Marketing

Apakah Pengaruh dari Desain Kartu Undangan yang Unik?

Desain Kartu Undangan yang Unik

Siapapun yang sudah melewati tahapan pelaminan pasti pernah mengalami fase rumit jelang hari pernikahan. Diantara sekian kerumitan yang menghantui jelang nikah yaitu terkait kartu undangan. Masalahnya kadang sederhana, bingung menemukan satu desain kartu undangan yang tepat.

Di era yang sudah makin modern, kartu undangan punya peran penting untuk mendukung suatu acara pernikahan. Lalu, apa itu sebenarnya kartu undangan? Apa fungsi kartu undangan itu? Seberapa penting kartu undangan dalam pernikahan? Kenapa juga desain kartu undangan mesti dibuat seunik mungkin?

Ada beragam jawaban dari pertanyaan ini, dan umumnya tergantung subjektivitas masing-masing. Tapi singkatnya, kartu undangan adalah selebaran yang bersifat ajakan supaya mau datang ke acara nikahan. Menilik definisi kartu undangan tersebut, itu sudah bisa menjawab semua pertanyaan sebelumnya.

Komponen Dalam Kartu Undangan

Untuk memperjelas tujuan mengundang, beberapa poin informasi harus ada dalam isi kartu undangan. Undangan nikah musti dibuat selengkap mungkin, tentu dengan desain yang dianggap terbaik pula. Pernikahan adalah hari paling berkesan, sehingga ada baiknya kalau undangan dibuat berkesan juga.

1.      Kata-kata pembuka

Sebagai insan yang beradab, kalau mau mengundang sudah seharusnya dimulai dengan kata-kata pembuka dulu. Bentuknya bisa berbagai macam, misalnya dengan pantun, puisi, kata mutiara, juga lainnya. Tapi yang umum berlaku kalimat pembuka diawali dengan puja-puji.

2.      Nama pengantin

Poin ini merupakan komponen terpenting yang ada di undangan nikah. Selain mencantumkan nama mempelai, nama orangtua tiap pengantin juga harus dituliskan. Khusus di bagian luar kartu undangan terdapat inisial nama mempelai, bisa juga singkatan atau nama panggilan.

3.      Waktu pelaksanaan

Komponen ini meliputi hari, tanggal, dan jam. Termasuk waktu akad nikah dan waktu resepsi. Waktu pelaksanaan wajib dimuat secara detil untuk menjelaskan rangkaian acara pernikahan. Dengan begitu tamu undangan tak akan melewatkan kesempatan menjadi saksi nikah.

4.      Tempat pelaksanaan

Tak boleh ketinggalan, lokasi pernikahan harus dimasukkan poin berikutnya. Alamat yang ditulis hendaknya detil sehingga tamu undangan tak akan kesulitan saat mau menghadiri. Akan jauh lebih baik lagi kalau di salah satu bagian dilengkapi peta penunjuk jalan ke lokasi pernikahan.

5.      Kata-kata penutup

Sebagai penutup undangan pernikahan, doa dan harapan paling tepat dimasukkan di poin akhir. Sama seperti halnya kata-kata pembuka, bagian akhir undangan ini juga bisa diisi kata mutiara, puisi, pantun, dan lainnya. Umumnya, kata penutup lebih pendek daripada kata pembuka.

Jenis Kartu Undangan Pernikahan

Seiring waktu, kartu undangan tak terbatas pada satu jenis yang itu-itu saja. Kartu undangan pernikahan juga mengalami evolusi baik dari isinya, fungsinya, ataupun jenisnya. Terutama di negara modern, kartu undangan tak lagi sekedar alat penyampai informasi, tapi juga berkaitan dengan nilai prestis.

1.      Undangan konfirmasi (reply card)

Pernikahan dengan konsep modern kerap menggunakan ini. Prosesnya bisa beragam, dari yang fisik sampai elektronik. Begitu menerima undangan, tamu yang diundang lalu diminta konfirmasi kehadiran lewat undangan konfirmasi yang biasanya disertakan di dalam undangan nikah.

2.      Kartu hadiah (lucky card)

Untuk beberapa pernikahan, mempelai biasanya menyediakan suatu hadiah untuk tamu. Hadiah yang disediakan bisa berupa apapun, mulai smartphone sampai unit motor. Khusus untuk tujuan ini, undangan nikah biasanya difungsikan sekaligus sebagai kupon hadiah untuk tamu.

3.      Kartu ucapan (wish card)

Ada juga pasangan mempelai yang sedikit ‘kepo’ dan mau tahu bagaimana respon tamu setelah ikut acara resepsi pernikahan. Dalam hal ini, mempelai biasanya sudah menyisipkan secarik kertas kosong di kartu undangan yang memang dialokasikan untuk menulis ucapan tertentu.

4.      Kupon suvenir (souvenir card)

Sedikit beda dari kartu berhadiah, undangan yang dilengkapi kupon suvenir bisa ditukar kapan saja untuk bisa dapat cinderamata. Waktu penukaran suvenir sangat fleksibel, bisa saat awal datang atau saat mau pulang. Kupon suvenir biasanya dibatasi satu untuk tiap tamu undangan.

5.      Kupon foto (photobooth card)

Secara fungsi, kupon foto sama saja dengan kupon suvenir. Tata cara pemakaiannya pun sama, yaitu dengan menukar kupon untuk bisa foto di lokasi yang sudah disediakan dan bisa langsung membawa pulang hasil cetakannya. Mekanismenya sama, satu undangan satu cetak foto.

Jasa Desain Undangan Menarik | Murah | Profesional

 

Jenis Kertas Undangan Pernikahan

Kembali lagi ke bagian paling awal, satu kerumitan jelang nikah yaitu desain kartu undangan nikah. Tak berhenti disitu, satu masalah lagi berhubungan kartu undangan yaitu jenis kertas yang dipakai. Terang saja, ini karena kertas undangan akan menentukan harga dasar undangan nikah yang nantinya dibuat.

1.      Kertas blanko undangan

Kalau mau membuat kartu undangan tanpa ribet, kertas blanko undangan bisa menjadi pilihan. Kertas ini sudah dibuat menyerupai undangan jadi, lengkap dengan hiasan tapi kosong tanpa tulisan. Ukuran dan bentuknya pun cukup variatif, begitu juga dengan harga tiap bijinya.

2.      Kertas mercy

Kartu undangan yang mewah jelas bisa meningkatkan prestis suatu acara, salah satunya dengan memakai kertas undangan mercy. Jenis kertas ini agak bertekstur dan ada semacam gliter-nya. Kertas mercy tersedia dalam banyak pilihan warna, dan ketebalannya pun sangat variatif.

3.      Kertas linen/BC/BW

Ciri utama dari kertas model ini yaitu teksturnya agak sedikit kasar dan tebal. Selain untuk kartu undangan, kertas linen banyak dipakai untuk membuat sertifikat dan kartu nama. Selain punya ragam variasi warna, bobot kertas linen juga variatif mulai 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.

4.      Kertas jasmine

Jenis kertas undangan yang paling banyak dipakai saat ini yaitu kertas jasmine. Ada kesan mewah yang muncul dari kertas jasmine karena adanya gliter. Pilihan warna kertas jasmine paling banyak dibanding jenis kertas lain, dan yang paling banyak dipakai berukuran 79×109 cm.

5.      Kertas ivory

Ciri khusus kertas ivory yaitu memiliki permukaan yang licin. Kertas ini banyak dimanfaatkan membuat undangan dalam ukuran besar dan penuh warna. Ketebalannya variatif mulai 190-400 gr, dan ini sebabnya kertas ivory banyak dipakai membuat tas kertas dan kardus kemasan.

6.      Kertas art carton

Sesuai namanya, kertas art carton ditujukan untuk hal-hal berbau kreatif. Misal untuk membuat company profile, katalog, kartu nama, sampul majalah, posater, hingga flyer. Ketebalan kertas art carton sangat bervariasi, dari yang paling rendah 190 gr sampai 350 gr untuk yang tertinggi.

7.      Kertas art paper

Ciri fisik kertas art paper sama persis dengan jenis kertas art carton, bedanya hanya pada tingkat ketebalan dan fungsinya. Kertas art paper lebih sering digunakan untuk isi undangan, majalah, juga brosur. Ketebalan kertas art paper paling tinggi ini yaitu 15 gr dan terendah 85 gr.

Contoh Desain kartu undangan unik

Setelah membaca semua penjelasan di atas, tak afdol rasanya kalau tak melihat beberapa gambar kartu undangan unik yang diambil dari portofolio desain undangan Sribu. Contoh kartu undangan unik berikut tak cuma sebatas undangan pernikahan saja, ada juga undangan untuk keperluan yang lain.

desain kartu ucapan ulang tahun Arjuna Elektronik Kesesuaian tema merupakan hal penting saat mendesain kartu. Sosok pahlawan kolosal Arjuna dipilih untuk desain kartu ucapan ulang tahun Arjuna Elektronik karena bisa mewakili identitas usaha.

desain International Property ExhibitionTak cuma sebatas undangan nikah, Sribu juga handal membuat jenis lain. Gambar ini menunjukkan kalau desain International Property Exhibition terasa mewah berkat kreativitas tinggi dari freelancer Sribu.

desain kartu ucapan Idul Fitri 1435 HDesain dengan pola simetris dan dominasi warna hijau terasa pas untuk menggambarkan suasana yang ‘adem’ di bulan yang fitri. Ini yang coba diterapkan di desain kartu ucapan Idul Fitri 1435 H.

desain kartu ucapan lebaran LPTUIBisa dibilang desain kartu ucapan lebaran LPTUI berani mendobrak pakem umum. Kalau umumnya lebaran identik dengan warna hijau ketupat, maka warna dasar desain ini diubah warna biru.

desain kartu ucapan Idul Fitri Rasanya, memaafkan jadi lebih mudah kala melihat desain kartu ucapan Idul Fitri yang seperti ini. Sederhana, jelas, dan elemen simbol yang dipakai merupakan paduan yang komplit untuk hari besar.

desain kartu lebaran 2016Kombinasi yang luar biasa antara teknik desain, aspek religiusitas, dan simbol usaha yang digeluti. Ini tercermin apik lewat grafis mumpuni dari desain kartu lebaran 2016 di atas.

Desain undangan unik untuk menteri, BUMNDesain undangan untuk menteri, BUMN, dan pakar teknologi di atas bertema futuristik. Terlihat dari komposisi desain yang dominan biru cerah ditambah dot kecil yang identik dengan teknologi.

desain undangan unik untuk blangko kartu pernikahanProses membuat desain undangan sekaligus mencetak butuh waktu tak sebentar. Akan lebih praktis kalau memakai blangko undangan seperti desain blangko kartu pernikahan kreasi Sribu ini.

desain undangan Season’s GreetingDesain kartu undangan tak harus ramai supaya terlihat menarik. Contoh desain undangan Season’s Greeting di atas menunjukkan kalau keserhanaan tetap bisa membuat kagum siapapun yang melihat.

desain kartu undangan unik untuk lebaranSatu lagi contoh desain kartu lebaran yang unik dari Sribu. Lewat tangan kreatifnya, desain kartu ucapan tersebut dibuat sederhana tanpa mengurangi nilai estetis dan makna dari hari besar.

Boleh dikatakan kalau kartu undangan merupakan cerminan konsep seluruh acara. Sadar atau tidak, kartu undangan punya pengaruh besar terkait gengsi, kredibilitas, dan sejumlah hal positif lain. Artinya, makin bagus desain undangan, banyak nilai positif yang bisa didapat di hari bahagia ini.

 

Jasa Desain Undangan Menarik, Murah, dan Profesional

Tingkatkan nilai profesionalitas Anda dengan desain undangan yang unik, menarik, dan original

 

Ria A. Wijaya
Lulusan Sastra Inggris yang mampu menulis beragam tema, terkhusus seputar teknologi dan traveling.
You may also like
Bagaimana Cara Membuat Blog Bisnis Online? Ikuti 7 Langkah Praktis Ini
Belajar Internet Marketing dari 0 dalam 10 Menit (Bagian 1 – Belajar SEO)

Diliput Oleh

[index]
[index]