Blog Branding

Pentingnya Desain Web dan Aspek Visual Untuk Perusahaan

website perusahaan

Desain web telah menjadi senjata penting untuk sebuah perusahaan. Website membuat brand perusahaan menjadi lebih kuat di mata calon konsumen dan memudahkan publikasi serta promosi bahkan ke seluruh penjuru dunia. Tapi sayangnya, banyak website perusahaan yang tampil ala kadarnya. Mereka belum menyadari betapa pentingnya desain web dan aspek visual. Apakah kalian salah satu di antaranya?

Nah, berikut ini uraian yang akan membantu kalian memahami pentingnya desain web dan aspek visual untuk perusahaan.

  1. Desain Web Mewakili Image Perusahaan

Tahukah kalian bahwa pengunjung website hanya membutuhkan waktu sekitar 90 detik saja untuk menilai website perusahaan kalian? Penilaian tersebut selanjutnya membuahkan kesan positif atau negatif. Jika kesan negatif yang muncul, maka besar kemungkinan mereka akan segera meninggalkan website tanpa menyimak informasi yang tersaji. Sangat disayangkan, bukan?

Kesan negatif bisa muncul dari berbagai aspek. Misalnya saja skema warna desain pada website yang tidak menarik, website yang berat untuk diakses, navigasi yang tidak membantu, susunan informasi yang tidak tertata, informasi yang tak lengkap, efek animasi yang rumit, konten yang terlampau panjang dan lain sebagainya.

Sebaliknya, kesan positif juga bisa dimunculkan dari berbagai sisi. Mulai dari informasi yang lengkap dan mudah dipahami, desain website yang rapi, tata letak informasi yang jelas, hingga foto-foto yang jernih dan tajam.

Tak boleh ketinggalan, pastikan desain web perusahaan bisa diakses melalui smartphone dengan kualitas dan kenyamanan yang sama seperti ketika diakses melalui PC atau laptop. Website perusahaan yang responsif membuat pengunjung yang memakai smartphone tak harus melakukan zoom in atau zoom out saat ingin melihat konten website. Pengguna smartphone perlu mendapat perhatian khusus karena 80% pengguna internet melakukan akses melalui smartphone.

pentingnya desain web

photo doc: http://ashford-ashford.com/

 

  1. Membangun Kepercayaan

Apa yang ditawarkan oleh perusahaan kalian? Jasa ataukah berupa produk? Baik jasa maupun produk, kepercayaan dari calon konsumen harus ditumbuhkan terlebih dahulu.

Karena itulah, pembuatan website untuk perusahaan harus tampil dengan desain yang rapi dan skema warna yang eye catching. Efeknya, kesan profesional, modern dan bonafide segera ditangkap oleh pengunjung.

jasa desain website

Jika perusahaan kalian memiliki logo yang digunakan untuk semua media cetak, maka tampilkan pula logo tersebut di website. Tujuannya tak lain agar unsur branding lebih kuat dan konsisten.

Bila perusahaan kalian termasuk perusahaan baru, cobalah untuk menampilkan brand partner yang sudah lebih dahulu dikenal luas. Beberapa brand partner perusahaan kalian akan membantu pengunjung tidak merasa asing, tumbuh kepercayaan dan akhirnya mempertimbangkan untuk menggunakan jasa atau produk dari perusahaan kalian.

Kepercayaan pengunjung website perusahaan juga bisa dibangun dengan mengintegrasikan website dengan media sosial. Dengan cara ini, konsumen bisa menemukan brand perusahaan di media sosial yang sering mereka gunakan.

Integrasi website perusahaan dengan media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter dapat pula memudahkan pengunjung membagikan konten bermanfaat yang mereka temukan di website perusahaan kalian. Hasilnya, jaringan semakin luas karena traffic ke website perusahaan meningkat.

website perusahaan partner

photo doc: https://www.northkingdom.com/

 

  1. Mendukung Penyampaian Informasi

Sebuah website perusahaan pastinya berusaha menyajikan informasi untuk memikat calon konsumen. Lantas apa jadinya jika desain website justru menjadi penghalang penyampaian informasi? Pengunjung web justru dibuat kebingungan untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan karena desain website yang tidak mendukung.

Kondisi tersebut bisa dihindari dengan mengatur informasi dalam layout yang tepat dan atribut yang diperlukan. Misalnya saja dengan menambahkan search bar untuk memudahkan pencarian informasi dan juga menu-menu. Penempatan search bar juga perlu diperhatikan supaya pengunjung mudah menemukannya saat mereka berpindah halaman atau menggeser halaman.

navigasi website perusahaan

photo doc: https://c-k.com/

 

  1. Desain Web Membantu Membuka Relasi

Relasi dengan konsumen tidak hanya bisa dibangun secara tatap muka. Relasi sudah bisa terjalin sejak konsumen mengunjungi website perusahaan kalian. Karena itu tawarkan kenyamanan dan keramahan.

Misalnya saja jika mereka harus mengisi formulir, maka sediakan kolom-kolom isian yang tidak rumit dan membuat frustasi. Berikan petunjuk yang jelas mengenai cara pengisian dan perbaikan jika terjadi kesalahan saat pengisian data. Pastikan kalian hanya meminta informasi yang benar-benar diperlukan saja sehingga tak banyak kolom yang harus diisi. Bila butuh bantuan, pastikan mereka bisa mendapatkan kontak perusahaan dengan cepat dan ditanggapi dengan baik.

jasa web desain

Sajikan pula informasi yang ringkas dan jelas, tidak bertele-tele. Perhatikan pula kenyamanan pengunjung saat membaca informasi tersebut. Berikan kenyamanan seperti halnya membaca buku, teks berurutan dari atas ke bawah, dari sisi kiri ke sisi kanan, ukuran font yang tepat, jarak teks yang tidak terlampau rapat, warna teks yang serasi dan jenis font yang enak dibaca.

Copywriter yang membuat konten website dan desainer website yang mengatur aspek visual harus memastikan bahwa pesan tersampaikan dengan cepat dan mudah dipahami sehingga pengunjung bisa mengingatnya.

Selain berupa teks, informasi juga bisa ditampilkan dengan lebih kreatif melalui infografis, video dan foto. Sebuah studi menunjukkan bahwa  90% informasi diterima otak dalam bentuk visual. Otak juga dapat memproses informasi secara visual lebih cepat bahkan hingga 60.000 kali lebih cepat dibandingkan teks. Karena itu infografis, video dan foto bisa menjadi media efektif untuk menyampaikan pesan tanpa mengharuskan pengunjung untuk membaca dan berpikir keras.

desain web

photo doc: pcparch.com

 

  1. Mewakili Customer Service

Di era digital sekarang ini, website perusahaan berperan juga sebagai customer service. Jika desainnya buruk, maka fungsi sebagai customer service tak lagi berjalan. Konsumen kalian tidak terbantu dan ini memberi kesan yang tak baik.

Sebaliknya, desain web dan aspek visual yang rapi serta menarik, mampu menunjukkan keramahan dan kesopanan customer service. Fungsi customer service yang berjalan dengan baik akan menumbuhkan kepercayaan. Daya tarik visual pada website akan mendorong terjadinya penjualan produk atau penggunaan jasa perusahaan kalian.

Selain desain yang rapi dan menarik, dukung pula website perusahaan dengan informasi yang lebih seputar jasa atau produk. Dengan konten yang lengkap dan membantu, konsumen akan kembali mengunjungi website saat mereka menghadapi masalah atau memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar produk atau jasa dari perusahaan kalian.

desain website untuk perusahaan

photo doc: https://tombras.com/

 

  1. Menjalankan Fungsi Marketing

Tahukah kalian bahwa kualitas desain web sebuah perusahaan berpengaruh besar terhadap terjadinya penjualan? Website akan membantu seorang calon konsumen untuk sampai pada keputusan untuk menggunakan jasa atau produk kalian. Pada saat mengunjungi website, mereka sedang mengumpulkan informasi baik mengenai jasa atau produk dan juga citra sebuah perusahaan.

Jika mereka mengalami pengalaman yang menyenangkan dan nyaman saat berkunjung ke website perusahaan, maka besar kemungkinan mereka akan menjadi konsumen kalian. Memang ada beberapa aspek di website yang akan mempengaruhi keputusan calon konsumen. Namun ada dua aspek penting yang paling mendominasi yakni call-to-action dan keberhasilan website memikat calon konsumen.

  • Penempatan Call to Action (CTA)

Call to Action tak lain adalah instruksi yang dirancang sedemikian rupa supaya mengunjung website melakukan tindakan yang menghasilkan konversi berupa penjualan produk atau penggunaan jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan.

CTA ini idealnya tampak sederhana tetapi bisa menggiring pengunjung konsumen untuk mengambil keputusan. Contohnya saja tombol “Daftar Sekarang” atau “Beli Sekarang”. Tentu saja bentuk CTA sangat bervariasi dan bergantung pada kebutuhan perusahaan, geografis, niche dan lain sebagainya.

Efektif tidaknya CTA ini juga dipengaruhi oleh desain halaman lokasi penempatan CTA dan juga kombinasi warna yang dipilih. Warna tombol CTA harus kontras dengan warna latar belakangnya dan dengan ukuran yang cukup besar. Penambahan petunjuk menuju ke tombol ini juga bisa membantu pengunjung website menemukannya.

CTA website

photo doc: https://www.bluefountainmedia.com/

  • Keberhasilan website memikat calon konsumen

Website memikat calon konsumen dari berbagai sisi mulai dari skema warna website, tata letak informasi hingga kemudahan menemukan informasi yang dibutuhkan. Warna merupakan elemen utama yang mempengaruhi identitas website perusahaan dan estetika.Warna bisa menjadi media untuk menyampaikan ide dan perasaan tanpa menggunakan kata-kata.

Pemilihan warna menjadi begitu penting karena 90 detik penilaian pengunjung website dipengaruhi 90% oleh warna. Dengan kata lain, kombinasi warna-warna bisa menimbulkan  kesan yang berbeda-beda. Dalam sebuah website biasanya dibutuhkan beberapa kombinasi warna. Tentu saja kombinasi warna yang baik akan membuahkan harmoni warna sehingga bisa menimbulkan suatu efek.

Contohnya saja kombinasi warna merah, hijau, orange dan biru memberikan kesan kuat, menyenangkan, tenang dan ceria. Sementara kombinasi warna merah,hijau dan biru memberi kesan kuat, menyenangkan dan tenang.

desain website

photo doc: www.wonderful.com

 

Memang bukan perkara mudah untuk menghasilkan desain web yang mampu merefleksikan perusahaan kalian dan juga tidak murah biaya yang harus dikeluarkan. Buatlah perencanaan untuk memudahkan mewujudkan desain website perusahaan yang diinginkan. Lakukan riset pada konsumen perusahaan untuk mengetahui informasi yang mereka butuhkan dan kecenderungan perilaku mereka saat mengakses informasi di website. Berbekal informasi ini, kalian bisa menyusun strategi untuk desain website perusahaan.

Tak cukup satu tahapan saja, bisa jadi kalian harus melakukan koreksi beberapa kali. Namun jika desain website perusahaan sudah menampilkan citra yang benar sesuai harapan, maka desain ini bisa dipakai selamanya. Tentu sangat menghemat waktu dan biaya, bukan?

10+ Tips Desain Website Online Shop Agar Ramai Pembeli

website online shop membutuhkan desain yang tak hanya menarik secara visual tetapi juga membuat calon pembeli nyaman bertransaksi. Sebagian besar contoh desain website keren untuk online shop menunjukkan desain yang minimalis dan navigasi yang mudah dipahami. Berikut contoh desain web dan tips penting untuk desain.

 

You may also like
Pengalaman Didi Setiadi, CEO Prasimax menggunakan Sribu.com
3 Langkah Mengoptimalkan Content Marketing Startup Anda

Leave Your Comment

Your Comment*

Your Name*
Your Webpage

Diliput Oleh

[index]
[index]