Marketing

Pelajari Cara Mengubah Fungsi Kalender Jadi Media Promosi

kalender perusahaan

Pernahkah kalian masuk ke sebuah warung sederhana dan mendapati banyak kalender di dindingnya? Warung-warung sederhana yang laris dikunjungi pembeli menjadi incaran para sales marketing perusahaan untukĀ  menitipkan kalender dengan atribut nama dan alamat perusahaan. Upaya ini tak lain adalah usaha untuk melakukan promosi melalui media kalender. Mereka berusaha menempatkan kalender tersebut pada tempat yang strategis dan mudah terlihat pengunjung. Sampai saat ini pun, kalender masih menjadi media promosi yang efektif dengan desain kalender yang semakin beragam.

Kegunaan Kalender untuk Bisnis

Apapun bentuknya, sebagian besar orang akan merasa senang saat menerima kalender di awal tahun. Fungsi kalender sebagai pengingat waktu membuat kalender lebih mudah diterima siapa saja meskipun ada konten promosi di dalamnya. Sebagai media promosi, kalender tak hanya bisa dititipkan di warung-warung sederhana atau rumah makan. Lebih luas lagi, kalian bisa memberikan kalender secara langsung kepada para konsumen. Berkaitan dengan bisnis, berikut ini kegunaan kalender.

  • Sebagai bentuk apresiasi untuk konsumen setia

Pemberian kalender menjadi wujud penghargaan kalian terhadap para konsumen yang sudah setia menggunakan produk atau jasa kalian. Kalender menjadi alternatif apresiasi kepada konsumen sebagai pengganti pemberian parcel, voucher ataupun hadiah.

  • Menjaring konsumen baru

Lalu bagaimana dengan startup bisnis atau perusahaan rintisan yang belum memiliki konsumen setia? Kalender juga menjadi media promosi yang efektif untuk startup bisnis. Kalender bisa dipakai untuk memperkenalkan portfolio perusahaan demi menjaring konsumen-konsumen baru. Kalender bisnis akan mendekatkan kalian pada konsumen-konsumen yang potensial.

Kalender Profesional

Photo doc: Sribu.com

  • Pengingat produk atau jasa

Di antara sederet produk atau jasa sejenis, kehadiran kalender yang telah dipersonalisasi akan membantu konsumen untuk mengingat produk atau jasa kalian. Ketika mereka hendak membeli produk atau menggunakan jasa yang sama, maka kehadiran kalender bisnis akan membantu konsumen untuk memilih produk atau jasa kalian yang mudah ditemukan di dinding atau meja rumah mereka.

  • Media promosi jangka panjang

Sebuah kalender tentu menampilkan penanggalan selama 12 bulan atau satu tahun penuh. Ini artinya, sepanjang tahun atau selama 12 bulan penuh, brand bisnis kalian akan dilihat oleh konsumen dan berada dekat dengan mereka. Bandingkan saja dengan media promosi seperti brosur atau booklet yang cenderung ditumpuk setelah diterima sehingga informasi di dalamnya segera terlupakan. Kalender yang dipasang di dinding atau diletakkan di atas meja akan terlihat di sepanjang waktu. Konten promosi di dalamnya pun bisa dilihat setiap saat.

  • Media promosi yang efektif

Ada berapa banyak produk atau jasa yang kalian miliki? Jika kalian mempunyai banyak produk atau jasa, maka kalian bisa menampilkan satu per satu melalui halaman kalender. Kalian bisa memilih kalender 12 lembar untuk memajang produk atau jasa di setiap halaman kalender. Sementara itu bila kalian mempunyai sedikit produk atau jasa, gunakanlah halaman-halaman kalender untuk menyajikan informasi detail mengenai keunggulan dan manfaat produk atau jasa tersebut.

kalender bank

Photo doc: Sribu.com

Kalender bisa menjadi media promosi efektif untuk memperkenalkan apapun jenis produk atau jasa kalian. Kalender bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis berskala kecil, sedang hingga besar. Tersedia beragam pilihan jenis kalender sehingga dapat disesuaikan dengan anggaran masing-masing perusahaan.

Udah Mau Tahun Baru nih!! Yuk Mulai Pikirin Konsep Desain Kalender 2019 untuk Bisnis Anda. Nyatanya sebuah kalender bisa jadi promosi yg baik loh

#JanganBikinSusah

 

8 Tips Desain Kalender Untuk Mengubah Fungsi Kalender Jadi Media Promosi yang Efektif

Beberapa tahun yang lalu, desain kalender untuk promosi masih sangat sederhana. Umumnya foto atau gambar yang digunakan adalah foto para artis atau gambar pemandangan. Tetapi kini kalender sebagai media promosi telah berkembang dengan desain yang tak hanya lebih menarik tetapi juga lebih profesional. Nah, jika kalian ingin menggunakan kalender sebagai media promosi, simak 8 tips desain kalender untuk mengubah fungsi kalender jadi media promosi yang efektif berikut ini.

  1. Masukkan Elemen yang Mendukung Branding Perusahaan

Brand yang melekat dibenak konsumen akan membantu mereka untuk memutuskan menggunakan produk atau jasa kalian saat dibutuhkan. Elemen brand seperti nama perusahaan, logo , dan tagline akan membantu mereka untuk mengingat produk atau jasa kalian. Karena itu, sebaiknya masukanlah elemen-elemen yang mendukung branding perusahaan pada desain kalender yang kalian buat.

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi penting mengenai perusahaan kalian yang meliputi alamat dan nomor kontak. Letakkan informasi tersebut di tempat yang mudah terlihat pada kalender sehingga orang mudah menemukannya.

Bentuk Kalender

Pemenang Desain Kalender 2015 untuk Bank BPR Banda Raya Photo Doc: sribu.com

  1. Tonjolkan Warna Brand Bisnis

Selain elemen brand perusahaan, warna juga bisa menjadi pengingat untuk brand kalian. Misalnya saja jika perusahaan kalian menggunakan warna merah sebagai bagian dari identitas perusahaan, maka tonjolkanlah warna tersebut pada kalender.

Sementara itu jika ingin memadukan beberapa warna, pertimbangkanlah keserasian warna dan efek emosi yang dihasilkan dari kombinasi warna tersebut. Intinya, gunakanlah warna untuk memicu ingatan konsumen terdapat brand bisnis kalian.

Fungsi Kalender

Pemenang Desain Kalendar Untuk Produk Beras Photo doc: sribu.com

  1. Sesuaikan Desain Kalender Dengan Karakter Konsumen

Apakah produk atau jasa kalian lebih banyak digunakan oleh konsumen dari kalangan sebelum generasi milenial? Ataukah konsumen kalian didominasi dari kalangan generasi milenial? Sebelum menentukan desain kalender untuk media promosi, sebaiknya kenali terlebih dahulu karakter konsumen kalian.

Misalnya saja jika konsumen kalian lebih banyak berasal dari kalangan generasi milenial, maka sebaiknya buatlah desain yang kekinian untuk menarik perhatian mereka. Generasi milenial lebih menyukai desain yang minimalis, warna-warna solid yang cenderung warna lemah, kombinasi warna-warni yang terlihat norak, tipe font Lato, Roboto, Rockwell dan GeoSlab, serta ilustrasi yang bersifat personal.

  1. Kedepankan Fungsi Kalender

Ada banyak pilihan bentuk kalender yang bisa digunakan sebagai media promosi. Mulai dari kalender meja atau kalender duduk, kalender dinding satu lembar, kalender dinding beberapa lembar hingga kalender dinding 12 lembar yang menampilkan kalender satu bulan pada setiap lembarnya. Apapun bentuk kalender yang kalian pilih, pastikan fungsi kalender tetap optimal.

Artinya, tak hanya menonjolkan desain kalender yang menarik saja, pastikan kalender tersebut menampilkan informasi yang lengkap. Seperti tanggal merah, keterangan hari libur tertentu, serta keterangan penanggalan yang lain misalnya penanggalan Jawa atau Hijriah. Dengan demikian, kalender promosi menjalankan fungsi kalender sebagaimana mestinya.

Kalender Promosi

Pemenang Desain Kalender 2016 Untuk PT. Primera Panca Dwima Photo doc: Sribu.com

  1. Pakai Foto Asli atau Karya Seni Asli

Memang tidak ada larangan untuk memakai foto atau karya seni bebas royalti yang bisa kalian unduh di website-website tertentu untuk dipakai pada kalender promosi bisnis. Tetapi memang kesan eksklusif lebih menonjol jika kalian memakai foto-foto atau karya seni yang secara khusus dibuat untuk kalender perusahaan.

Tentu saja anggaran dan waktu pembuatannya harus disesuaikan dengan kemampuan kalian. Kalian bisa memanfaatkan jasa fotografer profesional untuk mendapatkan foto-foto yang eksklusif. Atau bisa juga dengan menggunakan jasa ilustrator profesional yang mampu menuangkan ide-ide kalian ke dalam bentuk ilustrasi yang menarik. Penggunaan foto asli atau karya seni asli ini dapat membantu kalian memasukkan ciri khas perusahaan sehingga foto atau karya seni tersebut menjadi bagian dari promosi.

Waktu pembuatan foto dan karya seni perlu mendapatkan perhatian khusus agar kalender siap dibagikan pada waktu yang tepat. Jangan sampai produksi kalender terhambat karena pembuatan foto atau karya seni yang ternyata memakan waktu lebih lama dari estimasi waktu yang telah ditetapkan.

  1. Tetap Konsisten

Jika kalian sudah menentukan jenis kalender yang akan dibuat, selanjutnya tentukan tema untuk desain kalender yang akan menjadi media promosi tersebut. Tema ini penting untuk dipikirkan supaya halaman demi halaman kalender memiliki tema desain yang konsisten. Tema desain yang konsisten akan mencerminkan produk atau layanan yang kalian miliki. Tema desain kalender yang konsisten menunjukkan bahwa kalian memiliki produk, layanan dan perusahaan yang stabil.

Desain Kalender

Pemenang Desain Kalender untuk Kemenkeu Photo doc: Sribu.com

  1. Sisipkan Event Perusahaan

Jika kalian sudah merencanakan event perusahaan dalam setahun, maka tampilkan informasi tersebut pada kalender bisnis. Dengan cara ini, lebih banyak lagi konsumen terlibat dalam event tersebut. Misalnya saja peluncuran produk terbaru dengan harga khusus, promo dengan ketentuan khusus, masa promo terbatas, dan lain sebagainya. Kalender dengan informasi event ini akan membantu konsumen untuk tak melewatkan tawaran-tawaran menarik dari perusahaan kalian.

  1. Gunakan Material yang Berkualitas

Jika kalian sudah menemukan desain kalender yang tepat, selanjutnya pilihlah material kalender yang berkualitas. Selain mendukung tampilan desain, kalender dengan material berkualitas juga akan menjadi cerminan bisnis kalian. Kalender dengan kualitas yang buruk akan memberikan kesan bahwa perusahaan kalian memberikan pelayanan serta produk atau jasa yang buruk pula. Kualitas kalender yang dilihat konsumen, mau tak mau akan mempengaruhi penilaian mereka terhadap perusahaan kalian.

Jenis Kalender

Pemenang Desain Kalender untuk Perusahaan Photo doc: Sribu.com

Jika kalian sudah mempelajari kegunaan dan cara mengubah fungsi kalender jadi media promo ini, maka kalian tak perlu ragu lagi untuk memilih kalender sebagai media promosi bisnis. Bekerjasama dan berdiskusilah dengan jasa desain kalender yang telah berpengalaman untuk mendapatkan desain yang tak hanya menarik tetapi juga mendukung branding perusahaan kalian.

You may also like
Ketahui 5 Tools Termudah untuk Membuat Website
8 KPI dan Metrics Penting yang Perlu Anda Track dari Blog

Diliput Oleh

[index]
[index]