4 Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran Dari Bahan Tak Terpakai

contoh desain kartu ucapan lebaran

Lebaran identik dengan ucapan saling bermaafan dan cara menyampaikannya dengan kartu ucapan lebaran melalui e-mail atau cetak.

Selain berfungsi untuk simbolik memaafkan, kartu ucapan lebaran juga memiliki manfaat bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan branding dan menjaga silaturahmi dengan klien.

Tentunya ini akan menjadi sangat efektif jika Anda menggunakan desain kartu lebaran yang bisa menarik si penerima kartu.

Idealnya, Anda bisa membeli kartu ucapan sendiri tapi tidak menarik karena kesempatan memiliki desain yang sama dengan perusahaan lain lebih besar.

Saya akan membagikan cara membuat kartu ucapan lebaran dengan memanfaatkan kartu bekas supaya lebih menarik!

1. Pilih bagian kartu ucapan lebaran yang masih bagus

Potonglah bagian yang bagus, dan coba tempelkan pada kertas putih polos. Anda bisa menambahkan sedikit manik-manik bernuansa hijau dan emas. Gunakan kreatifitas Anda secara otodidak untuk menghias kartu lebaran Anda.

3

2. Siapkan bagian untuk menambah manik-manik

Ambil selembar kertas perak foil lalu Anda bisa mengernyitkan itu dan dengan hati-hati membuka secara datar lagi. Berikan tinta biru  yang lebih dari lipatan ini untuk menyorot tepian bintang itu. Setelah ini, biarkan kering, lalu potong persegi panjang agar sesuai bagian depan kartu Anda dan robeklah bagian tepinya! Lalu tempelkan pada selembar kertas lagi dan tambahkan manik-manik di tengah bintang itu dengan cara memberikan lem pada manik-manik tersebut.

4

3. Berilah aksesoris menarik untuk kartu ucapan lebaran Anda

Anda harus menggunakan semacam anting atau kalung untuk Anda jadikan aksesoris kartu Anda. Potong bagian pink yang bermotif etnik dan juga Anda bisa menambahkan ucapan pada kartu Anda, ambil beberapa lembar pita untuk dipasangkan di kartu lebaran Anda. Ini sangat simpel, tetapi terasa lebih memiliki simbol seni yang tinggi.

5

4. Gambarlah

Dalam gambar ini, mungkin hanya contoh kecil dari kreatifitas desain kartu lebaran. Olahan kreatifitas selebihnya ada di tangan Anda. Mungkin ini bisa menjadi menjadi bisnis tanpa modal bagi Anda. Ambil beberapa motif dari kertas lain yang Anda sukai, padukan dengan motif lain. Anda bisa memilih bentuk sesuai dengan apa yang menjadi keinginan Anda. Dengan bantuan jarum, Anda bisa sedikit menjahit manik-manik ke dalam kartu Anda.

6

Di sini, Anda sedang menguji tingkat kreatifitas! Anda bisa mengambil keputusan untuk menggunakan gambar 3 Dimensi untuk membuat kartu lebaran ini. Buatlah dahulu gambar hitam putih di atas kertas polos.

Cobalah dengan melihat contoh di atas. Maka, kartu ini akan menjadi lain daripada yang lain!


Kartu ucapan idul fitri di atas hanyalah contoh sekilas, letak keunikan desain kartu lebaran ada pada kreatifitas Anda.

Contoh kartu lebaran bisa menjadi bisnis sampingan bagi Anda. Walau bersifat tahunan, ini akan menjadi bisnis yang akan cepat berkembang. Namun Anda harus tetap memperhatikan persiapan untuk memulai bisnis sampingan Anda ya.. Dengan mengolah kreatifitas, Anda bisa melakukan segala hal dengan kemampuan Anda. Selamat mencoba.