Branding

8 Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM)

social-media-for-small-business

Maraknya media sosial beberapa tahun belakangan, membuat Anda sulit menemukan seorang ahli pemasaran yang tidak merekomendasikan media sosial sebagai bagian dari pemasaran secara keseluruhan. Tapi apakah waktu dan usaha yang dikeluarkan untuk membangun kehadiran sosial media benar-benar sebanding pada saat ini? Apa manfaat seluruhnya dari media sosial untuk bisnis UKM atau usaha kecil menengah?

Ada 8 cara sederhana bisnis Anda mendapatkan manfaat dari perencanaan pemasaran menggunakan media sosial yang efektif:

 

1.  Media Sosial Dapat Mengurangi Seluruh Biaya Pemasaran Anda

Pertama dan paling penting, kemampuan untuk membuat tweet atau posting ke Facebook yang sangat menarik akan lebih efektif dari pada mengeluarkan biaya untuk iklan ataupun mengirim ribuan surat. Namun ada juga alat periklanan canggih yang memungkinkan Anda melakukan kampanye pemasaran, baik kata kunci ataupun demografis yang spesifik sehingga Anda dapat mendapatkan kembali uang yang sudah diinvestasikan, bahkan lebih.

2.  Media Sosial Dapat Mempengaruhi Hasil Pencarian di Mesin Pencari

Ketika Anda berharap media sosial dapat mempengaruhi posisi website bisnis di mesin pencari, yang harus dilakukan adalah membuat konten optimal dan menarik. Selain itu, website lain mungkin akan tertarik dengan isi konten Anda lalu membuat link ke website yang Anda miliki, sehingga akan meningkatkan traffic ke website. Media sosial menjadi alat yang tepat untuk mencari pengunjung yang sesuai, dan kemudia mereka akan terus mengunjungi, bahkan menyebarkan website Anda secara gratis.

3.  Media Sosial Dapat Menjadi Customer Service Yang Baik

Mungkin Anda sedang mencari cara untuk menampung dan menjawab komentar, pertanyaan, saran, dan kritik pelanggan, media sosial adalah jawaban yang sangat tepat. Pelanggan yang menggunakan media sosial seperti Facebook atau Twitter dapat dengan mudah berkomunikasi dengan Anda, dan memungkinkan Anda merespons komentar pelanggan, serta pelanggan lain juga dapat melihatnya.

girl-working-at-home-4-3

4.  Dengan Media Sosial Anda Dapat Mendesain Kepribadian Online Sesuka Hati

Pemasaran melalui media sosial lebih mirip dengan mengadakan sebuah pesta daripada pertemuan bisnis. Anda akan melakukan penawaran bisnis jauh lebih baik dalam situasi sosial karena itu lah hakekat manusia sebagai mahluk sosial. Media sosial adalah cara yang tepat menunjukkan kepribadian dari bisnis UKM Anda, serta nanti akan menampilkan informasi, karyawan, ruang kerja, dan masih banyak lagi. Buatlah merek Anda layaknya manusia, dan pelanggan akan mudah terhubung dan menjaga loyalitas.

5.  Media Sosial Memungkinkan Anda Terhubung Dengan Bisnis Lain

Jika memang media sosial dapat menghubungkan Anda dengan konsumen, berarti platform ini juga memungkinkan untuk terhubung dengan pengusaha atau bisnis usaha kecil menengah lainnya. Mungkin juga Anda mendapatkan partner untuk distributor baru, dengan media sosial dapat melakukan percakapan yang nyata dengan manusia sesungguhnya yang dapat di akses secara sosial dan geografis.

6.  Pelanggan Bisa Memvalidasi Bisnis Anda di Media Sosial

Dengan terhubungnya pelanggan secara langsung dengan Anda, berarti ada kemungkinan mereka mendapatkan layanan pelanggan yang terbaik. Hal ini akan terjadi di forum public yang dapat dilihat oleh semua orang. Jadi ketika pelanggan memberikan pujian pada pelayanan Anda dan memvalidasi ke teman-teman mereka, maka akan sangat mungkin teman-teman mereka menjadi pelanggan potensial bagi Anda.

Hand holding a Social Media 3d Sphere

7.  Dengan Media Sosial Anda Dapat Memberi Nilai Berharga

Gagasan bahwa Anda benar-benar dapat memberi pelayanan berharga pada target pelanggan berarti memang  sudah ahli dalam industri usaha kecil menengah yang Anda jalani. Baik itu posting, tweet ataupun blog mengenai hiburan atau pendidikan, apapun itu, jika Anda dapat memenuhi keinginan pelanggan, itu berarti Anda memberi nilai berharga yang akan diapresiasi oleh pelanggan.

8.  Media Sosial Memungkinkan Anda Mendapat Keunggulan Kompetitif

Jika digunakan dengan benar, media sosial dapat meningkatkan tingkat pencarian pada bisnis UKM Anda, memberi layanan pelanggan terbaik, mendesain kepribadian online yang efektif, terhubung dengan mitra bisnis baru, membangun koneksi, dan memvalidasi keahlian Anda dengan memberi nilai berharga pada konsumen. Apakah Anda tahu apa artinya? Itu artinya Anda mendapatkan keunggulan kompetitif untuk bersaing, dan itu semua dari media sosial.

finding-marketing-advantage1

Bagaimana menurut Anda? Masih ragu-ragu untuk menggunakan media sosial? Percayalah, ini sangat berguna untuk usaha kecil menengah. Karena memulai bisnis UKM akan lebih baik jika tidak mengeluarkan modal yang terlampau besar termasuk dalam hal pemasaran. Buatlah desain logo bisnis UKM Anda unik dan menarik dan cantumkan dalam media sosial.

You may also like
Tips Mengupdate Strategi Marketing Online di 2014
3 Tips Strategi Marketing Lewat Sosial Media Yang Tidak Boleh Dilupakan

Leave Your Comment

Your Comment*

Your Name*
Your Webpage

Diliput Oleh

[index]
[index]