Cara Meningkatkan Traffic Blog: 6 Tips Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Organik

traffic-blog

Pemilik blog pasti merasakan kepuasan tersendiri ketika melihat grafik jumlah pengunjung kian meningkat. Tapi, bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog?

Pasti Anda juga sadar dong tidak mungkin pengunjung tersebut akan datang dengan sendirinya hanya karena adanya penambahan konten di sebuah blog.

Jadi, pertanyaan yang (akan) selalu muncul di benak seorang blog owner adalah bagaimana cara meningkatkan traffic blog? 

Sebelum kita mempelajari cara meningkatkan pengunjung blog, sangat penting untuk pertama-tama mengenali perbedaan antara paid search dan organic search.

Kedua hal tersebut sangat berpengaruh dalam jumlah pengeluaran dan seberapa cepat Anda mengoptimasi blog agar mendapatkan pengunjung yang lebih banyak daripada sebelumnya.

Paid vs Organic Search

SEO vs CPC

via unbounce

Pada dasarnya, paid search adalah cara mengiklankan produk anda untuk selalu muncul di halaman depan search engine atau partner site dengan cara membayar per click (pay-per-click – PPC) atau harga per impresi (cost-per-thousand-impressions – CPM), biasa dikenal dengan teknik SEM.

PPC dan CPM adalah istilah yang lazim digunakan dalam produk periklanan Google, yaitu AdWords.

  • PPC artinya Anda membayar setiap kali ada yang klik iklan Anda yang muncul di halaman depan Search Engine Results Page (SERP).
  • CPM artinya Anda membayar untuk setiap 1000 kali iklan Anda muncul (terlepas diklik atau tidak) di halaman depan search engine.

Contoh dari paid search adalah jika Anda mengetik “jual mobil Jakarta” di Google maka hasilnya:

Google SERP

Di halaman utama Google di atas kita dapat melihat bahwa paid search adalah yang memiliki simbol “ad”, dan www.mobil123.com telihat membayar (bid) lebih mahal daripada website lainnya kepada Google.

Bingung mengapa…? Tenang…

… Saya akan menjelaskan teknik dan tips paid search pada pembahasan selanjutnya.

Sementara itu, organic search adalah ketika orang-orang mendapatkan website Anda dari kata-kata kunci relevan yang mereka cari sendiri, biasa disebut dengan teknik SEO.

Dengan kata lain, organic search sangat berkaitan erat dengan Search Engine Optimization (SEO).

Untuk contoh hasil SEO yang baik dari contoh di atas adalah olx.co.id.

Tanpa memasang iklan, website tersebut muncul sebagai nomor 1 di pencarian Google.

Tips SEO untuk Blog Anda

Nah, sebagai pemilik blog, untuk mendapatkan hasil SEO yang bagus, salah satu caranya adalah dengan secara konsisten menulis di blog website Anda.

Beragam tipe konten ini dapat membantu meningkatkan pengunjung blog Anda.

Setidaknya ada lima langkah praktis yang dapat Anda lakukan untuk cara meningkatkan pengunjung blog Anda secara organik:

1. Bersahabat dengan SEO

Banyak teknik SEO yang bagus untuk Anda lakukan di blog. Beberapa di antaranya:

  •  Fokus kepada 1-2 long-tail keywords

Long-tail keywords adalah frase spesifik yang biasanya dipakai oleh orang-orang ketika berhadapan dengan search engine; misalnya “cara membuat website blog sendiri pakai HTML”.

  •  Gunakan 1-2 kata kunci tertentu di artikel Anda

Ada lima bagian dimana Anda bisa menyisipkan 1-2 kata kunci tertentu, yaitu di title, headline, headers dan body, URL, dan meta description. Title, URL, dan meta description akan muncul di halaman Google seperti ini:

url, title, description

  •  Pastikan blog Anda mobile-friendly

Dengan peningkatan pengguna smartphone yang sangat cepat, kini pengguna Internet akan cenderung lebih sering membuka website dari smartphone mereka.

Apabila website Anda belum memiliki tampilan mobile, akan sangat sulit bagi user untuk menggunakan website Anda.

Hal ini bisa membuat user frustrasi dan meningkatkan bounce rate (akan menurunkan nilai SEO).

Riset juga membuktikan bahwa website yang mobile-friendly memiliki peran yang krusial dalam optimalisasi SEO organik. Terlebih, Google melakukan update algoritma di 2015 dan 2016 yang mengutamakan menampilkan website yang mobile-friendly.

mobile responsive

  •  Gunakan URL yang Memudahkan Pengunjung

Pengunjung lebih mempercayai kredibilitas website dengan URL yang self-hosted. Tidak hanya manusia, search engine Google juga menghargai itu karena mempermudah pengunjung memahami konten dan struktur website tersebut.

Sekarang Anda bandingkan kedua URL ini:

marketing url

dengan

marketing url

URL pertama tentu lebih jelas dan mudah dimengerti bukan?

Ini memilik dampak positif kepada SEO karena pengunjung akan mendapatkan konten yang mereka harapkan, menurunkan bounce rate dan meningkatkan average time on page.

  • Optimalisasi Meta Description

Meta description adalah teks tambahan selain headline yang akan muncul di halaman depan search engine. Google sangat menghargai relevansi, sehingga Anda harus menulis kembali kata atau frase kunci yang ditulis di headline di meta description halaman itu.

Contohnya untuk artikel blog ini, keywordnya adalah: “strategi pemasaran”.

meta description

2. All in One SEO vs Yoast SEO

Apabila Anda menggunakan WordPress, tersedia fitur berupa plugins yang dapat meningkatkan SEO website Anda.

Dengan plugins, Anda dapat mengoptimalisasi SEO misalnya dengan cara menambahkan meta tags, membuat XML sitemap, menghindari duplikasi konten dan lainnya.

Untuk permulaan, All in One SEO Pack (AIO) dan Yoast SEO merupakan plugins yang direkomendasikan karena popularitas dan kelengkapan fitur yang serupa.

Di bawah ini adalah gambaran perbandingan fitur dari AIO dan Yoast.

yoast seo

via Websitemagazine

Keduanya merupakan plugins yang dapat Anda download free untuk WordPress dan yang terpenting adalah dapat menjadi tool yang efektif untuk meningkatkan pengunjung blog secara organik.

3. Mencari Long Tail Keywords

Kita sempat membahas sedikit mengenai Long Tail Keywords sebelumnya. Namun, bagaimana sebenarnya cara mendapatkan Long Tail Keywords yang bagus?

Beberapa orang menggunakan Google Keywords Planner untuk mendapatkannya. Namun, masalahnya adalah Google Keyword Planner memberikan kata kunci yang persis sama kepada semua orang, tidak ada yang unik.

Jangan dulu merasa putus asa, karena ada cara yang tidak biasa untuk mengakali itu semua, yaitu dengan memanfaatkan bagian ‘Searches related to..’ di Google.

Misalnya..

Anda ketik:

search bar

Kemudian akan muncul bagian ‘Searches related to..’ di bagian paling bawah:

related search

Frase di atas merupakan berbagai variasi dari kata kunci yang dicari dan kemungkinan tidak akan muncul di Google Keyword Planner ketika Anda mengetik “jasa freelance Indonesia”.

Terlebih, frase di atas bisa Anda gunakan sebagai eksperimen untuk long tail keywords yang Anda butuhkan karena semua alternatif itu sangat relevan dengan tema di kata kunci.

Tip tambahan: cukup ambil satu saja dari frase yang diajukan Google, kemudian coba tes terus menerus efektivitasnya. Ganti lagi satu frase ketika dirasa hasilnya sudah tidak efektif.

Bab 4
5 Tipe Konten Yang Akan Meningkatkan
Pengunjung Blog Anda!

Post konten di blog secara terus-terusan tidak akan meningkatkan pengunjung blog Anda. Inilah 5 jenis konten yang akan meningkatkan pengunjung blog Anda!

Bab 6
Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
dengan Membuat Iklan di Facebook

Membuat iklan di Facebook bisa meningkatkan pengunjung blog Anda dengan cepat dan efektif. Baca pembahasannya di sini.

4. Internal Linking

Internal linking itu maksudnya menyambung satu konten ke konten yang lain dalam website yang sama. Dalam teknik SEO ini biasa disebut dengan backlink internal. Misalnya jika Anda klik tulisan ini, Anda akan masuk ke halaman home Blog Sribu.

Ketika Anda melakukan internal linking atau menyisipkan tautan dari blog Anda ke dalam sebuah artikel, beberapa hal patut diperhatikan.

  •  Link yang Reader-Oriented

Jangan khawatir dengan apa yang search engine pikirkan untuk saat ini. Namun, selalu pikirkan apa yang pembaca Anda butuhkan.

Internal link yang Anda sajikan haruslah sebisa mungkin menjadi jawaban dari rasa ingin tahu pembaca yang mungkin belum terjawab.

Misalnya:internal linking

Internal link di di atas disisipkan di kalimat yang berwarna hijau. Hal itu dilakukan dengan tujuan tertentu.

Penulis memposisikan diri sebagai pembaca dan berasumsi bahwa akan sangat baik bagi pembaca jika mengetahui penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis dan peranan social media yang beragam.

  •  Link yang Masuk Akal

Selalu tautkan kalimat atau frase tersebut kepada artikel yang memang membahas hal yang relevan dengan itu.

Jangan paksakan internal link kalau misalnya tidak membantu pembaca; internal linking harus dilakukan atau mengalir sealami mungkin.

  •  Link yang Proporsional

Tidak direkomendasikan untuk menyisipkan lebih dari 4 internal link di dalam satu paragraf. Akan lebih baik lagi, jika per paragraf hanya memiliki maksimal 2 internal link relevan.

Biasanya, internal link ditempatkan di kalimat pembuka paragraf.

5. Melakukan Guest Blogging

Mengapa setiap penulis harus melakukan guest blogging? Apa hubungannya dengan cara meningkatkan pengunjung blog anda sendiri?

Simak penjelasan infografis di bawah ini:

guest blogging infographic

Mari kita coba memahami dulu apa itu guest blogging atau guest posting. Pada dasarnya, guest blogging adalah menerbitkan tulisan kita di website atau blog orang lain.

Ada tiga alasan utama mengapa guest blogging itu penting:

1. Membangun relasi

Sebuah blog memerlukan konten. Jika Anda menjadi tamu yang baik yang menawarkan sebuah konten berkualitas bagi sebuah blog tentu saja itu merupakan tawaran yang sulit untuk ditolak.

Dengan memiliki relasi dengan blog luar, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat seperti kredibilitas, peningkatan traffic, dan yang terpenting adalah external linking (link juice) yang saya akan bahas di point selanjutnya…

Di bawah ini contoh guest blogging yang kita post di Tech in Asia:

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

2. External Link (Bagus untuk SEO)

Berbeda dengan internal linking, external linking memberikan link ke konten dalam blog Anda, tetapi dari domain yang berbeda. Jadi misalnya saya memberikan Anda link ke Moz yang menjelaskan external linking.

Itu terhitung sebagai external linking.

Ini sangat bermanfaat bagi kualitas SEO. Bagaimana itu bisa terjadi?

Jadi begini, nilai SEO Anda akan meningkat apabila ada sumber luar yang memberikan link ke website atau blog Anda. Ini memberikan sinyal kepada Google kalau tulisan Anda berbobot, dan bisa menjadi solusi yang baik untuk banyak orang.

Dari contoh di atas tadi, Google bisa berasumsi kalau tulisan yang dipublish oleh Moz berbobot dan bisa membantu menyelesaikan masalah.

Jika Anda menulis di blog luar dan menautkan link ke blog Anda, tentunya semakin banyak sumber luar yang memberikan Anda nilai plus, bukan?

Dengan begitu, semakin banyak Anda guest blogging di berbagai website yang relevan, semakin mudah blog Anda ditemukan di search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

3. Mendapatkan Pembaca Baru

Yang tidak kalah penting dari SEO adalah Anda akan mendapatkan pembaca baru dari berbagai website relevan tempat Anda guest blogging.

Jika konten yang Anda buat benar-benar berkualitas, informatif, dan bermanfaat bagi para pembaca baru tersebut, dijamin mereka akan semakin ingin mengetahui tulisan Anda yang lainnya.

Artinya…

Potensinya akan besar untuk traffic blog Anda meningkat secara organik dari para pembaca baru yang tertarik tersebut.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Ketika hendak guest blogging tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

Pertama, kenali konten blog tersebut. Hal ini merupakan kunci karena ini menentukan apakah tulisan Anda berbicara kepada pembaca yang tepat.

Kedua, lihat siapa saja guest blogger yang sudah ada. Sebuah website bisa saja hanya menerima guest blogger dari profesi atau kalangan tertentu. Cek hal tersebut sehingga Anda mudah menempatkan diri ketika memperkenalkan diri ke pemilik website.

Ketiga, baca panduan guest blogging jika ada. Anda harus memastikan bahwa konten yang hendak Anda ajukan sesuai dengan format yang ditetapkan pemilik website.

Keempat, perkenalkan siapa Anda dan blog Anda. Yakinkan bahwa Anda memiliki fokus target pembaca blog yang sama-sama relevan dengan pemilik website.

Kelima, siapkan konten bukan untuk jualan. Misi Anda adalah membantu orang lain dengan pengetahuan yang dimiliki, bukan menjual produk, layanan atau bisnis Anda di dalam konten yang akan diajukan.

Catatan: Informasi mengenai bisnis Anda cukup disisipkan di Bio Anda ketika guest blogging. Menyisipkan satu atau dua link yang terkait dengan dengan topik bahasan dan bisnis Anda masih bisa dianggap wajar.

Ketika tulisan Anda telah dimuat di blog seseorang, jadilah tamu yang baik dengan melakukan hal-hal seperti:

  •  Promosikan blog dia di berbagai social media channel (berkali-kali)
  •  Tag pemilik website
  •  Ucapkan terima kasih kepada pemilik website
  •  Balas setiap komentar yang ada di tulisan Anda

thank you

5. Gunakan Jasa Penulis Artikel

Sebagai pemilik blog atau pemilik blog bisnis, Anda tidak dilarang untuk menggunakan jasa penulis artikel. Selain bisa membantu Anda menulis konten pada topik tertentu lebih cepat, mereka yang biasa menyediakan jasa artikel akan lebih fokus penulisan dan melupakan teknik SEO.

Kok teknik SEO dilupakan?

Justru itu sangat tepat bagi penulis blog yang ingin menyajikan konten berkualias.

Masih ingat tulisan di atas, kan? Kita harus menulis konten yang berkualitas agar bisa membantu meningkatkan visitor blog lebih mudah.

Tapi setelah jasa artikel sudah mengirimkan hasil penulisannya, sekarang giliran Anda untuk menerapkan teknik SEO yang sudah dipelajari di atas, mulai dari internal linking, meta description dan lainnya.

Kesimpulan

Pada akhirnya, untuk  meningkatkan pengunjung blog secara organik Anda harus mempertimbangkan dan melakukan berbagai usaha.

Bersahabatlah dengan SEO dengan memastikan website Anda mobile-friendly dan merencanakan betul kata kunci yang dipakai. Gunakan All in One SEO atau Yoast SEO untuk mengoptimalisasi aktivitas SEO Anda.

Jadilah kreatif dalam menggunakan long-tail keywords, gunakan internal linking secara efektif dan efisien, dan mulailah untuk guest blogging. 

Yang terpenting adalah komitmen dan konsistensi dalam melakukan step by step cara meningkatkan pengunjung blog yang telah dijelaskan di atas.

Jika dilakukan secara konsisten, maka blog Anda akan mengalami peningkatan traffic.

Bab 4
5 Tipe Konten Yang Akan Meningkatkan
Pengunjung Blog Anda!

Post konten di blog secara terus-terusan tidak akan meningkatkan pengunjung blog Anda. Inilah 5 jenis konten yang akan meningkatkan pengunjung blog Anda!

Bab 6
Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
dengan Membuat Iklan di Facebook

Membuat iklan di Facebook bisa meningkatkan pengunjung blog Anda dengan cepat dan efektif. Baca pembahasannya di sini.