Marketing

Tips Cara Membuat Poster yang Sangat Menarik untuk Promosi

Cara Membuat Poster yang Sangat Menarik

Dalam kaitannya dengan bisnis, promosi merupakan faktor penting untuk kesuksesan. Bisnis tak bisa lepask dari aktivitas promosi, dan promosi butuh media supaya bisa tersampaikan. Media promosi bisa beragam, dari yang elektronik seperti TV, digital seperti web, sampai manual seperti poster.

Tiap media promosi punya kelebihan masing-masing, terutama dalam cakupan wilayah pemasaran. Untuk kepentingan nasional TV jadi media terbaik, untuk target internasional website sebaiknya dipilih. Sedikit beda kalau targetnya di area tertentu saja, poster jauh lebih efektif untuk promosi.

Apa itu Poster?

Sampai dengan saat ini, poster dinilai sebagai media paling efisien untuk menyampaikan informasi. Tak heran kalau pemanfaatan poster sudah mencapai sekup yang lebih luas. Tak cuma untuk kepentingan iklan saja, poster juga identik dengan informasi kesehatan, pendidikan, bahkan kini politik.

Lalu, apa itu poster? Secara sederhana, makna atau definisi poster yaitu media publikasi yang tersusun dari tulisan atau gambar, atau perpaduan kedua jenis ini, yang memiliki tujuan memberi informasi pada khalayak. Informasi yang ditampilkan di poster biasanya bernada persuasif, atau ajakan.

Karena sifatnya berupa ajakan, maka poster harus diletakkan di tempat umum dan strategis. Lokasi poster biasanya disesuaikan dengan target yang dibuat. Semisal target yang dituju kaum remaja, poster bisa ditempatkan di sekolah atau kampus. Bisa juga di tempat publik jika tujuannya masyarakat umum.

Tujuan Poster

Tujuan utama poster yaitu memberi informasi, dan informasi yang disampaikan bisa berupa apapun. Kadang bisa berupa ajakan, himbauan, pemberitahuan, perkenalan, atau bahkan rayuan supaya mau membeli suatu produk. Ini semua tergantung konsep awal saat mau membuat desain poster.

Tentu saja, untuk bisa memancing perhatian dari khalayak umum agar mau melihat, poster harus dilengkapi gambar menarik dan kadang sedikit menggelitik. Tulisan yang dipakai pun cukup singkat, dan ukuran hurufnya harus cukup besar. Tapi, komposisi desain poster yang dipilih harus sederhana.

Desain poster yang cukup ramai justru bisa mengaburkan informasi yang mau disampaikan ke pembaca. Poster pada umumnya dipasang di tempat yang ramai, tapi hanya dilihat beberapa detik saja, itupun sambil lalu. Karena itu, sangat tak dianjurkan membuat desain poster yang ramai dan penuh warna.

Ciri-ciri Poster

Ciri-ciri Khas PosterSelain poster, sebenarnya masih ada banyak media lain yang secara bentuk dan fungsi hampir serupa dengan poster. Untuk membedakan poster dengan media lain, ada beberapa ciri-ciri poster yang tak dipunyai media lain. Secara umum, poster harus mengandung beberapa elemen penting berikut.

1.      Bahasa singkat

Poster umumnya memakai tulisan pendek dan jelas juga ukuran huruf yang cenderung besar. Ini diperlukan guna menghindari kerancuan arti dan ambiguitas tinggi jika terlalu panjang. Tulisan panjang justru membuat tingkat keterbacaan poster jadi rendah sehingga informasi tak sampai.

2.      Terdapat gambar

Poster biasanya disisipi gambar-gambar sederhana yang berperan sebagai penjelas tulisan pendek. Dengan gambar penjelas, maksud informasi lebih mudah ditangkap dan bisa lebih cepat dimengerti. Sekali lagi, gambar yang dipakai harus berupa gambar sederhana dan jelas.

3.      Warna kontras

Ciri lain dari suatu poster yaitu komposisi warna yang dipilih sangat kontras dari warna latar (background). Maksudnya sama, yaitu supaya bisa meng-highlight tulisan pendek agar lebih kentara. Memakai gradasi warna boleh saja, asal warna tulisan tetap kontras di mata pembaca.

4.      Desain sederhana

Poster lebih mengedepan sisi manfaat daripada sisi estetika, dalam arti tujuan lebih penting dari desain. Akan percuma saja kalau desain poster sangat wah tapi tingkat keterbacaan jadi rendah. Desain sederhana lebih masuk akal dan lebih dianjurkan, tapi juga jangan melupakan aspek seni.

5.      Mudah dibaca

Seperti yang sudah disebut, poster yang dipasang di tempat ramai pun hanya akan dilihat sepersekian detik saja. Inilah kenapa poster harus mudah dibaca, terutama untuk khalayak yang merasa buru-buru. Bahkan jika poster hanya berisi beberapa kata saja, itu tetap dibolehkan.

Jasa Desain Poster Unik, Murah, dan Profesional

Buat poster Anda lebih menarik, dan rasakan efek dari memiliki desain poster unik tidak terlupakan

 

Jenis-jenis Poster

Jenis-jenis Poster PromosiEfektivitas suatu poster sebagai bagian dari alat pemasaran bisa dilihat dari desain poster itu sendiri. Sebagai wadah promosi yang efisien, poster sangat fleksibel dan bentuknya bisa disesuaikan kondisi dan situasi. Meski punya fungsi yang sama, jenis poster bisa dibedakan dari isi dan tujuannya.

1.      Poster promosi

Saat melintas di jalan dan melihat poster suatu produk, bisa disimpulkan kalau poster ini jenis poster promosi. Intinya, poster promosi menawarkan produk tertentu dan bersifat persuasif. Ada banyak contoh poster promosi seperti penawaran motor, mobil, dan sebagainya.

2.      Poster event

Meski sama-sama bernada persuasif, tapi tujuan poster event beda. Poster event umumnya bertujuan memberi sosialisasi kegiatan atau acara untuk khalayak umum supaya datang. Contoh poster event yang banyak beredar yaitu konser musik, kegiatan pemerintah, juga lainnya.

3.      Poster pendidikan

Jika tujuan membuat poster berkaitan dengan pendidikan, maka bisa dipastikan poster ini masuk kategori poster pendidikan. Cara membuat poster pendidikan agak sedikit tricky, karena umumnya bersifat formal. Contoh poster pendidikan seperti poster sekolah dan beasiswa.

4.      Poster layanan masyarakat

Khusus jenis ini biasanya dimanfaatkan pemerintah untuk memberi himbauan. Poster layanan masyrakat biasanya punya ciri khas berupa logo pemerintah, ini karena sifatnya resmi. Contoh poster layanan masyarakat seperti larangan buang sampah, larangan merokok, dan lainnya.

Cara Membuat Poster Promosi yang Menarik dan Informatif

Cara Membuat Poster Promosi Supaya bisa menarik atensi khalayak, desain poster harus dibuat menjadi semenarik mungkin. Tak cukup menarik saja, tapi isi poster juga harus informatif. Lantas, seperti apa dan bagaimana cara membuat poster yang menarik itu? Uraian di bawah bisa memberi referensi sebelum membuat poster promosi.

1.      Topik dan tujuan

Langkah paling awal saat mau membuat poster promosi yaitu menentukan ide, mau dibuat seperti apa poster promosi nantinya. Ide ini harus disesuaikan dengan konsep acara yang mau dibuat. Semisal apa poster ditujukan untuk promosi kegiatan atau promosi produk baru.

2.      Komposisi desain

Elemen desain yang ditampilkan di poster hendaknya selaras dengan tujuan, termasuk pilihan warna dan jenis huruf yang nantinya akan digunakan. Sebisa mungkin warna yang dipilih tak tumpang tindih. Layout juga harus diberi perhatian, apalagi kalau mau menambah gambar.

3.      Kalimat pendek

Esensi utama cara membuat poster yaitu menyampaikan informasi. Karena itu, supaya bisa tepat sasaran, kalimat yang akan ditulis dalam poster harus singkat dan persuasif atau bujukan. Kalimat panjang sebenarnya dibolehkan, dengan catatan masih cukup jelas dipandang sekelebat mata.

4.      Tambah gambar

Agak aneh saat melihat poster yang isinya cuma tulisan saja. Akan lebih menarik perhatian lagi kalau di beberapa bagian poster ditambah gambar sebagai pemanis. Tentu saja, gambar yang ditambahkan harus punya resolusi tinggi. Ini supaya tak pecah saat masuk proses percetakan.

5.      Perhatikan lokasi

Efektif tidaknya sebuah poster juga bisa dilihat dari lokasi penempatan poster. Tempat umum jadi lokasi yang paling tepat untuk menempatkan poster, bisa di pasar atau perempatan tempat lalu lalang. Spot ramai seperti ini tentu lebih maksimal daripada menaruh poster di jalan desa.

Bagaimana Poster yang Efektif untuk Promosi dan Marketing?

Poster yang Efektif untuk Promosi Satu diantara fungsi poster yang utama yaitu sebagai alat pemasaran terkait suatu produk. Supaya target pemasaran tercapai, poster harus berperan secara efektif sebagaimana fungsi aslinya. Tentu ada kriteria tertentu supaya sebuah poster bisa disebut efektif atau tidak saat dipakai untuk promosi.

1.      Jelas maksud dan tujuannya

Jangan menambah kata yang tak perlu meski itu bagus, karena ini justru bisa mengaburkan maksud dan tujuan dari pesan dalam poster. Ingat, pembaca cuma melihat sekilas. Jadi manfaatkan waktu beberapa detik ini dengan sebaik mungkin untuk menyampaikan informasi.

2.      Kesesuaian konsep

Semisal ide acara yang mau diselenggarakan mengambil tema budaya atau cerita tentang traveling, desain poster juga harus sesuai tema. Jenis desain yang dipilih harus bisa mencerminkan prinsip suatu acara. Bisa saja ditambah elemen lain berupa batik, keris, atau gambar yang berasosiasi dengan kebudayaan.

Jasa Desain Poster Acara Paling Murah dan Cepat

Salah satu daya tarik dari sebuah acara adalah “kemeriahan”. Yuk kemas kemeriahan tersebut dengan adesain poster acara yang dapat menarik perhatian

 

3.      Menonjolkan tulisan

Cara paling efektif menyampaikan pesan tentu lewat tulisan. Karenanya, poster yang efektif harus lebih mengutamakan tulisan daripada elemen desain lain seperti gambar. Jenis huruf, warna dan ukuran huruf harus dibuat mencolok dengan tetap menimbang dimensi poster.

4.      Ukuran itu penting

Dimensi poster juga punya penting saat bicara tentang poster promosi yang efektif. Terlalu besar dimensi suatu poster jelas tak akan efektif, sama halnya kalau ukuran poster terlalu kecil. Memang, tak ada ukuran pasti berapa ukuran poster yang baik, tapi 100×25 cm cukup ideal.

5.      Tempat strategis

Sebagus apapun desain poster yang dibuat tak akan bisa berfungsi maksimal kalau salah tempat. Karena tujuannya awalnya memberi informasi, poster seharusnya dipasang di tempat strategis. Sejumlah tempat seperti sekolah, terminal, dan stasiun, merupakan lokasi paling efektif.

Banyak yang menilai poster sebelah mata cuma karena harganya relatif murah dibanding media promosi lain. Justru ini yang jadi kekuatan utama poster, yaitu harga murah dan merupakan media promosi jarak dekat paling efektif. Dengan desain menarik, poster bisa menjelma jadi alat pemasaran yang andal.

Ria A. Wijaya
Lulusan Sastra Inggris yang mampu menulis beragam tema, terkhusus seputar teknologi dan traveling.
You may also like
pemasaran media sosial
6 Pedoman Belajar Pemasaran Media Sosial yang Wajib Diketahui
19 Jenis Website Ini Bisa Anda Buat di WordPress Untuk Mempromosikan Bisnis Anda!

Diliput Oleh

[index]
[index]