Freelancer

Tutorial Cara Membuat Forum Signature

Forum Signature

source: http://art.ngfiles.com/

Kalau Anda anggota sebuah forum, istilah “forum signature” pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Forum signature merupakan jenis desain grafis yang umumnya berbentuk persegi panjang, didesain sedemikian rupa sesuai keinginan pemilik account, dan biasanya dipasang pada profil anggota. Signature dapat berisi gambar apapun:

pemandangan, abstrak, toko karakter kesayangan Anda, atau bahkan artis favorit Anda.

 

Tertarik membuat sebuah forum signature? Pastikan Anda menyelusuri langkah-langkah dasar berikut ini. Jangan khawatir, tidak susah membuatnya kok, karena tutorial ini juga bisa berguna kalau Anda pemula dalam Photoshop.

  1. Buka Adobe Photoshop Anda.
  2. Klik ‘File’ –> ‘New’
  3. Setelah klik ‘New’, Anda akan melihat ini.
  4. Ukuran signature beragam. Umumnya sekitar 500×200 pixel. Oleh karena itu, dalam kolom ‘Width’, masukkan ‘500’ dan dalam kolom ‘Height’, masukkan ‘200’. Pastikan format yang dipilih adalah pixel, bukan cm.
  5. Resolution tidak begitu penting, tapi biasanya desainer akan memilih ’72’ dalam format ‘Pixels/Inch’.Klik OK!
  6. Setelah itu, kanvas putih polos akan tampil. Pastikan window ‘Layer’ tersedia untuk memudahkan Anda mendeteksi layer-layer yang ada. Anda harus klik ‘Window’ dalam menu bar dan klik ‘Layers’. Untuk memilih gambar, klik ‘File’ lalu klik ‘Open’. Pilihlah dua gambar yang ingin Anda tampilkan dalam signature.
  7. Selesai memilih dua gambar, tampilan layar Anda akan muncul seperti ini.
  8. Sekarang Anda perlu men-drag dua gambar tersebut ke canvas, dan posisikan mereka sesukamu. Gambar pertama yang Anda drag ke kanvas adalah Layer 1, dan gambar kedua yang Anda drag adalah Layer 2.
  9. Untuk membuat gambar muat di kanvas, klik kanan pada gambar yang Anda ingin atur muatnya. Klik Layer 1 –> ‘Edit’ –> ‘Free Transform’. Atau bisa juga dengan menekan Ctrl+Alt+T.
  10. Klik pada panah-panah yang tersedia untuk mengatur ukuran dan posisi gambar. Kalau Anda tidak bisa melihat kanvas secara keseluruhan, tekan Ctrl (-) untuk zoom out.
  11. Setelah itu, Anda mungkin melihat salah satu gambarnya tersembunyi. Untuk mengatasi ini, klik kanan pada Layer 2 atau Layer 1 (tergantung layer mana yang tersembunyi). Untuk membuat salah satu layer terlihat, tekan Ctrl ] (untuk membuat layer maju), sebaliknya, kalau Anda menginginkan gambar terlihat tersembunyi, tekan Ctrl [. Di graphic saya, saya membuat Layer 2 yang terlihat.
  12. Saatnya memblending gambar! Masih pada Layer 2, klik Eraser tool pada Tools Menu. Icon Eraser tool terletak di bawah icon Stamp. Pilihlah jenis brush dengan pinggiran halus, bukan pinggiran solid. Ukuran diameter terserah Anda, tergantung besar kecilnya gambar yang ingin Anda blend.
  13. Selanjutnya pilihlah opacity. Opacity menentukan transparan atau tidak eraser brush yang Anda gunakan, dan juga menentukan apakah hasil blend akan terlihat rapi dan bagus. Dalam gambar saya, saya memilih 70% untuk opacity (apabila background kedua gambar Anda sama, Anda bisa menaikkan opacity-nya).
  14. Perlahan hapus pinggiran Layer 2 yang berbatasan dengan Layer 1. Jangan hapus keseluruhan layer. Hasilnya akan seperti ini.
  15. Setelah selesai mengedit gambar, waktunya untuk Anda mencantumkan tulisan! Tumpahkan kreativitas Anda! Tulisan bisa diambil dari quote atau lagu. Tidak harus panjang-panjang. Cara memasukkan tulisan, klik icon ‘T’ pada menu Tools. Carilah space yang tersedia di kanvas untuk tempat tulisan. Atur warna tulisan agar senada dengan gambar.
  16. Merasa tulisan Anda polos dan membosankan? Tenang saja, ada cara untuk menambahkan efek pada tulisan. Anda bisa klik ‘Layers’ –> ‘Layer Style’ –> ‘Blending Options’. Di fitur ‘Blending Options’, Anda bisa menambahkan bayangan, outline terang, dan lain-lain. Dalam graphic saya, saya menambahkan bayangan untuk memperjelas tulisan.Inilah hasil akhirnya:
  17. Nah, Anda sekarang bisa menghela nafas sekarang, karena forum signature Anda telah selesai. Untuk menyimpan pekerjaan Anda, klik ‘File’ –> ‘Save for Web’ → ‘Save’. Sekarang Anda siap untuk memasang signature Anda!

Salam,

Ryan Gondokusumo – Founder Sribu.com

Ryan
Ryan is the CEO of Sribu and Sribulancer. Has over 7 years experience in team building, product development, strategic marketing, digital marketing and retail.
You may also like
100 Desain Icon dan Tombol Twitter yang Menarik
7 Kesalahan Terbesar Dalam Menulis Blog yang Harus Anda Hindari

Diliput Oleh

[index]
[index]