Trik Mendesain Kemasan + 30 Inspirasi Desain Kemasan Susu

food packaging

Sebagai desainer, tak jarang klien menuntut kita untuk serba bisa. Bukan berarti kita harus jadi sejenius Albert Einstein atau sepuitis William Shakespeare, namun setidaknya kita harus siap memberikan rancangan desain terbaik – dalam bentuk apapun.

Itu sebabnya, kalau anda perhatikan, sekarang ini kategori kontes desain yang ada di Sribu.com juga semakin beragam, mulai dari desain logo, perlengkapan bisnis hingga web. Makanya, anda pun harus memiliki kemampuan desain yang oke, agar bisa beradu dengan rekan-rekan anda yang lain untuk memperebutkan aneka macam hadiah yang ditawarkan, sebab lain jenis kategorinya, tentu lain pula kemampuan (skill) serta trik yang mesti digunakan.

Nah, setelah sebelumnya Sribu banyak membahas soal desain logo, juga sempat menyinggung tentang desain poster dan lainnya, sekarang Sribu mau bagi-bagi tips dan inspirasi untuk desain packaging atau desain kemasan. Kenapa sih kemasan mesti didesain dengan baik? Jawabannya sederhana saja, agar bisa tampak menonjol dan menarik untuk dibeli.

Setiap kali kita pergi ke toko kelontong, pasar, mal atau tempat jual-beli lainnya, kita pasti akan selalu dihadapkan dengan banyak sekali produk yang dikemas dalam boks, botol, tuba atau kemasan lainnya. Kemasan/packaging ini datang dalam beragam bentuk, ukuran dan warna.

Sebagai desainer yang akan merancang kemasan sebuah produk, anda harus selalu ingat bahwa tujuan utama anda mendesain kemasan adalah agar calon konsumen dapat dengan mudah mengenali dan membedakan produk tersebut hanya dengan satu lirikan.

Bukan perkara gampang, mengingat produk tersebut akan diletakkan di antara rak-rak yang menjulang, di tengah-tengah lautan produk lain yang sejenis. Namun, tentu saja jangan lupa juga dengan esensi utama kemasan, seperti yang dikatakan Wikipedia:

“Packaging adalah ilmu, seni dan teknik membungkus atau memproteksi produk untuk memudahkan proses distribusi, penyimpanan, penjualan serta penggunaannya. Packaging juga meliputi proses merancang, mengevaluasi dan memproduksi kemasan.

Dengan kata lain, packaging dapat dideskripsikan sebagai sistem yang terkoordinasi untuk mempersiapkan produk agar siap dikirim, disimpan, disalurkan, dipasarkan dan dimanfaatkan oleh pengguna akhirnya.”

Jadi, jangan sembarang mendesain kemasan. Faktor perlindungan, pengawetan serta pembungkusan produk juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Selain itu, sebaiknya kemasan pun mencantumkan informasi-informasi penting seputar produk tersebut, agar calon konsumen paham akan produk yang akan dibelinya.

Tidak perlu harus menuliskan deskripsi produk yang panjang, hanya pastikan saja bahwa konsumen dapat mengenali jenis produk apa yang ada di dalam kemasan tanpa perlu membukanya.

Seringkali, desain kemasan yang menarik dan informatif menjadi perlengkapan pemasaran yang vital. Dan, dalam hal ini, desainer pun turut mempengaruhi keberhasilan – atau malah kegagalan – produk tersebut di pasar.

Tugas yang cukup berat ya? Tapi, jangan kuatir, karena Sribu siap memberikan tips agar rancangan kemasan anda semakin bersinar.

1. Unik dan kreatif

desain packaging sereal
Sumber : Pinterest

Jika anda mau produk (atau kemasan) anda dilirik banyak orang, buatlah kemasan sekreatif mungkin. Contohlah kemasan sereal sarapan yang sering kali mencantumkan permainan labirin, teka-teki dan lainnya untuk mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut.

Atau, anda juga bisa berkreasi dengan bentuk kemasan seperti contoh di atas.

2. Hati-hati memilih font dan warna

fail packaging
Sumber: pulptastic

Warna kemasan sebaiknya disesuaikan dengan jenis produknya. Atau, jika perusahaan telah memiliki warna korporat yang khas, boleh juga tuh diaplikasikan pada kemasan.

Pastikan bahwa anda menggunakan warna font yang tepat dan kontras. Jangan menggunakan teks oranye pada latar belakang merah atau sejenisnya. Sebagai panduan, buku Color Index bisa digunakan sebagai referensi padanan warna.

Untuk urusan bentuk font, pilih juga yang tepat dan sesuai untuk produk. Jangan gunakan font yang terlalu ‘njelimet’, yang malah sulit dibaca.

3. Pastikan label mudah dibaca

Poin penting: Label harus mudah dibaca!

Sebagian besar konsumen membaca dulu informasi seputar produk yang akan mereka beli, karena mereka ingin tahu apa yang mereka beli, dan apakah yang mereka beli itu benar. Maka, sudah jadi tugas anda untuk memastikan para konsumen bisa membaca informasi yang tercantum pada kemasan dengan baik. Caranya? Ya, dengan memastikan ukuran dan bentuk font yang digunakan mudah dibaca dong.

Konsumen akan membaca label sebelum membuat keputusan untuk membeli. Beberapa kali, mereka akan membandingkan produk tersebut dengan produk lainnya. Nah, kalau anda mendesain kemasan yang mudah dibaca, dan para konsumen puas dengan informasi yang mereka baca, tentu mereka tidak akan pergi dan mencari produk lain; Mereka akan langsung membelinya.

Masalahnya, hanya butuh beberapa detik di depan rak di supermarket sebelum konsumen memutuskan akan membeli suatu produk. Mereka tidak punya banyak waktu untuk membaca semua label, makanya jangan buang waktu mereka – dan waktumu – dengan mendesain label yang terlalu kecil dan ‘njelimet’ untuk dibaca. Ini termasuk salah satu kesalahan yang sering dilakukan para desainer: Mereka membuat label kemasan yang sangat kecil, sehingga sulit bagi konsumen untuk membacanya. Jangan mengulangi kesalahan ini ya.

4. Manfaatkan gambar

Masyarakat kita sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang dapat dicerna oleh panca indera. Dalam hal kemasan, rangsangan yang paling mudah dicerna adalah rangsangan visual. Karena itu, anda sebaiknya menyertakan gambar/visual dalam desain kemasan anda, entah gambar kartun, foto produk, foto model atau apa pun. Pastikan saja gambarnya beresolusi tinggi, dan akan tampak bagus tidak peduli seberapa besar atau seberapa kecil ukurannya.

5. Relevansi itu…relevan!

homemade jam packaging
Sumber: Hanastop

Gambar, bentuk font, warna dan bentuk kemasan haruslah sesuai dengan produk, harus memiliki relevansi dengan jenis produk yang anda jual. Jangan menempatkan gambar anjing ketika anda membuat desain kemasan untuk hotdog – meskipun ‘dog’ memang berati anjing. Bisa-bisa anda dituduh menyesatkan konsumen, dan mereka tidak jadi membeli produknya karena berpikir bahwa itu adalah makanan anjing atau terbuat dari daging anjing. Hiiiy…

6. Gunakan bahasa yang tepat

Pilih bahasa yang pas dengan produknya. Konsumen jaman sekarang itu sangat sulit diyakinkan hanya dengan gambar yang indah-indah saja. Mereka butuh informasi – yang berlimpah dan sesuai.

Anda harus berhati-hati dengan penggunaan bahasa, termasuk untuk urusan ejaan dan tata bahasa. Tak jarang, konsumen menilai kualitas produk dari bahasa yang tercantum pada kemasannya lho. Kalau mereka melihat banyak kesalahan eja atau ketidaksesuaian informasi, bisa-bisa mereka berpikir perusahaan dan produk anda tidak bonafit dan tidak memiliki kontrol kualitas.

Maka, berhati-hatilah dengan isu sensitif ini. Anda bisa menggaet kepercayaan dan keyakinan konsumen dengan menggunakan tata bahasa yang benar.

7. Kenyamanan tak boleh terlupakan

Yang tak kalah pentingnya, pastikan bahwa kemasan anda mudah dan nyaman digunakan. Ingatlah bahwa kebanyakan orang yang akan menggunakan produk ini orang sibuk. Jadi, cobalah buat hidup mereka lebih mudah. Jangan mendesain kemasan yang terlalu besar dan sulit dibawa. Percaya deh, semakin ringkas kemasannya, semakin banyak klien yang akan memilihnya.

food packaging

Satu poin lagi yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan: Karena dewasa ini kepedulian masyarakat akan Mother Earth atau Bumi pertiwi sedang tinggi, maka bagus juga tuh kalau kemasan yang anda desain terbuat dari bahan-bahan daur ulang atau yang ramah lingkungan. Pasti deh kemasan anda semakin dilirik – setidaknya oleh para pecinta lingkungan.

8. Terlihat kokoh dan tangguh

Seperti yang sudah Sribu katakan di atas, salah satu fungsi utama kemasan adalah untuk melindungi produk. Dan, bagi para konsumen, keamanan produk ini adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi lho. Makanya, kemasan harus selalu tersegel atau tertutup rapat, karena pasti konsumen ogah membeli produk yang kemasannya terlihat terbuka atau rusak.

Lantas, kaitannya dengan anda apa? Sebagai desainer, anda harus mencari cara agar desain kemasan atau packaging  anda tidak mudah robek atau menganga. Juga, agar kemasan terbuat dari bahan yang kuat, sehingga tidak mudah penyok saat diangkut ke gudang, atau saat dijajakan di rak, atau saat dimasukkan ke plastik, dan sebagainya. Jadi, sebelum anda terkena masalah besar karena kemasan mudah koyak atau rusak, pastikan desain kemasan anda dapat tertutup dengan sempurna dan melindungi produk yang ada di dalamnya.


Yuk mulai pikirkan desain kemasan yang paling cocok dengan produk kalian..


9. Mudah dibuka

Di sisi lain, kemasan juga tidak boleh terlalu rapat sampai sulit dibuka konsumen. Jadi, anda harus melihat masalah dari dua sisi: Di satu sisi, pastikan kemasan tidak mudah terbuka dan rusak saat diangkut, didistribusikan dan dipasarkan, namun di sisi lain, kemasan mesti cukup mudah dibuka saat sudah sampai ke tangan konsumen.

Sekali lagi, pikirkan betapa sibuknya konsumen yang membeli produk anda, dan bayangkan kekesalan mereka saat sudah sampai di rumah, tak sabar ingin menggunakan produk yang baru saja dibelinya, namun kemasannya begitu bandel dan sulit dibuka. Bete, kan?

Kalau packaging produk anda memang sulit dibuka, pastikan anda mencantumkan cara-cara membukanya. Kalau bisa, lengkapi juga dengan instruksi bergambar. Bahkan jika kemasannya tergolong mudah dibuka sekalipun, tak salah kok untuk menyertakan instruksi cara membukanya. Siapa tahu saja konsumen membutuhkannya.

10. KISS = keep it simple

Untuk menarik perhatian, buatlah desain yang sederhana, namun mencolok. Jika memungkinkan, pilihlah desain yang mudah dikenali oleh konsumen dari segala usia, latar belakang pendidikan dan demografi. Untuk membedakan tipe produk, gunakan warna yang kontras agar konsumen tidak salah memilih. Desain yang sederhana, namun dengan label yang berukuran pas, mudah dibaca, dipenuhi informasi-informasi yang tepat akan lebih menarik perhatian ketimbang desain yang terlalu ramai.

Perlu contoh? Sribu berikan inspirasi desain kemasan susu yang lucu, menarik dan sangat inspiratif untuk anda.

desain packaging

desain packaging

Duh, packaging-packaging susu itu membuat haus deh. Apakah anda juga haus untuk berkarya? Ayo ambil bagian dalam kontes desain Sribu. Banyak hadiah menarik menanti anda.

Jangan lupa be our fan di Facebook fan page Sribu.com dan follow Twitter @sribudotcom. Disana sribu.com akan share informasi dan inspirasi desain yang oke lho.

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

* Credits to:
– NaldzGraphics.net
– BestDesignOption.com
– 9to6.com
– PackagingOfTheWorld.com
– LovelyPackage.com
– TheDieLine.com
– Behance.net

Ryan Gondokusumo
Ryan adalah CEO dan Founder dari Sribu.com. 11 tahun pengalaman di management, product development, strategic dan digital marketing