Cara Jualan Online Dengan 5 Langkah Mudah (BONUS: Tips Singkat Memulai Online Shop!)

jualan online tanpa modal dari rumah

Cara Jualan Online

Anda tidak akan pernah menyangka ternyata sesederhana ini cara jualan online & memulai sebuah online shop sendiri.

Selain mudah, berjualan online pun sangat menarik, anda tak perlu menyewa ruko untuk dijadikan sebagai toko dan bisa meraup jutaan rupiah dari rumah.

Bahkan dengan online shop, anda bisa jualan online tanpa modal sedikitpun, dengan cara menjadi reseller atau dropshipper.

Di masa dimana informasi sangat mudah tersebar hanya dengan satu klik, online shop atau toko virtual – tempat yang menghubungkan penjual dan pembeli – semakin memiliki tempat tersendiri dimasyarakat. Meskipun begitu, bukan berarti jualan online shop tidak memerlukan perencanaan yang matang.

Ada beberapa strategi yang harus kita ketahui agar lebih sukses dalam berjualan online.

Perkembangannya yang pesat serta semakin bertumbuhnya pengunjung di online shop, memaksa para pengusaha atau marketer konvensional mengikuti tren. Lebih daripada itu, mereka bukan cuma mengikuti perkembangan tetapi sudah banyak yang mempelajari strategi cara jualan online.

Jika Anda berpikir bahwa cara jualan online & online shop hanyalah mitos serta berjualan secara konvensional tetap lebih menarik, penelitian oleh Experian Simmons mengatakan berbeda.

Dari 4,887 online shoppers dengan rentang umur 25-54 tahun, 59.1% online shoppers adalah wanita, 57.3% berpenghasilan di atas US$50,000 & 77.0% berpendidikan sederajat universitas atau lebih tinggi. Artinya, dalam perkembangannya, online shop akan semakin menjanjikan untuk meraup pangsa pasar potensial.


59.1% online shoppers adalah wanita (Experian Simmons)

Sangat dimaklumi, tidak mudah bagi para pengusaha yang masih asing dengan platform online shop untuk memulai bisnis online dengan cara mengintegrasikan produknya dari dunia nyata ke dunia maya.

Oleh karena itu, saya akan membagikan beberapa langkah aplikatif yang dapat diterapkan untuk mulai cara jualan online dengan membuat sebuah online shop.

 1. Tentukan Target Pasar

Sebelum masuk ke teknis cara jualan online, apa yang harus ditentukan?

TARGET PASAR

Menentukan target pasar adalah tips bisnis online yang paling prioritas sebelum masuk ke dalam tahap selanjutnya.

Jika jeli melihatnya, pasar seringkali telah terfragmentasi dengan sendirinya ke berbagai macam perkumpulan, komunitas atau berbagai macam grup.

Misalnya, jika anda menjual pizza secara online & mengarah ke grup vegetarian sebagai salah satu target pasar, anda pasti akan menyediakan pizza non-daging dengan berbagai sayuran organik yang dapat terus dikreasikan & dieksplorasi baik dari aspek jenis bahan yang dipakai hingga kreasi menu yang dijual.

Bila target pasar anda tepat, maka seluruh strategi cara jualan online anda akan menjadi sangat mudah karena produk anda sudah market fit.

Jika anda kesulitan dalam menentukan target pasar usaha, janganlah ragu untuk menggunakan jasa konsultasi bisnis.

Perusahaan seperti Sribulancer menyediakan layanan tersebut. Konsultasi bisnis merupakan investasi jangka panjang bagi usaha anda, karena jika dilakukan dengan tepat maka return of investment-nya pun akan sepadan.

2. Jalankan Content Management

Berjualan online yang dipadukan dengan konten edukasi menjadi tren di seluruh dunia saat ini.

Namun, seperti yang pernah ditekankan di artikel sebelumnya, kunci dalam memenangi “peperangan konten” di masa kini adalah dengan membuat & mengurus blog dengan baik.

Platform terbaik untuk menyimpan sub-menu blog tersebut adalah sebuah website produk atau online shop Anda.

Menurut Pendiri WebScout – perusahaan online marketing usaha kecil dan menengah – Laura Greeno, sebuah blog adalah penanda keahlian anda dalam sebuah industri atau pelayanan.

Selanjutnya, tujuan dari blog itu haruslah untuk memenuhi segala kebutuhan informasi tentang apa yang pelanggan anda pikirkan, rasakan & tanyakan mengenai produk atau layanan anda.

Cara Jualan Online
Content Management melibatkan banyak channel dan berorientasi membantu pelanggan.

Mengelola content dalam online shop – termasuk blog – harus dilakukan dengan telaten & terjadwal.

Kemudian, lakukanlah social media marketing dengan membagikan seluruh informasi yang dibutuhkan pelanggan di berbagai platform social bookmarking atau microblogging seperti Tumblr, Facebook atau Twitter.

Posisikan anda untuk mudah ditemukan di dunia maya & siap dihubungi serta melayani pelangggan anda.

Sudah banyak perusahaan strategi cara jualan online-nya adalah menyajikan artikel edukasi tentang sebuah problem yang sedang terjadi lalu diberikan solusi yang akhrinya mengarah ke produk yang dijual perusahaan itu.

3. Pertimbangkan User Experience

Cara jualan online yang tepat adalah bila anda dari awal sudah memikirkan bagaimana pengunjuang website merasa mudah & senang dengan pengalaman saat berada dalam website anda.

Ketika anda mencari barang di online shop, anda tidak ingin dipusingkan dengan banyak hal.

Anda ingin dengan mudah mendapatkan apa yang dicari & mendapatkan informasi berguna untuk membandingkannya dengan brand atau model lain.

Ya, itulah hal yang terpenting – mempertimbangkan intelligent user experience (UX) navigation agar online yang sudah anda buat dengan platform apapun itu tetap mudah digunakan oleh siapapun yang melihatnya.

Cara Jualan Online


UX Navigation
penting untuk memudahkan pelanggan menjelajahi online shop.

Memposisikan diri sebagai pelanggan adalah langkah awal membuat pertanyaan UX navigation yang tepat.

Daripada memikirkan pertanyaan seperti “Apa saja yang harus ada di website ini?” lebih baik mengembangkan pertanyaan yang lebih elaboratif seperti “Fitur apa yang akan menjadi experience tersendiri bagi pelanggan & memudahkan mereka mendapatkan informasi yang lengkap?” atau “Bagaimana kita bisa menyediakan informasi yang dicari oleh pelanggan dengan cepat & efisien?”

Jangan lupa juga untuk mengoptimalisasikan fitur calls-to-action (CTAs) seperti buy now, put in cart, contact customer service, dan lain sebagainya. Fitur ini harus mudah terlihat & fleksibel bagi pelanggan sehingga mereka tidak akan malas untuk kembali ke online shop Anda.

Cari Jasa Pembuatan Online Shop Berkualitas

4. Buat Mailing List

Di artikel sebelumnya telah dijelaskan secara gamblang bahwa email marketing tidak akan pernah mati, setidaknya dalam 5-10 tahun mendatang. Untuk itu, memiliki mailing list yang yang updated sangatlah penting.

Lalu apa kegunaan mailing list? Menjalin relasi jangka panjang – bukan selalu untuk berjualan di depan wajah para pelanggan secara frontal.

Ingat, anda rutin berkomunikasi melalui email dengan tujuan untuk selalu dapat membantu mereka, memberikan informasi yang komprehensif, memecahkan masalah mereka dengan produk anda & yang terpenting adalah fokus mendistribusikan konten yang baik untuk mereka.

Itulah cara bisnis online yang tepat untuk mailing list anda.

Bukankah berdagang tujuannya untuk meraup untung sebanyak-banyaknya?

Ya, tidak salah. Tetapi bukan berarti anda hanya melakukan kegiatan selling secara terus menerus. Penawaran sebuah produk harus tetap dilakukan namun secara berkala.

Esensi hubungan yang anda bangun dengan pelanggan bukan cuma hanya sekedar transaksi.

Neil Patel – pendiri Neil Patel, Crazy Egg & Quick Sprout dan konsultan bisnis online – membuktikan dengan mendefinisikan kembali marketing sebagai usaha untuk membantu pelanggan & menyalurkan content yang baik.

Dalam tujuh tahun usahanya, Neil Patel mengirim lebih dari 62 juta email.

Setengah dari revenue blog-nya berasal dari 184.000 lebih alamat email yang dibantu – bukan cuma jualan, jualan & jualan.

Lebih berfokus pada membantu pelanggan daripada jualan bukanlah pernyataan asal-asalan.

Penelitian yang dilakukan oleh GE Capital Retail Bank menunjukkan bahwa ketika mengunjungi online shop, 66% mencari informasi garansi, 52% mencari informasi harga, 51% mencari informasi spesifikasi produk, 47% mencari informasi cara pembayaran/pendanaan & sisanya mencari informasi diskon, ketersediaan barang serta tata cara pengiriman barang.

Dari hasil riset tersebut anda dapat meramu informasi yang tepat dalam content online shop anda.

Intinya, cara jualan online yang sukses melalui email marketing haruslah sebuah komunikasi dimana anda menempatkan perusahaan anda sebagai problem solver.

Dengan menjadi problem solver, selanjutnya anda akan mendapatkan banyak referensi dari teman, kerabat & kolega dari klien yang sudah anda layani.

5. Bentuk Tim yang Berkomitmen

Cara jualan online anda akan jauh lebih efektif bila anda memiliki tim yang berdedikasi.

Manusia selalu menjadi unsur terpenting dalam melaksanakan seluruh strategi yang telah dibahas di atas.

Anda harus dengan jeli memilih personil yang memiliki komitmen & kesabaran yang tingkatannya nyaris menyamai Mahatma Gandhi.

Mengapa? Karena pelanggan dapat sangat menjadi tak terprediksi terutama dari segi emosi ketika melancarkan keluhan baik via teks maupun telepon.

[BONUS] Tips Cara Jualan Online

Beberapa tips langkah praktis yang dibagikan ini dapat diterapkan agar cara jualan online anda bisa lebih efektif:

  • Tawarkan sampel produk – Bagikan produk secara gratis kepada figur-figur berpengaruh yang berpotensi membantu online shop marketing Anda dalam waktu dekat maupun di masa depan. Follow up & minta kritik/saran mengenai produk Anda. Jikapun tidak sukses menggaet sebagai endorser, setidaknya anda mendapat masukan yang berarti dari fresh eyes untuk meningkatkan kualitas produk Anda.
  • Hire a Buzzer(s) – @Funjunkies berbagi pengalamannya dari perspektif penjual, pembeli & buzzer secara komprehensif dalam artikel ini. Menurutnya, anda harus menjadi penjual yang terpercaya & memiliki reputasi yang baik sehingga buzzer pun akan memiliki trust kepada online shop anda & tidak perlu mempertaruhkan reputasinya.
  • Sponsori sebuah event Acara-acara offline yang relevan adalah sebuah tempat beriklan yang sangat potensial & strategis, terutama untuk face to face marketing. Acara yang disponsori mesti relevan (lakukan riset dahulu) agar waktu & sumber daya yang telah dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.
  • Bagikan Press Release Ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan media presence online shop anda lebih luas. Lakukan riset untuk mendapatkan daftar media yang potensial & relevan untuk anda bagikan press release. Langkah ini juga baik untuk menjaga reputasi anda melalui media relations.


Konklusi

Online shop merupakan platform yang harus diperhitungkan jika produk atau jasa anda ingin tetap menjadi kompetitif.

Namun, online shop anda tidak akan bisa berjalan baik bila tidak dibarengi dengan strategi cara jualan online yang tepat.

Kami sudah ketengahkan 5 langkah di atas sebagai kickstart bagi anda untuk masuk ke dunia jualan online. Namun lebih daripada itu, anda disarankan juga memakai jasa luar untuk mempercepat prosesnya.

Untuk segera memulai, Sribulancer menyediakan jasa konsultasi bisnis & jasa pembuatan website untuk online shop Anda.

Catatan penting, dahulukan melakukan hal-hal yang anda merasa sudah ahli atau memiliki keinginan kuat di dalamnya.

Jika itu adalah content management, lakukanlah.

Jika keahlian itu adalah membentuk tim yang baik, dahulukanlah.

Yang pasti, dengan memiliki keseluruhan teknik itu anda akan mudah memulai jualan online.

Apakah anda memiliki pengalaman lain seputar pembuatan online shop? Jangan ragu untuk menceritakan pengalaman anda melalui kolom komentar di bawah ini!

Raski Santika
Raski Santika adalah Business Growth Consultant & Blog Editor Sribu. Melalui tulisannya, ia ingin bantu menginspirasi, mengedukasi, serta membantu para pemilik usaha & talent freelancer digital dari berbagai kalangan untuk terus berkembang.