Sebelum Pakai, Ketahui 7 Kelebihan Facebook Ads Ini

Apakah saat ini kalian sedang memikirkan strategi promosi bisnis? Sebuah bisnis tentu harus dipromosikan, baik secara offline maupun online. Berbeda dengan promosi secara offline yang sudah lebih dahulu dikenal, promosi bisnis secara online memiliki tantangan sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mempromosikan bisnis secara online. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan jasa Facebook Ads yang disediakan oleh Facebook.Inc. Sebelum pakai, ketahui 7 kelebihan Facebook Ads berikut ini.

1. Jumlah Pengguna Facebook yang Terus Meningkat

Sejak pertama kali diluncurkan hingga kini, jumlah pengguna Facebook tidak berkurang. Justru semakin bertambah dari tahun ke tahun. Di tahun 2018 tercatat, jumlah pengguna aktif Facebook telah mencapai 2,17 miliar. Data ini dirilis situs We Are Social di bulan Maret 2018 dan tentu saja saat ini jumlah tersebut sudah bertambah lagi.

Dari data tersebut tercatat Indonesia menempati urutan keempat sebagai negara dengan pengguna Facebook terbanyak. India berada di posisi teratas, Amerika Serikat di urutan kedua dan Brazil di urutan ketiga. Melihat begitu banyaknya pengguna Facebook, tak mengherankan bahwa 80% pengguna internet merupakan pengguna Facebook. Bahkan 65% orang dewasa di atas usia 65 tahun juga memakai Facebook.

Sebagian besar dari pengguna Facebook tersebut umumnya melihat Facebook beberapa kali dalam sehari. Rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pengguna Facebook ketika sedang mengakses jejaring sosial ini pun terbilang cukup lama yakni sekitar 58 menit.

Dari data tersebut terlihat jelas bahwa Facebook merupakan tempat yang sangat strategis untuk mempromosikan bisnis kalian. Bayangkan, ada ratusan bahkan ribuan orang yang berpotensi melihat iklan bisnis yang kalian pasang di Facebook. Inilah kelebihan Facebook Ads yang wajib kalian ketahui.

jasa facebook ads
photo doc: http://blog.guiacontato.com.br/facebook-para-vendas-3-principios-para-o-sucesso/

2. Layanan Jasa Facebook Ads untuk Promo Lokal dan Internasional

Apakah kalian ingin mempromosikan bisnis di wilayah sekitar saja? Ataukah kalian ingin mempromosikannya hingga ke mancanegara? Kelebihan Facebook Ads bisa mewujudkan semua impian tersebut. Facebook menyediakan pengaturan iklan berdasarkan target wilayah tertentu.

Jika kalian memiliki usaha di Jogja dan Solo, maka gunakan Facebook Ads untuk menayangkan iklan khusus untuk pengguna Facebook yang berada di wilayah Jogja, Solo dan sekitarnya. Sementara itu bila kalian ingin mempromosikan bisnis sampai ke mancanegara, lakukan pengaturan untuk menayangkan iklan Facebook Ads di negara-negara tertentu yang dibidik sebagai sasaran pengiklanan.

facebook ads target location
photo doc: http://www.dealersunited.com/blog/case-study-how-dealers-united-gained-222-new-sign-ups-in-31-days-with-a-single-facebook-campaign/

3. Sistem Penargetan yang Detail

Berbeda dengan layanan jasa iklan lainnya, layanan kelebihan Facebook Ads ini memiliki sistem penargetan yang sangat detail. Kalian bisa mengatur penargetan iklan berdasarkan lokasi negara, provinsi, kota hingga kecamatan, usia, jenis kelamin, kegemaran, ketertarikan, perangkat yang digunakan dan lain sebagainya.

Dengan penargetan yang detail, maka iklan yang dibuat tentunya akan semakin tepat dengan sasaran pula. Peluang terjadinya konversi pun semakin besar.

Sistem penargetan yang detail ini perlu diikuti pula dengan riset yang memadai. Sebagai pelaku bisnis, kalian perlu melakukan riset untuk mengetahui karakter konsumen.

Riset bisa dilakukan misalnya saja dengan mempelajari website atau fans page kompetitor, mengamati konsumen menggunakan tool seperti Facebook search graph atau Google Adwords Display Planner.

Kami banyak membahas tentang riset pasar di artikel ini :

Panduan Jitu Cara Melakukan Riset Pasar Untuk Start Bisnis

Riset pasar merupakan salah satu aspek penting dalam perencanaan sebuah bisnis dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bagi kalian yang ingin memulai sebuah bisnis hendaknya meluangkan waktu untuk melakukan riset pasar, berikut panduan lengkapnya

Facebook Ads juga memungkinkan kalian untuk menemukan pasar-pasar baru untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satu kelebihan Facebook Ads menyediakan fitur untuk melakukan tes pasar dengan penargetan hasil eksplorasi. Dari hasil tes pasar, kalian bisa mengamati lalu melakukan perubahan sehingga iklan Facebook Ads bisa mencapai target-target konsumen baru yang diharapkan.

Facebook Ads ini bekerja dengan sangat terukur. Dengan menggunakan layanan jasa Facebook Ads, kalian bisa melihat jumlah orang yang melihat iklan, banyaknya klik pada iklan dan konversi yang terjadi. Kemudahan ini tentunya membantu pengguna Facebook Ads untuk mengevaluasi iklan mereka dan mendapatkan komposisi iklan terbaik dengan hasil optimal.

target fb ads
photo doc: http://businessblog.winweb.com

4. Efek Berantai Penggunaan Facebook Ads

Ketika memasang iklan, seringkali efek yang diharapkan hanya terjadi saat iklan tersebut ditayangkan saja. Setelah iklan tidak aktif, maka peluang terjadinya konversi pun tak lagi ada. Pada iklan Facebook Ads, hal tersebut tidak terjadi. Efek Facebook Ads ini bersifat berantai.

Saat seseorang melihat iklan kalian dan memberikan LIKE pada fans page, maka tindakan tersebut membuat semua teman Facebook-nya akan melihat iklan fans page tersebut. Menarik, bukan? Tak hanya sampai di situ saja, semua orang yang sudah memberikan LIKE pada fans page bisa melihat update terbaru yang kalian buat di fans page tersebut. Tentu hal ini sangat menguntungkan untuk promosi jangka panjang.

Jika kalian sudah memiliki banyak anggota fans page, selanjutnya lakukan pendekatan agar mereka setia berada di fans page tersebut. Misalnya saja dengan membagikan update yang berkualitas tidak melulu berupa promosi produk atau jasa saja melainkan dengan konten-konten bermanfaat lainnya dan menjaga frekuensi update tidak berlebihan sehingga tidak memicu kebosanan.

Selain membuat iklan Facebook Ads untuk memperkenalkan fans page, kalian juga bisa membuat iklan yang diarahkan ke website. Nantinya ketika orang melakukan klik pada iklan, maka mereka akan dibawa masuk ke dalam website. Cara ini akan membuat traffic ke website kalian lebih cepat meningkat.

Tentu saja sebelum membuat iklan Facebook Ads yang mengarah ke website, kalian perlu menyiapkan website terlebih dahulu. Benahi website bisnis sehingga tampil profesional, desain yang menarik namun tidak membingungkan, navigasi yang jelas, serta konten-konten yang lengkap dan bermanfaat. Jangan sampai mereka yang singgah di website kalian segera pergi meninggalkan website tersebut karena tampilannya yang membuat tidak nyaman.

efek facebook ads
photo doc: https://infinitymkt.com/viral-marketing/

5. Kemudahan Menggunakan Gambar

Iklan yang mengandung gambar tentu lebih menarik dibandingkan dengan iklan yang terdiri dari teks saja. Kelebihan jasa Facebook Ads pun mendukung penggunaan gambar dan teks untuk iklan kalian. Setiap pengguna Facebook Ads bisa menggunakan gambar yang menarik lalu melengkapinya dengan teks yang powerfull.

Jika kalian memiliki kendala dalam pembuatan gambar untuk iklan Facebook Ads, ada baiknya gunakanlah jasa editing foto. Jasa editing foto profesional akan membantu kalian membuat gambar iklan yang mampu menyita perhatian calon konsumen. Buatlah beberapa gambar sehingga iklan kalian lebih bervariasi.

5 Alasan Penting Kenapa Kalian Perlu Foto Editing Untuk Bisnis

Foto menjadi salah satu elemen penting untuk memulai ataupun mengembangkan bisnis. Foto yang berkualitas akan mempengaruhi kepercayaan dan citra sebuah perusahaan. Untuk mendapatkan foto yang berkualitas dibutuhkan proses foto editing dengan menggunakan software pengolahan foto atau bisa juga memakai jasa edit foto.

kelebihan facebook
photo doc: https://www.facebook.com/

6. Layanan Jasa Facebook Ads untuk Bisnis Baru dan Bisnis Lama

Apakah kalian baru merintis sebuah bisnis? Ataukah saat ini kalian sedang mencari strategi untuk mengembangkan bisnis lama? Kelebihan Facebook Ads efektif digunakan baik untuk bisnis yang baru didirikan maupun bisnis yang sudah lama berjalan.

Untuk bisnis baru, iklan yang dipasang di jejaring sosial akan membantu mengenalkan bisnis tersebut dengan lebih cepat. Sebab jejaring sosial Facebook ini tempat berkumpulnya banyak orang dan banyak komunitas.

Sedangkan untuk bisnis lama, Facebook Ads akan membantu membuat orang lebih akrab dengan sering melihat brand kalian. Jika konsumen sudah sering melihat brand kalian, maka mereka menjadi lebih mudah untuk memutuskan menggunakan produk atau jasa kalian.

jasa iklan facebook

Iklan yang dibuat melalui Facebook Ads tidak hanya akan membuat peluang terjadinya konversi secara online saja. Lebih dari itu, konversi secara offline pun bisa juga terjadi. Konsumen yang mengetahui tentang produk atau jasa kalian, tidak menghubungi melalui Facebook tetapi datang langsung ke kantor kalian. Untuk itu selalu lengkapi fans page dan website dengan kontak yang jelas, alamat serta peta petunjuk arah.

pengembangan bisnis
photo doc: http://teenzonemagazine.co.za/hot-picks-management-law-business-come-tops-2018s-years/

7. Cepat dan Efektif

Apa saja yang sudah kalian lakukan untuk mempromosikan bisnis? Membuat dan menyebarkan brosur, membuat papan nama berukuran besar, ataukah dengan membagi-bagikan kartu nama? Di antara beragam metode promosi bisnis, bisa dibilang layanan jasa Facebook Ads ini bekerja dengan cepat dan efektif.

Hanya beberapa waktu setelah kalian mengatur penayangan iklan, maka iklan tersebut sudah bisa menjaring calon-calon konsumen. Terlebih jika kalian sudah memahami karakter konsumen, iklan Facebook Ads yang tayang bisa menjangkau target konsumen yang sesuai dengan sasaran.

Kecepatan kerja Facebook Ads ini tentunya perlu disertai pula dengan kesiapan kalian selaku pengelola bisnis. Siapkan customer service yang mampu memberi respon dengan cepat dan tepat kepada konsumen-konsumen baru yang menghubungi, perhatikan mengenai penguasaan pengetahuan seputar produk atau jasa, dan terutama tentang sopan santun serta keramahan saat melayani konsumen.

Seringkali kecepatan kerja Facebook Ads tidak disertai dengan kesiapan pelayanan sehingga kesempatan terjadinya konversi pun menjadi kecil.

facebook ads efektif
photo doc: http://www.monthlybrands.com.pk/leadership-strategies-will-help-business-grow/

Nah, setelah mengetahui informasi mengenai 7 kelebihan Facebook Ads tersebut, kalian tentu menjadi semakin tertarik untuk menggunakan layanan jasa Facebook Ads , bukan? Hilangkan keraguan untuk memanfaatkan Facebook Ads dan segera raih kesempatan untuk mengembangkan bisnis bersama Facebook. Dari segi biaya pun Facebook Ads terbilang murah.

Kalian bisa mengatur anggaran iklan Facebook Ads harian ataupun anggaran sepanjang masa promosi. Pengaturan anggaran promosi ini juga bisa diubah sewaktu-waktu.  Jadi, anggaran untuk beriklan di Facebook Ads benar-benar berada dalam kendali kalian dan dapat disesuaikan dengan kemampuan.