Freelancer

20 Langkah dan Cara Membuat Web Dengan Mudah

Hi Sribuddies! Sribu ingin sharing mengenai langkah – langkah yang harus diperhatikan dalam cara membuat web. 

Seperti yang kalian ketahui, website adalah salah satu yang berperan penting dalam dunia usaha. Buktinya akhir-akhir ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan website sebagai media promosi. Jadi, tidak heran kalau banyak perusahaan yang rela mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk membuat dan mempercantik media ini.

Tetapi, banyak sekali designer yang tidak mengerti bagaimana cara membuat web. Padahal, untuk membuat website, designer tidak bisa sembarangan dengan cara membuat web sesukanya, tetapi designer harus memperhatikan beberapa aspek cara membuat web dengan baik. Pada topik kali ini, Sribu akan memberikan langkah – langkah cara membuat web. Disimak ya, Sribuddies!

 

1. Tuangkan inspirasi ke dalam kertas

Tidak sedikit web designer yang pada awalnya langsung menuangkan inspirasinya pada software desain seperti Photoshop tanpa memikirkan konsep seperti apa yang akan Anda gunakan. Sebaiknya saat ingin memulai mendesain suatu website, langkah awalnya  cara membua web adalah menuangkan content serta layoutnya ke dalam kertas.

 

2. Mulailah sketsa top level framework

Langkah kedua dalam cara membuat web adalah mulailah menggambar level paling atas. Mengapa Anda harus membuatnya dari level paling atas? Karena dengan hal tersebut, Anda dapat mengerti konsep website tersebut secara keseluruhannya. Yang disebut dengan top level framework adalah User Interface website itu sendiri, yang berguna dalam memberikan feedback kepada pengguna website Anda nanti.

 

3. Tambahkan grid pada PSD anda

An example of a 978 Grid with a 10px baseline

Sebelum memulainya dalam Photoshop, Anda wajib menambahkan grid dalam PSD Anda. Sebenarnya langkah cara membuat web ini sangat mudah, tetapi banyak sekali designer yang melupakan hal ini. Padahal langkah ini digunakan agar tata letaknya konsisten dan terlihat seimbang serta membantu Anda dalam membuat template yang responsif. 

 

4. Pilih jenis tulisan

Terkadang banyak sekali designer yang berpikir semakin banyak font yang digunakan, maka website itu semakin kreatif. Padahal, kenyataannya semakin banyak font yang digunakan, maka user semakin pusing dalam membacanya. Pada langkah cara membuat web ini, designer diharuskan untuk memilih font  yang dapat dibaca dengan baik oleh user pada content, dan memilih font yang menarik untuk judulnya. Jangan sungkan untuk memakai huruf besar atau font yang jarang dilihat, karena itu membuat user semakin tertarik dengan website Anda.

 

5. Pilih warna tema anda

Sangat penting untuk memikirkan tema pada suatu website, agar warna yang tercipta tidak memusingkan user. Tetapi tetap pikirkan kesinambungan terhadap komponen-komponen yang terdapat di website tersebut. Tidak ada salahnya untuk mencari inspirasi pada website-website terkenal saat ini untuk membuat standard dan perbandingan untuk cara membuat web.

 

6. Buatlah tata letak

    

Langkah cara membuat web ini sangatlah penting. Tata letak dapat membantu dalam menyoroti bagian apa yang penting dari content tersebut. Karena masing-masing bagian harus dapat menceritakan content masing-masing. Mulailah dengan membuat layout yang paling sederhana yang dapat anda bayangkan, kemudian tambahkan komponen-komponen yang hanya diperlukan. Karena sebenarnya untuk membuatnya tetap sederhana adalah hal yang sulit dilakukan.  

 

7. Evaluasi kembali apa yang telah dikerjakan

Sudah tugas designer untuk membentuk cara user mengakses suatu website. Dan terserah Anda pula berapa kali feedback yang akan didapatkan oleh user. Terkadang designer sering terlalu terpesona dengan apa yang telah Anda buat, sehingga Anda tidak mengevaluasi apa yang sudah Anda buat. Padahal sangat penting untuk memikirkan kembali pola interaktif yang telah dibuat untuk melihat bagaimana meningkatkannya.

 

8. Tantang diri anda

Setiap designer seharusnya dapat menantang diri sendiri dalam setiap project yang Anda dapatkan. Karena suatu insipirasi tidak selalu datang dari perusahaan yang ingin membuat website, tetapi terkadang terserah Anda bagaimana dan seperti apa website tersebut nanti.

 

9. Perhatikan detil sekecil apapun

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan untuk cara membuat web. Terkadang Anda melupakan detail-detail kecil dalam komponen yang telah Anda buat, seperti gradient kecil pada Button atau stroke halus pada TextBox. Tetapi secara keseluruhan, selain hal ini adalah hal penting, hal ini termasuk hal yang menyenangkan.

 

10. Perlakukan setiap komponen seolah-olah itu bisa disampaikan pada kontes desain

Setiap komponen yang dibuat harus seperti dapat berdiri sendiri layaknya komponen yang terbaik yang pernah dibuat. Dan tidak ada salahnya, designer meninggalkan nama atau ciri khas Anda di dalam website tersebut untuk menunjukkan sedikit hormat untuk Anda.

 

11. Pertajam pekerjaan anda

Selain pertimbangan estetika, ada beberapa hal umum yang harus dihindari dalam cara membuat web dan rangka menciptakan kerja yang baik. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah ketika user mencoba untuk mempertajam gambar atau komponen suatu website. Dalam beberapa website, banyak sekali komponen-komponen yang nge-blur. Itu membuat user kesal karena Anda menilai website itu tidak baik dalam hal tampilan.

 

12. Rapikan PSDs anda

Hal ini (bersama dengan penggunaan grid) adalah salah satu bagian yang paling penting  saat merancangmenggunakan Photoshop.  Designer harus menyimpan file secara bersih, karena ini akan membuatnya lebih mudah untuk mengekspor bagian yang berbeda, mempercepat proses desain dan bekerja dengan file bersama dengan desainer lainnya.

 

13. Desainlah dengan skenario terbaik, tetapi siapkan kemungkinan terburuk

Sebagai desainer, tugas Anda adalah memecahkan masalah melalui kendala yang berbeda. Dalam cara membuat web, kendala berkisar dari isu-isu konseptual dan teknis untuk konten isu-isu yang terkait. Designer harus bisa membangun sebuah website yang bisa bekerja tidak hanya dalam scenario yang ideal, tetapi juga dalam scenario terburuk.

14. Terobsesilah dengan desain sampai anda membencinya

Bagi pencinta desain seperti para designer tentunya sangat mencintai saat-saat mendesain pada website. Langkah cara membuat web ini adalah langkah dimana para designer sudah mengerahkan semua kemampuannya ke dalam website sampai Anda merasa capek dan membencinya. Hal itu sangat lumrah, karena itulah yang disebut tanda kedewasaan karena itu artinya anda akhirnya belajar dari kesalahan anda sendiri.

 

15. Hindari menghabiskan waktu terlalu banyak saat mendesain konsep awal sebelum berbagi dengan klien

Ketika mengusulkan konsep interaktif atau desain look and feel’, Anda perlu memastikan bahwa Anda dan klien dalam presepsi yang sama sesegera mungkin. Setelah itu terjadi dan konsep awal disetujui, Anda dapat bersantai sedikit dan mulai produksi.Tetapi jika setelah menyajikan konsep pertama dan klien tidak jatuh cinta dengan hal itu, Anda harus mengumpulkan umpan balik yang cukup untuk membawa konsep yang lebih tepat kepadanya sesegera mungkin.

16. Bertemanlah dengan Developer

Developer adalah orang-orang kreatif yang mencintai pekerjaan Andasama seperti designer. Tetapi developer tidak selalu termasuk dalam proyek dari awal, melainkan sering kali hanya terlibat ketika konsep diputuskan dan peran kreatif Anda telah diganti. Proses ini salah, beberapa ide terbaik datang dari tim developer. Jadi pastikan Anda bergabung dengan Anda dari awal project.

17. Jelaskanlah dengan detail saat presentasi, dan anggap mereka tak tahu apa-apa

Desain terbaik dapat diabaikan atau dibuang jika Anda tidak menyampaikannya dengan benar. Selalu ingat bahwa apa yang benar-benar jelas bagi Anda mungkin tidak begitu jelas bagi seseorang melihat desain Anda untuk pertama kalinya. Sehingga, pada saat mempresentasikan desain kepada klien, anda harus menjelaskan sedetail mungkin dengan cara yng menarik dan tidak membosankan.

18. Cintai semua ide anda, tetapi jangan terlalu terikat

Ada garis tipis antara mengetahui kapan untuk mengadvokasi ide-ide Anda dan belajar untuk menyadari ketika tim Anda atau klien tidak melihat Anda sebagai the one. Sebagai desainer Anda harus percaya terhadap apa yang Anda lakukan, tetapi Anda juga harus terbuka dengan cepat membalik ide itu dan datang dengan sesuatu yang lain. Jangan lupa bahwa ada lebih dari satu solusi yang unik.

19. Ikuti perkembangan desain anda saat proses perkembangan

Jika Anda bekerja di dalam kantor, Anda mungkin telah menyadari betapa mudahnya untuk menemukan diri berjuang dengan desain sebuah proyek baru ketika yang sebelumnya sedang dikembangkan. Berlawanan dengan keyakinan umum, pekerjaan Anda pada sebuah proyek tidak berakhir ketika PSD dan styles- sheet dikirim.

Jika Anda benar-benar peduli tentang desain Anda, jangan sungkan untuk menghubungin developer dan bantu Anda untuk memastikan bahwa semua pixel kecil sempurna.

20. Tunjukkan pekerjaan yang telah anda buat

Inilah langkah terakhir dalam cara membuat web. Sebagai designer, saat yang paling menyenangkan bukanlah saat anda menyelesaikan hasil akhir anda, tetapi saat semuanya sudah diimplementasikan secara baik. Tetapi itu tidak dapat dibilang semuanya selesai. Anda pun harus memberikan kontribusi terhadap pengetahuan masyarakat dan membuatkan study case tentang progress dari pekerjaan Anda.

Nah, sekarang Sribuddies tahu kan bahwa terkadang hal yang para designer anggap sepele adalah sesuatu yang sangat penting? Mulai sekarang sribuddies harus memperhatikan hal-hal kecil dalam cara membuat web agar terciptanya suatu website yang baik. Ayo jangan lupa mengimplementasikan langkah-langkah ini ke dalam kontes desain di Sribu. Untuk langkah-langkah  lebih mendalam kunjungi cara membuat web di Photoshop. Untuk tips-tips mengenai desain lainnya main aja ke Facebook Fan Page Sribu.com atau Twitter account Sribu di @sribudotcom.

 

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

 

 

* Credits to:

 creativebloq.com

 ^ Pro Tips: 20 Steps To The Prefect Website Layout

Ryan
Ryan is the CEO of Sribu and Sribulancer. Has over 7 years experience in team building, product development, strategic marketing, digital marketing and retail.
You may also like
8 Desain Stationery Terbaik Pilihan Sribu.com
15 Desain Poster Kreatif Penuh Inspirasi

Diliput Oleh

[index]
[index]