Branding Marketing

Maksimalkan Fungsi Merchandise Sebagai Media Promosi

Merchandise untuk Marketing

Pernahkah kalian menerima merchandise dari sebuah gerai atau perusahaan? Hampir semua orang pernah menerima merchandise dengan beragam jenis. Biasanya merchandise diberikan ketika konsumen telah melakukan sesuatu hal seperti yang syaratkan atau mengikuti kegiatan tertentu. Ada merchandise yang diberikan secara cuma-cuma dan ada pula merchandise yang dijual, contohnya saja merchandise Asian Games. Nah, berkaitan dengan kegiatan bisnis, apakah sebenarnya fungsi merchandise tersebut?

Kenali 5 Fungsi Merchandise untuk Mendongkrak Perkembangan Bisnis

Merchandise adalah semua bentuk produk yang menampilkan logo, brand atau nama perusahaan dan diberikan kepada konsumen. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar saja, usaha skala menengah dan kecil pun bisa menggunakan merchandise untuk kegiatan promosi. Merchandise dianggap sebagai salah satu strategi promosi yang efektif. Mengapa? Sebab merchandise memiliki beberapa fungsi penting. Berikut ini 5 fungsi merchandise untuk mendongkrak perkembangan bisnis kalian.

  1. Menjadi magnet bagi konsumen

Tak sedikit konsumen yang tergiur membeli produk atau menggunakan jasa tertentu hanya demi mendapatkan merchandise yang lucu. Fakta ini menunjukkan betapa kuat daya tarik merchadise bagi konsumen. Kalian bisa memanfaatkan merchandise untuk mendongrak penjualan produk tertentu atau untuk mengenalkan produk baru. Tentunya kalian harus memilih dan membuat desain merchandise yang benar-benar istimewa untuk menarik perhatian konsumen.

Merchandise adalah

photo source: Sribu.com

  1. Meningkatkan daya saing produk

Bersaing di pasaran dengan produk-produk yang sama memang tak mudah dilakukan. Kalian harus mampu memberi nilai lebih yang bisa menjadi pembeda dengan produk pesaing. Merchandise bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen dan sekaligus menjadi pembeda di antara produk-produk sejenis. Konsumen akan melihat merchandise yang kalian tawaran sebagai nilai lebih pada produk kalian.

  1. Bentuk apresiasi kepada konsumen

Jika perusahaan kalian mengadakan suatu kegiatan, maka pemberian merchandise menjadi cara yang tepat untuk mengapresiasi keterlibatan konsumen. Merchandise juga bisa menjadi cara untuk mengapresiasi konsumen yang telah setia menggunakan produk kalian.

jenis merchandise

photo source: Sribu.com

  1. Media promosi jangka panjang

Berbagai jenis merchandise umumnya bisa dipakai dalam waktu yang lama. Ini artinya konsumen menjadi lebih mudah mengingat brand bisnis kalian yang melekat pada merchandise tersebut. Misalnya saja jika merchandise kalian berupa jam dinding, maka konsumen akan sering melihat jam dinding tersebut dengan elemen brand yang melekat di dalamnya.

Coba saja bandingkan dengan media promosi berupa brosur atau booklet yang cenderung diabaikan setelah konsumen membacanya satu atau dua kali. Brosur atau booklet tersebut kemudian ditumpuk dan dilupakan. Sementara merchandise yang bermanfaat akan tetap digunakan dan lebih sering dilihat oleh konsumen. Ketika mereka membutuhkan kategori produk atau jasa layanan kalian, maka produk atau jasa kalian berpotensi untuk dipertimbangkan dan dipakai oleh konsumen. Sangat efektif, bukan?

  1. Media Promosi yang Efektif Dari Konsumen ke Konsumen

Pernahkah kalian menerima kertas notes dengan konten promosi di dalamnya? Secara tak sadar, konsumen yang memanfaatkan kertas notes merchandise untuk membuat catatan lalu menyerahkannya ke orang lain telah melakukan kegiatan promosi dari konsumen ke konsumen. Nama perusahaan, produk dan jasa yang kalian tawarkan, alamat dan nomor kontak yang tercantum pada merchandise akan terbaca oleh calon-calon konsumen lainnya. Dengan cara inilah bisnis kalian akan dikenal lebih luas lagi.

fungsi merchandise

photo source: Sribu.com

 

Sebuah Perusahaan Bisa Besar Dengan Cara Promosi yg Menarik, Salah satunya adalah dengan penyebaran merchandise mereka ke klien.

#JanganBikinSusah

 

Inilah 7 Jenis Merchandise yang Populer dan Disukai Konsumen

Ada beragam jenis merchandise yang bisa kalian pilih untuk kegiatan promosi bisnis. Harga dan kegunaan masing-masing merchandise pun bervariasi. Biasanya untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kalian harus memesan merchandise dalam jumlah banyak. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk membuat merchandise dalam jumlah sedikit, tentunya dengan harga yang sedikit lebih mahal. Berikut ini 7 jenis merchandise yang populer digunakan untuk promosi bisnis dan disukai konsumen.

  1. Jaket

Kesan eksklusif segera terbaca oleh konsumen ketika kalian memberikan merchandise berupa jaket. Karena itu biasanya perusahaan-perusahaan besar memilih jaket sebagai salah satu merchandise. Misalnya saja perusahaan sepeda motor. Nantinya jaket tersebut diberikan kepada konsumen saat mereka melakukan pembelian unit sepeda motor.

Jika memilih merchandise jaket, kalian bisa berkreasi untuk membuat desain jaket yang unik lalu ditambahkan dengan logo, merek dan tagline bisnis. Atau bisa pula berupa jaket polos yang kemudian ditambahkan dengan logo, merek dan di bagian depan ataupun di bagian belakang jaket.

  1. Kaos

Selain jaket, kaos berkerah ataupun kaos tak berkerah bisa juga menjadi pilihan merchandise yang eksklusif. Dengan bidang yang terbilang luas, kalian bisa menambahkan logo, merek, tagline dan juga desain merchandise yang menarik. Nantinya atribut-atribut tersebut bisa ditampilkan dengan teknik sablon ataupun bordir.

Kaos cocok dipilih sebagai merchandise untuk kegiatan-kegiatan promosi yang kalian adakan seperti jalan sehat atau sepeda gembira. Kaos juga bisa dibagikan untuk konsumen yang telah memenuhi ketentuan promo khusus, misalnya saja pembelanjaan dengan jumlah tertentu, pembelian produk baru, pembelian dalam bentuk paket dan lain sebagainya.

  1. Tote Bag

Tote bag adalah model tas jinjing atau tas yang bisa dibawa dengan satu tangan atau diletakkan di salah satu bahu. Untuk merchandise, biasanya tote bag dibuat dari bahan kain kanvas atau biasa disebut canvas tote bags, kain spundbond, kain blacu dan ada pula yang menggunakan bahan kertas.

Seperti halnya kaos, tote bag disukai konsumen sebagai merchandise karena bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Sedangkan bagi para pebisnis, bidang tote bag yang luas memudahkan untuk menampilkan atribut bisnis dan desain berkonten promosi. Dari segi harga, tote bag terbilang lebih murah dibandingkan dengan biaya produksi merchandise jaket maupun kaos.

merchandise populer

  1. Gantungan Kunci Karet

Gantungan kunci karet yang unik masih menjadi merchandise andalan untuk perusahaan, lembaga, maupun komunitas. Selain biaya produksi yang cukup terjangkau, gantungan kunci karet ini tahan lama, tidak mudah rusak dan bisa dibuat mengikuti desain-desain yang diinginkan. Desain yang menarik akan membuat merchandise gantungan kunci karet semakin disukai konsumen.

  1. Mug atau Tumbler

Tak hanya untuk keperluan promosi bisnis saja, mug atau tumbler kerap dipilih sebagai souvenir untuk beragam acara mulai dari acara ulang tahun hingga pernikahan. Mug atau tumbler menjadi merchandise favorit karena tahan lama dan dapat digunakan setiap hari.

Jika mug memiliki pilihan bentuk yang cukup terbatas, sebaliknya tumbler menawarkan pilihan bentuk yang lebih bervariasi. Ukuran tumbler pun beragam. Bidang tumbler yang lebih luas dibandingkan mug membuat kalian bisa menambahkan informasi promosi yang lebih banyak.

  1. Koper dan Travel Bag

Perusahaan-perusahaan biro perjalanan biasanya memilih merchandise ekslusif berupa koper dan travel bag. Tentu saja kedua merchandise ini akan sangat menggembirakan konsumen yang menerimanya karena mereka bisa memanfaatkan kedua merchandise tersebut dalam perjalanan yang akan dilakukan. Kalian bisa membuat koper dan travel bag yang senada dengan menonjolkan warna yang identik dengan bisnis kalian. Tentu saja logo, merek dan tagline juga bisa ditambahkan dengan teknik sablon ataupun bordir.

  1. Pulpen atau Pensil

Apakah kalian membutuhkan merchandise yang simple namun bermanfaat? Pulpen atau pensil menawarkan kesederhanaan dan sekaligus manfaat yang dibutuhkan setiap orang dari berbagai kalangan. Pulpen atau pensil juga menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat anggaran pembuatan merchandise. Kalian bisa membagikan pulpen atau pensil sebagai hadiah ataupun ucapan terimakasih kepada konsumen yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan. Misalnya saja seminar atau workshop.

desain merchandise

photo source: Sribu.com

Nah, setelah mengetahui fungsi merchandise yang begitu efektif sebagai media promosi dan beragam jenis merchandise, apakah kalian tertarik untuk membuat merchandise bagi bisnis kalian? Sebelum merencanakan pembuatan merchandise, ada baiknya kalian memikirkan baik-baik jenis merchandise yang tepat untuk konsumen kalian.

Untuk menentukan jenis merchandise, kenali terlebih dahulu karakter konsumen kalian agar nantinya fungsi merchandise bisa lebih optimal. Misalnya saja jika konsumen kalian didominasi oleh anak-anak usia sekolah, maka merchandise yang tepat bisa berupa pulpen, pensil, notes, wadah alat tulis dan merchandise sejenis lainnya. Sementara itu jika konsumen kalian lebih banyak berasal dari kalangan pekerja, kalian bisa memilih merchandise berupa tumbler, mug, atau kalender meja.

Pemilihan merchandise yang tepat tidak hanya akan menyenangkan konsumen tetapi juga membuat merchandise tersebut digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Efeknya, merchandise dengan konten promosi akan dilihat lebih banyak orang dan terutama oleh konsumen pengguna merchandise sendiri.

Perhatikan pula kualitas bahan merchandise yang kalian gunakan. Seringkali karena ingin menekan biaya produksi merchandise, akhirnya dipilihlah merchandise dengan bahan yang kurang berkualitas. Padahal kualitas merchandise nantinya akan mempengaruhi penilaian konsumen terhadap bisnis kalian. Merchandise yang berkualitas akan memberikan kesan positif. Sebaliknya, kualitas merchandise yang buruk akan memicu kesan buruk dan ketidakpercayaan terhadap bisnis kalian.

Selain itu, kualitas merchandise yang baik akan membuat fungsi merchandise sebagai media promosi dapat berjalan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Misalnya saja kaos yang berkualitas akan membuat konsumen bisa memakainya dalam jangka waktu yang lama. Tentunya hal ini menjadikan fungsi merchandise kaos sebagai media promosi menjadi lebih efektif, bukan?

You may also like
Blog Marketing: Cara Pemasaran Bisnis Melalui Blog
7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online

Diliput Oleh

[index]
[index]