Blog Marketing

7 Cara Desain Banner Mantap! untuk Menarik Perhatian

promosi bisnis

Ada banyak pilihan alat promosi bisnis, salah satunya banner. Banner bisa diletakkan di luar atau di dalam gerai, kantor depan atau kantor pelayanan, mall dan juga di stan-stan kegiatan atau pameran. Dengan ukuran yang beragam, banner bisa diisi dengan konten promosi yang lengkap dan dengan desain banner yang menarik. Banner menjadi alat promosi favorit bagi perusahaan-perusahaan besar hingga usaha kecil. Apakah kalian juga menggunakan banner untuk promosi?

Manfaat Banner Untuk Promosi

Seiring kemajuan teknologi, banner sebagai alat promosi kini dicetak dengan teknik digital printing sehingga desain banner dan informasi di dalam banner terlihat lebih jelas dan menarik. Banner tersedia dalam bentuk vertikal dan juga potrait. Sedangkan dari jenisnya, setidaknya ada 3 jenis banner yang sering digunakan saat ini yakni Y banner dengan tiang penyangga berbentuk “Y”, X banner dengan tiang penyangga berbentuk “X” serta Roll up banner yang praktis dan dapat digulung.

Desain Banner

photo doc: sribu.com

Sementara itu dari segi ukuran, ada beragam ukuran banner yang bisa kalian buat. Mulai dari ukuran 25 x 40cm, 60 x 120cm, 80 x 180cm, bahkan hingga ukuran 150 x 200cm. Ada pula banner ukuran mini mulai dari ukuran 26 x 38cm atau ukuran yang lebih kecil lagi. Ukuran banner mini ini biasanya untuk diletakkan di atas meja restoran atau meja pelayanan. Apapun bentuk, jenis dan ukurannya, banner memiliki manfaat yang sama. Berikut ini 3 manfaat banner untuk promosi.

  1. Menampilkan Konten Promosi Lengkap dan Menarik

Jika bisnis kalian sedang gencar mempromosikan produk baru atau diskon khusus, maka gunakan banner untuk menampilkan promo tersebut dengan lebih menarik. Kalian bisa membuat desain banner yang memikat dengan bantuan desainer grafis yang sudah berpengalaman. Pada desain banner tersebut, tambahkan informasi mengenai promo yang sedang berlangsung.

Daya tarik visual banner didukung pula dengan teknologi digital printing yang semakin canggih. Warna-warna dan desain banner yang rumit sekalipun bisa ditampilkan pada banner dengan teknologi ini. Proses pembuatan yang terbilang cepat dan biaya produksi yang cukup ekonomis membuat banner bisa digunakan oleh bisnis skala kecil hingga besar. Dengan kehadiran banner yang menarik di sekitar stand atau gerai kalian, maka perhatian konsumen akan terpancing dan konten promo yang ditonjolkan melalui banner akan terlihat jelas.

  1. Fleksibel dan Efisien

Tiang penyangga banner umumnya terbuat dari bahan aluminium berbentuk pipa berukuran kecil. Tiang penyangga ini cukup ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan. Kalian bisa menempatkannya di pintu masuk, di salah satu sudut dekat loket, di depan gerai atau toko, di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Karena mudah dipindahkan, banner ini akan menghemat biaya promosi kalian. Misalnya saja ketika ada kegiatan pameran, kalian bisa menempatkan banner di area stan. Nantinya saat kegiatan pameran sudah selesai dilakukan, kalian dapat membawa banner kembali ke kantor atau gerai. Praktis, bukan?

Selain mudah dipindah-pindahkan, tiang penyangga banner bisa digunakan berulang kali. Dengan kata lain, kalian bisa membuat banner dengan konten promosi yang baru dan tetap menggunakan tiang penyangga yang sama.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Dalam menjalankan bisnis, brand awareness penting untuk diperhatikan. Brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk mengingat atau mengenali merek yang terdiri dari nama, logo serta tag line yang digunakan oleh suatu produk atau jasa. Brand awareness membuat masyarakat terdorong untuk membeli produk atau jasa kalian dan terus membelinya.

Salah satu cara meningkatkan brand awareness adalah dengan memakai nama, logo dan tag line produk secara konsisten pada berbagai alat promosi bisnis, termasuk di banner. Konten promosi yang menarik dilengkapi dengan nama, logo dan tagline produk akan membuat konsumen tidak asing lagi dengan produk kalian.

Penempatan banner di posisi yang strategis, mudah terlihat dan dilewati banyak orang akan membuat lebih banyak orang membaca pesan promosi dan produk yang dipromosikan. Promosi offline dengan menggunakan banner seperti ini masih menjadi andalan untuk mendongkrak brand awareness secara cepat.

Jenis Banner

photo doc: sribu.com

 

Curi Perhatian Dengan Desain Banner Anda yang Unik

#JanganBikinSusah

 

7 Cara Desain Banner Agar Lebih Menarik

Setelah mengetahui manfaat atau fungsi banner untuk bisnis, apakah kalian tertarik untuk segera mencetak banner? Tak perlu terburu-buru, sebaiknya siapkan konten promosi dengan baik dan pikirkan ide-ide segar untuk cara desain banner kalian. Berkaitan dengan desain banner, simak 7 cara desain banner agar banner tampil lebih menarik.

  1. Pilih Warna yang Tepat

Cara desain banner lebih menarik yang pertama adalah menciptakan kemampuan untuk menarik perhatian orang di tengah keramaian. Salah satu cara untuk mencuri perhatian adalah dengan pemilihan warna yang mencolok. Tetapi jangan sembarangan dalam pemilihan warna  yang mencolok. Ingatlah untuk memilih warna yang menjadi identitas bisnis kalian.

Jika ternyata warna yang menjadi ciri khas bisnis kalian adalah warna-warna yang lembut, maka buatlah kombinasi warna. Diskusikan mengenai kombinasi warna ini dengan desainer grafis agar banner mampu menunjukan identitas bisnis kalian dan sekaligus terlihat menonjol.

  1. Letakkan Merek, Logo dan Tagline Selalu di Atas

Jika ingin memperkenalkan bisnis kalian, maka selalu tempatkan merek, logo dan tagline di bagian atas banner. Tujuannya tak lain supaya identitas bisnis kalian segera terlihat oleh orang yang lalu lalang. Posisi di bagian atas banner tersebut juga sejajar dengan mata orang pada umumnya sehingga berpeluang tinggi untuk segera terlihat. Barulah di bagian bawahnya, kalian bisa memasukkan konten promosi.

Fungsi Banner

photo doc: sribu.com

  1. Gunakan Foto Berkualitas Tinggi

Jika kalian ingin menggunakan foto pada desain banner, maka pastikan foto tersebut berkualitas tinggi, tidak buram dan jelas. Memang tidak ada larangan untuk memakai foto-foto bebas lisensi yang bisa diunduh di berbagai situs penyedia foto. Tetapi jika ingin tampil eksklusif, kalian bisa menyewa jasa fotografer profesional untuk membuat foto sendiri. Sementara itu bila kalian ingin memakai gambar ilustrasi, maka jangan ragu untuk memakai jasa gambar ilustrasi yang profesional dan kreatif.  Dengan cara ini, kalian bisa memasukkan identitas bisnis pada foto dan gambar ilustrasi yang digunakan untuk banner.

  1. Sampaikan Konten Promosi dengan Singkat, Padat dan Informatif

Ada berapa banyak pesan yang ingin kalian sampaikan dalam sebuah banner? Banner memang memiliki bidang yang terbilang luas untuk memasukkan banyak konten promosi. Tetapi bukan berarti kalian bisa menjejalkan semua konten promosi yang ada. Sebab hal ini hanya akan membuat konsumen bingung dan enggan untuk membaca informasi yang terlalu banyak.

Ramu informasi tentang promosi bisnis kalian ke dalam kalimat-kalimat yang singkat, padat dan informatif. Hindari kalimat-kalimat yang bertele-tele. Pastikan ketika dibaca, konsumen bisa segera memahami pesan yang ingin kalian sampaikan. Ingat, jika konsumen tertarik dan ingin mengetahui lebih banyak lagi maka tentunya mereka akan menghubungi kalian.

Manfaat Banner

photo doc: sribu.com

  1. Gunakan Bahasa Marketing yang Ampuh

Bahasa marketing yang ampuh mampu membuat konsumen seketika menoleh atau tertarik mendekat ke arah banner yang kalian pasang. Bahasa marketing ini biasanya sederhana dan memprovokasi konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya saja “Diskon Besar-besaran”, “Obral”, “Garansi”, “Buy 1 Get 1 Free”, “Doorprice”, dan lain sebagainya. Siapa yang tak akan tergiur membaca kata-kata tersebut? Jangan lupa, pilihlah bahasa marketing yang tepat dan sesuai dengan konten promosi kalian.

  1. Perhatikan Susunan Informasi

Pada umumnya orang memiliki kebiasaan membaca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Karena itu, kalian tak boleh melewatkan kebiasaan tersebut dalam pembuatan banner. Pastkan informasi pada banner disusun secara runut dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan sehingga pembaca bisa menyerap pesannya dengan baik.

  1. Tambahkan Kontak yang Jelas

Dimanakah konsumen akan menemukan kalian? Bagaimana konsumen menghubungi kalian? Jangan lupa untuk menambahkan informasi mengenai alamat dan nomor kontak kalian pada desain banner. Pastikan alamat dan nomor kontak tersebut jelas terlihat. Lebih baik lagi jika nomor kontak yang dicantumkan terdiri dari angka-angka cantik yang mudah diingat sehingga hanya dalam waktu singkat konsumen bisa menyimpan nomor kontak tersebut dalam ingatan mereka.

 

Baca Juga :

Fungsi dan Pengaruh Desain Kemasan Makanan Untuk Bisnis

 

Selain alamat dan nomor kontak, lengkapi pula kontak kalian dengan website, email dan akun-akun media sosial. Tujuannya supaya konsumen memiliki banyak pilihan untuk menghubungi kalian. Umumnya, kontak tersebut di tempatkan di bagian bawah banner sehingga kalian harus membuatnya terlihat jelas dan mudah ditemukan.

Cara Desain Banner

photo doc: sribu.com

Nah, itulah manfaat banner untuk promosi dan 7 cara desain banner agar terlihat menarik. Sesudah menyimak informasi ini, apakah kalian sudah siap untuk membuat banner? Sesungguhnya satu hal yang paling sulit dalam pembuatan banner adalah menemukan ide kreatif agar desain banner kalian mampu mencuri perhatian konsumen. Tapi tak usah kuatir, sebab kalian selalu bisa menemukan orang-orang yang berbakat dalam hal ini. Bekerjasamalah dengan para desainer grafis yang telah berpengalaman, karena hanya  merekalah yang mampu menghasilkan banner terbaik untuk bisnis kalian.

You may also like
9 Rahasia Jitu Untuk Membuat Iklan Bisnis Secara Gratis
Inilah 8 Cara Bikin Blog Bisnis yang Menunjang Kegiatan Marketing!

Diliput Oleh

[index]
[index]