Belajar Internet Marketing dari 0 dalam 10 Menit (Bagian 2 – Belajar Social Media Marketing)

Data-data bukti statistik vitalnya posisi social media saat ini

Belajar internet marketing tidaklah lengkap bila tidak dibarengi dengan memahami pengertian media sosial serta cara menjalankan social media marketing.

Sebelumnya, kita sudah sudah mempelajari pentingnya SEO sebagai bagian dari belajar internet marketing dasar. SEO membukakan jalan yang optimal agar website dan web pages kita visible (bahkan menonjol) dalam search engine results.

SEO sebagai salah satu elemen kunci belajar internet marketing juga tak akan sempurna jika belum digabungkan dengan Social Media Marketing.

Sebagaimana saya janjikan pada posting Belajar Internet Marketing dari 0, kali ini kita akan memahami posisi vital Social Media Marketing yang dapat dimanfaatkan juga sebagai salah satu media SEO.

Keduanya tips internet marketing ini memiliki hubungan saling mengisi dan menyempurnakan.

Let’s prepare to starts lesson #2

I. Gambaran Besar Social Media Marketing dalam Belajar Internet Marketing

Apa Social Media Marketing itu?

Untuk memahami Social Media Marketing, kita harus paham dulu apa itu pengertian media sosial.

Kita menggunakan media sosial setiap hari (bahkan hampir sepanjang waktu), tetapi tak sedikit dari kita yang akan kebingungan ketika diminta untuk menjelaskan apa itu pengertian media sosial.

Secara sederhana, pengertian media sosial adalah sarana/tempat orang menjalin hubungan sosial (berinteraksi) dalam jaringan internet/online.

Interaksi sosial ini berlangsung sebagaimana di dunia nyata. Misalnya berdiskusi, berkomentar dan membina hubungan. Perbedaan signifikan (antara interaksi sosial nyata dengan online) terletak pada wilayahnya, dimana interaksi media sosial ini terjadi di dalam jagat online.

Kita harus mendekati masyarakat digital secara sukarela, akrab, cepat dan hemat melalui media sosial.

Caranya adalah melalui sebuah rangkaian strategi mempromosikan aneka konten bisnis berbasis media sosial. Strategi digital marketing tersebut berusaha menampilkan aneka konten dengan berbagai cara serta channel networking agar masyarakat yang tersebar di media sosial bisa mengetahui, menyukai dan mengandalkannya.

Hal inilah yang dimaksud dengan Social Media Marketing.

Mengapa Social Media Marketing penting dalam Belajar Internet Marketing?

Data-data bukti statistik vitalnya posisi social media saat iniData-data bukti statistik vitalnya posisi social media saat ini (Sumber: Moz.com)

Infografik di atas memberikan gambaran bagaimana ramainya media sosial saat ini.

Media sosial saat ini menjadi “dunia ke-2” untuk manusia. Menakjubkan melihat angka tersebut bukan? Apalagi pernyataan “Jika Facebook adalah negara, maka dialah negara terbesar ke-3 di dunia”.

Dengan jumlah pengguna aktif media sosial yang terus meningkat setiap tahunnya, kita dapat melihat bahwa basis aktivitas masyarakat saat ini dominan di jaringan media sosial. Di sanalah masyarakat sekarang menghabiskan waktunya.

Hal tersebut menjadi alarm bagi pelaku bisnis untuk melebarkan sayap merangkul lini online apabila ingin tetap bertahan dalam persaingan, bahkan menang. Di sanalah kita harus mulai “berjualan”. Jika kita tidak melakukannya, maka pesaing kita yang akan melakukannya dan akhirnya menggilas kita.

Dalam dunia online, customer experience menjadi hal yang sangat penting untuk kita cermati. Masyarakat saat ini menjadikan media sosial sebagai wadah memenuhi hasrat, terutama dalam hal kebutuhan hidup.

Untuk bisa berhasil, kita harus bisa menciptakan customer experience yang berkesan dimana brand berujung menjadi bagian dari hidup users. Apalagi interaksi melalui media sosial ini bersifat lebih cepat dan mudah.

Users akan menggunakan akun media sosialnya untuk berbagi. Mereka menemukan brand kita, menyukainya (liked), lalu membagikannya (share) kepada lingkup pertemanan mereka, lalu berujung pada loyalitas mengasosiasikan brand kita sebagai solusi terhadap masalah dan kebutuhan mereka.

Hal ini tentu merupakan tips internet marketing brand yang terbaik dan luar biasa cantik bukan?

Tujuan Social Media Marketing

Lalu, apa sih tujuan Social Media Marketing dalam bisnis online?

Setidaknya inilah yang hendak dicapai dalam penerapan Social Media Marketing bagi bisnis online:

  • Meningkatkan awareness – Membuat users mengetahui keberadaan brand kita lalu mengasosiasikan brand kita dengan masalah yang mereka hadapi dalam hidup.
  • Mendorong traffic – Dari konten yang di-publish dalam berbagai channel media sosial, kita mempersuasi users untuk mengunjungi website kita. Hal tersebut jelas mendorong traffic lebih tinggi lagi.
  • Menggunakan produk – Tujuan berikutnya tentu membujuk awareness tersebut menjadi aktivitas menggunakan produk yang kita tawarkan.
  • Membina relationship – Keberadaan Social Media Marketing untuk bisnis juga termasuk bertujuan membina hubungan baik antara produsen dengan konsumennya. Melalui konten, kita berkomunikasi dengan users lalu mengarahkan mereka agar dekat dengan brand kita, bahkan ujungnya membantu share konten (sebuah word of mouth yang baru dan lebih powerfull).
  • Grabbing feedback – Di media sosial, kita berinteraksi selayaknya di dunia nyata untuk merangkul users. Penerapan Social Media Marketing bertujuan menjangkau suara konsumen. Apa yang mereka pikirkan, tanyakan dan harapkan dari bisnis kita. Kita bisa mengetahui sejauh mana positioning kita di benak users. Misalnya dengan melihat jumlah likes, shared, ReTweet dan regram. Inilah cara riset konsumen yang lebih efektif dan efisien pada era digital.
  • Loyalty and engagement – Semua tujuan tersebut akhirnya bermuara pada membangun loyalitas dan hubungan akrab dengan users yang ada.

Saat ini Anda setuju bukan belajar internet marketing untuk pemula tidaklah lengkap tanpa pengertian media sosial dan strategi Social Media Marketing?

Hubungi kami untuk menemukan jasa internet marketing terpercaya

II. Apa Yang Harus Direncanakan Untuk Menjalankan Social Media Marketing?

Setelah kita paham pengertian media sosial & Social Media Marketing dalam bisnis, lantas apa yang harus kita rencanakan?

Sebelum masuk ke rincian taktik, terlebih dulu kita harus mengetahui apa saja elemen penting dalam Social Media Marketing itu sendiri. Penjelasan berikut akan memberikan jawaban lugas untuk kita semua.

  1. Content Creation

Konten adalah amunisi utama online marketing melalui sosial media.

Kontenlah yang menentukan respon users. Konten yang bagus sekurang-kurangnya harus bisa memberikan value kepada users, memberikan solusi atas kebutuhan users dan menjawab masalah users.

Bagaimana membuat konten yang sempurna untuk media sosial akan saya bahas pada bagian berikutnya di belajar tips marketing online ini.

  1. Customer Service

Media sosial bisa menjadi media pelayanan konsumen yang sempurna.

Dewasa ini users lebih merasa nyaman dan leluasa jika menyampaikan kritik dan saran melalui media maya. Di media sosial mereka merasa lebih bebas untuk menyampaikan pemikiran mereka terkait brand yang digunakan. Apalagi sifat media sosial selalu real time dan super cepat, dimana users bisa mendapatkan respon dari kita secara lebih update.

Kegiatan customer service tak hanya penting untuk menjawab suara konsumen, tetapi juga bisa menjadi media pencitraan yang baik (memberi gambaran kepada users lainnya perihal bagaimana responsif dan ramahnya kita menanggapi suara konsumen tersebut).

  1. Product Development

Pengembangan produk juga bisa kita lakukan menggunakan media sosial apapun, baik Facebook, Instagram ataupun Twitter.

Melalui media sosial kita bisa melakukan “uji coba” pasar, bersaing dengan para kompetitor yang ada (termasuk mengetahui performa mereka dari komunitas users), melakukan riset untuk menjangkau data pasar secara lebih real time, hingga melakukan evaluasi performa brand kita di kalangan users.

  1. Human Resource

Media sosial memang saat ini dipakai oleh hampir semua orang di dunia.

Namun, bukan berarti tips internet marketing bisa dilakukan oleh semua orang. Kita tetap harus memiliki expertise yang fokus pada penerapannya. Kita harus membangun tim khusus yang ahli dan berdedikasi di bidangnya untuk bisa menggarap strategi Social Media Marketing yang sempurna.

Expertise tersebut bisa berasal dari kalangan inhouse perusahaan, ataupun memberdayakan para freelancer yang saat ini sudah semakin banyak jumlahnya. Menariknya, kita pun bisa merekrut users yang sudah terbukti loyalis untuk menggarap Social Media Marketing yang lebih tepat sasaran lagi.

Nah, berpijak pada 4 elemen penting di atas, kita akan mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan strategi Social Media Marketing kita. Sebagaimana saya jelaskan dalam poin-poin di bawah ini.

1. Menentukan Konten

Dalam menentukan konten, setidaknya pertimbangkan hal vital berikut:

  • Profile

Profile Pages Facebook Sribulancer

Sribu Facebook Profile Page

Profile adalah konten yang paling fixed dan selalu tampil di laman media sosial kita.

Hal ini mengartikan bahwa sebanyak apapun posting yang kita publish, profile menjadi hal pertama dan terus ada untuk dilihat users. Profile yang profesional dan menarik perhatian adalah kunci sukses online marketing pakai sosial media.

Dalam sebuah profile, kita harus menautkan URL (link building) website kita. Lalu, buatlah landing page khusus sesuai channel yang digunakan. Jangan lupa mengisi semua field dengan informasi yang baik, benar dan menarik. Pastikan gambar, format serta “suara” kita konsisten di seluruh saluran media sosial yang kita gunakan.

  • Headline

Contoh Headline Posting Blog Sribu

Contoh Headline Posting Blog Sribu

Headline merujuk pada judul konten serta baris pembuka posting kita (kecuali dalam Twitter, headline termasuk 140 karakter tweet yang di-publish). Buatlah headline yang berkesan & menarik perhatian.

Headline yang efektif sekurangnya menampilkan angka, benefit yang jelas serta kata powerfull dengan rentang waktu spesifik yang ekslusif. Seperti contohnya headline pada posting ini.

  • Images

Penggunaan Gambar Dalam Konten

Penggunaan Gambar Dalam Konten

Sebuah riset dari Adobe dan Software Advice menggambarkan bagaimana gambar sangat penting dalam belajar internet marketing.

Gambar memudahkan orang untuk memahami maksud posting, termasuk memberi “tempat relaksasi” sejenak di tengah tulisan yang panjang dan berat. Sisipkan gambar menarik dalam posting di media sosial anda. Gambar yang cantik dan lucu berpengaruh sangat signifikan dalam membuat users tergoda menyimak konten anda.

Jasa desain banner cantik dan murah

  • Hashtags

belajar internet marketing

 

Hashtags yang tepat dan menarik akan membuat konten kita lebih mudah ditemukan users, terutama users baru.

Apalagi jika sampai berhasil menjadi trending topic. Tengoklah hastags yang dulu hanya terkenal di Twitter, sekarang mulai diaplikasikan media sosial lain sekelas Facebook dan Instagram (dan sangat disukai users).

  • Call to Action

belajar internet marketing

 

Call to action menjadi petunjuk akan apa yang harus dilakukan users terhadap konten yang kita sebarkan.

Posting yang berisi call to action umumnya lebih disukai dan lebih efektif mengarahkan tindakan users-nya. Gunakan semisal “Please like”, “Please comment”, “ReTweet if you like”, dan lain-lain.

Jika sudah menyiapkan hal tersebut, lalu mulailah membuat konten yang menarik. Konten bisa berupa jokes, tips and tricks, facts/trivia, “reshare” tulisan users, dan non-promotional company information.

2. Menentukan Cara Sharing dan Publish yang Powerfull

Konten sudah siap dan kini saatnya kita menentukan cara sharing dan publish yang sesuai untuk konten tersebut.

Di titik ini, kita harus membekali diri dengan info karakter masing-masing channel media sosial. Terdapat 5 pemain besar media sosial yang bisa kita pilih, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn dan Youtube.

Pelajari masing-masing channel yang ada lalu pilih yang relevan dengan brand image, jenis posting, target market serta tujuan yang kita rencanakan. Oh ya, jangan lupa blog juga adalah media sosial.

Untuk karakter masing-masing channel media sosial bisa kita pahami dari sini. Lalu, jangan lupa tentukan frekuensi posting tersebut.

3. Develop Brand Guide

belajar internet marketing

Belajar Internet Marketing Menggunakan Brand Guide

Jangan remehkan brand guide. Agar nampak matang, profesional dan kredibel, kita harus membuat brand guide sendiri untuk konten media sosial. Hal ini juga penting untuk memperjelas image, ciri khas dan positioning brand.

Brand guide ini setidaknya memuat cara peletakan logo, bentuk logo, pemilihan warna dan ukuran (logo, fonts, caption, copyright, dan lainnya), brand description, hingga do and dont’s dalam pengaplikasiannya.

Jasa desain poster berkualitas dan terpercaya

4. Merangkul Users

Beberapa cara merangkul users yang bisa dilakukan oleh pemula sekalipun, antara lain:

  • Show up – Selalu bisa dijangkau dan merespon saat diajak berkomunikasi.
  • Be human – Jadilah ramah, lucu, terbuka dan hangat seperti saat kita menyambut konsumen di dunia nyata.
  • Don’t be exclusive – Pastikan semua kalangan users bisa memahami dan menikmati konten kita.
  • Be off topic – Jangan hanya jualan, tapi berinteraksilah dengan users melalui jokes, posting berinspirasi dan rayakan momen penting bersama users (misalnya membuat program menarik saat hari raya, memberi ucapan selamat).
  • Add value – Berikan tips dan tricks yang memudahkan masalah hidup users. Tawarkan bantuan dan jawab pertanyaan users.
  • Practice etiquette – Jauhkan kebiasaan memaksa atau menekan users. Jangan bombardir mereka dengan spam.
  • Be aware of current events – Hal ini penting untuk memberikan kesan care dan up to date di mata users.

5. Optimasi dengan Tools

Saat ini telah banyak tools dihadirkan untuk mengoptimasi performa media sosial kita. Gunakan dengan bijak dan seoptimal mungkin, baik tools gratis maupun berbayar. Tools ini memberikan kemudahan lebih bagi anda belajar menerapkan Social Media Marketing & belajar internet marketing tersebut.

KESIMPULAN

Akhirnya, sampailah kita di akhir bagian 2 sesi belajar internet marketing.

Di sini kita belajar internet marketing untuk memahami pengertian media sosial sebagai salah satu strategi penerapan marketing online yang powerful. Kita juga mendapatkan informasi penting perihal apa yang perlu dilakukan untuk membuat strategi digital marketing efektif guna meningkatkan bisnis.

Tapi ingat, pembelajaran kita tidak berhenti sampai di sini. Masih ada 2 elemen penting yang harus kita pahami untuk bisa mengembangkan bisnis dengan lebih mantap lagi di era digital yang serba cepat ini.

Aktivitas Social Media Marketing merupakan strategi untuk meningkatkan traffic bisnis. Oleh karena itu Anda dapat menggunakan jasa seperti Sribulancer yang memiliki paket Social Media Marketing untuk membantu dan mengoptimalkan bisnis Anda

 

Ryan Gondokusumo
Ryan adalah CEO dan Founder dari Sribu.com. 11 tahun pengalaman di management, product development, strategic dan digital marketing