Inspirasi Desain Poster “Galak” Dari World Wildlife Fund

Sedang mencari inspirasi desain poster? Sribu hadirkan barisan poster-poster ciamik dari WWF.

Hi sribuddies,

Menurut pengakuan sejumlah desainer, hal tersulit dalam proses desain adalah mencari inspirasi desain, termasuk saat mendesain poster.

Merancang poster itu gampang-gampang sulit, karena poster mengemban tugas untuk mengkomunikasikan pesan kepada orang yang berlalu-lalang di sekitarnya hanya dalam hitungan detik. Dengan kata lain, desain poster haruslah atraktif, namun juga tepat sasaran.

Makanya, Sribu salut, angkat topi, angkat jempol, tepuk tangan, tepuk Pramuka (lho?!) kepada desainer-desainer posternya WWF alias World Wide Fund for Nature (dahulu bernama World Wildlife Fund). Tak kenal siapa itu WWF? Itu lho, organisasi internasional non-pemerintah yang menangani masalah-masalah seputar konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan.

Jadi, apa yang membuat Sribu salut? Well, apa lagi kalau bukan kreativitas pada desainernya? Entah ya, mereka dapat inspirasi desain poster dari mana, yang pasti poster-poster keluaran WWF selalu sedap dipandang, dan langsung “nyesss” atau kena di hati.

Memang, dalam hal iklan cetak, WWF seringkali dinobatkan sebagai trendsetter, karena mereka selalu berhasil memunculkan ide-ide print ads yang segar, atraktif, kreatif dan dieksekusi dengan sangat sangat jeli.

Konon, meskipun kita bukanlah pecinta alam yang fanatik, namun setiap kali dihadapkan pada print ads atau poster WWF, kita pasti akan mulai berpikir mengenai dunia, mengenai kesejahteraan dan keberlangsungan Bumi, serta mengenai keacuhan kita terhadap lingkungan tempat tinggal kita sendiri.

Itu semua karena desainer-desainer poster dan print ads WWF mengerjakan pekerjaannya dengan sangat sempurna. Semua kriteria poster yang baik dipenuhi: menarik perhatian, kreatif, membuat publik berpikir, memiliki kemampuan menyampaikan pesan dalam hitungan detik, serta memiliki copy teks yang pas. Dan, tentu saja, ada pengaruh si Panda lucu yang menjadi logo WWF.

Tak percaya? Coba deh sribuddies lihat sendiri beberapa contoh poster yang dipublikasikan WWF. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi desain poster nantinya. Psst, jangan lupa berikan komennya ya, sribuddies. Cekidot!

* Artikel ini Sribu alihbahasakan dari URL ini.

Grafiti Gajah

Grafiti Badak

Grafiti Paus

Pohon Koin

Jerapah Koin

Ikan Koin

Penguin Gelandangan

Singa Laut Gelandangan

Beruang Kutub Gelandangan

Dedaunan

Tato Macan

Tato Elang

Tato Hiu

Tarzan

Sampah Plastik

Tsunami vs 9/11

Gorila

Badak

Beruang

Ibu Pertiwi

Ambulans

Mobil Pemadam Kebakaran

Kapal Penyelamat

Macan Tutul

Penebang Kayu

Anak Masa Depan

Koper Berdarah

Bendera AS

Bendera Brasil

Bendera China

Lampu

Kantung Pelikan

Burung Besi

Paus Adukan Semen

Ular Tali

Gading Gajah

Gading Gajah (2)

Paru-paru

Selat Bosphorus

Deforestasi

Pelikan

Kura-kura

Terumbu Karang

Gelas

Menakutkan

Menyeramkan

Mengerikan

Pemanasan Global: Pabrik

Pemanasan Global: Kendaraan Bermotor

Pemanasan Global: Hiu

* Credits to:
Wikipedia.org
– TrueKolor.net

Nah, membangkitkan inspirasi desain poster kan, sribuddies. Tentu saja, Sribu mengundang sribuddies untuk pamer hasil karya desain poster sribuddies di Facebook Fan Page Sribu atau di Twitter account kita @sribudotcom.

Oh ya, kalau ada kontes desain poster, jangan lupa ikutan ya sribuddies. Kontes yang tengah berlangsung bisa dicek di laman Kontes desain.

Salam,
Tim Sribu
^ Inspirasi Desain Poster dari WWF ^

Ryan Gondokusumo
Ryan adalah CEO dan Founder dari Sribu.com. 11 tahun pengalaman di management, product development, strategic dan digital marketing