logo Twitter terbang menuju ke atas.

Hal ini sangat bagus ketika Anda sebagai seorang desainer dapat menunjukkan pada klien, berapa banyak pikiran dan penalaran pada logo yang Anda produksi untuk mereka.

 

Klien mungkin berpikir bahwa semua yang mereka inginkan adalah sesuatu yang segar dan sejuk, tetapi jika Anda malah memberikan logo yang mengikat pada nilai-nilai inti dari misi perusahaan, itu artinya Anda akan meniup pikiran mereka dan mereka akan mencintai desain logo karya Anda.

You may also like
10 Tools Keren untuk Kolaborasi Desainer & Developer
Photoshop Tutorial: Membuat layout web 2.0

Diliput Oleh

[index]
[index]