Cara Membuat Desain Maskot Dengan Adobe Illustrator

Sribu.com menghadirkan tutorial desain untuk membuat maskot dengan Adobe Illustrator.

Kreasikan sendiri maskotmu dengan langkah-langkah mudah dari tutorial desain dengan Adobe Illustrator berikut ini.

Ternyata membuat maskot dengan Adobe Illustrator mudah lho, apalagi kalau sribuddies ikutin langkah-langkah tutorial desain yang Sribu Sribu.com hadirkan satu ini. Saat ini, keberadaan maskot, terutama di dunia desain web, memang sedang naik daun. Sribu juga punya maskot, ya si Sibby the Creative yang lucu, manis dan imut-imut itu.

Nah, kalau sribuddies kepingin membuat maskot juga, dalam tutorial desain dengan Adobe Illustrator kelas menengah ini, Sribu akan tunjukkan bagaimana cara-cara mudah membuat vector maskot karakter dari sketsa dasar, hingga jadi super canggih. Untuk tutorial desain ini, versi Adobe Illustrator yang Sribu gunakan adalah CS4, tapi kalau sribuddies mau menggunakan versi lainnya, monggo lho ya.. Hihihi…

Oh ya, nggak cuman untuk buat maskot saja, tehnik yang Sribu tampilkan pada tutorial desain Adobe Illustrator kali ini juga bisa diterapkan pada pembuatan ilustrasi, icon dan elemen-elemen desain lainnya lho. Jadi, semakin pede deh pas kirim karya terbaikmu ke Sribu.com. Ya, toh? Hihihi…

Penasaran dengan hasil akhir yang akan dicapai dengan tutorial desain Adobe Illustrator ini? Berikut Sribu tampilkan teasernya.

Dan, berikut Sribu sajikan detail tutorial desain ini:
– Program yang digunakan: Adobe Illustrator
– Versi: CS4
– Tingkat kesulitan: Menengah
– Perkiraan waktu pengerjaan: 2 jam

Mulai langsung yuk, sribuddies.

Langkah 1

Sebagai langkah paling awal, buatlah sketsa kasar dari karakter maskot yang ingin sribuddies buat. Dalam tutorial desain ini, sketsa dibuat dengan menggunakan Wacom pen tablet dan Photoshop, tapi kalau memang sribuddies lebih nyaman menggunakan sketsa kasar di kertas atau menggunakan medium yang lainnya, ya tidak masalah juga. Pastinya, setelah dibuat sketsanya, jangan lupa discan dan disimpan ke dalam komputer (jika sribuddies memutuskan menggunakan media tradisional). Hasilnya kira-kira akan tampak seperti ini:

Langkah 2

Sekarang, barulah kita mengutak-atik Adobe Illustrator. Buat dokumen baru, dan tempatkan sketsa yang telah sribuddies buat di dokumen baru tersebut, dengan cara pilih File > Edit > Place. Cari sketsa tadi di direktori komputer, lalu tempatkan di tengah-tengah dokumen baru, seperti ini:

Langkah 3

Setelah sketsa ditempatkan, pilihlah Template dari pop-up menu di panel Layers, guna memudahkan dalam penelusuran gambar pada langkah-langkah berikutnya.

Langkah 4

Sekarang, setelah kita menempatkan sketsa di layer template, kita bisa membuat layer baru untuk menelusuri sketsa. Untuk membuat layer baru, pilih tombol New Layer di bagian kanan bawah panel Layers. Membuat beberapa layer dapat membantu dalam hal organisasi dan urutan kerja. Sribu sih menganjurkan agar sribuddies menamai semua layer, dengan cara klik dua kali layer baru, dan beri nama pada saat muncul boks dialog Layers Options. Misalnya, namai layer pertama “Face”.

Langkah 5

Dengan menggunakan tool Pen (P), mulailah menelusuri bentukan dominan dari wajah sang karakter maskot. Jangan lupa tutup jalurnya ya, sribuddies, supaya bisa diisi dengan warna-warna tertentu, misalnya untuk bagian kulit wajah dan rambut. Untuk beberapa elemen wajah lainnya, misalnya garis hidung dan bibir, sribuddies bisa saja membiarkan jalurnya tetap terbuka. Pada langkah-langkah berikutnya, kita akan membuat brush yang akan memudahkan dalam membuat ragam tampilan path (jalur).

Langkah 6

Sekarang setelah kita menelusuri bentukan dan garis wajah sang karakter maskot, kita bisa membuat iris matanya dengan menggunakan tool Ellipse (L). Buatlah tiga elips, yang satu besar, satunya lagi lebih kecil dan terletak di tengah-tengah elips yang lebih besar, serta yang terakhir berada sedikit di samping elips yang di tengah, seperti ini:

Langkah 7

Lagi, gunakan tool Ellipse untuk membuat elipse pipih, di mana lebarnya jauh lebih panjang ketimbang tingginya. Bawa elips ke arah panel Brush, dan pilih New Art Brush dari dialog New Brush. Ketika dialog Art Brush Options terbuka, ubah Colorization menjadi Tints, untuk memudahkan jika ingin mengganti warna brush, seperti ini:

Langkah 8

Pilih jalur-jalur terbuka dari tracing yang sudah sribuddies kerjakan, dan pilih brush baru yang sribuddies buat dari panel Brush. Sribuddies mungkin perlu mengubah Stroke Weight di beberapa jalur melalui panel Stroke, tergantung dari apakah stroke yang sribuddies inginkan lebih tebal atau lebih tipis.

Langkah 9

Isi jalur-jalur yang sudah tertutup dengan warna yang sesuai, dan ubah warna stroke dari path yang sribuddies brush barusan, seperti ini:

Langkah 10

Dengan menggunakan Gradients, buatlah area-area di mana pencahayaan jatuh lebih terang. Untuk tutorial ini, mari kita bayangkan pencahayaan datang dari arah kiri karakter maskot. Mulailah dengan bentuk wajah, dan buatlah gradien linear dari panel Gradient. Gunakan warna yang sribuddies pakai untuk menjadi warna kulit sang maskot sebagai Color Stop sisi kiri, dan warna yang lebih gelap dari warna kulitnya sebagai Color Stop sisi kanan. Secara default, tampilan gradasi warna karakter maskotmu mungkin sudah oke, namun jika sribuddies merasa belum puas, gunakan tool Gradient (G), dan sesuaikan gradasi dari kiri ke kanan, membuat bagian gradasi yang lebih terang berada di sisi kiri wajah sang karakter.

Langkah 11

Terapkan metode yang sama untuk semua bentukan tertutupmu yang lain, ciptakan gradasi linear dengan mempertimbangkan dari mana arah pencahayaan yang ingin kamu ciptakan. Juga, yang harus diingat adalah, harus ada transisi yang halus dari bentukan satu ke bentukan yang lainnya. Contoh yang baik adalah bentukan telinga kanan. Jika sribuddies menyesuaikan gradasi sehingga warna yang lebih terang berada di ujung kirinya, maka bentuk telinga kanan sang karakter akan tampak sangat aneh. Cara mudahnya adalah dengan membalikkan gradasi warnanya, agar warna di semua sisi selaras dan nyambung. Untuk bagian mata, buatlah gradasi warnanya secara vertikal, jadi gradasi warna yang lebih gelap berada di atas bentukan iris mata.

Langkah 12

Wajahnya sudah tampak jauh lebih baik kan sekarang, sribuddies? Tapi, mari kita tambahkan beberapa bentukan dan gradasi untuk memberikan sedikit sentuhan dan karakter. Mulailah dengan membuat elips dengan menggunakan tool Ellipse (L). Buatlah elips kira-kira seukuran dengan mata, dan letakkan tepat di bawah mata kanan. Isi elips tersebut dengan gradasi radial dari panel Gradient. Ubah kedua Color Stop menjadi warna pink kulit. Lalu, ubah Opacity di panel Gradient untuk warna Color Stop kedua menjadi 0. Copy (Command+C) dan Paste (Command+V) elips, lalu letakkan di bawah mata lainnya, seperti ini:

Langkah 13

Untuk langkah selanjutnya, gunakan tool Pen (P), dan buat bentuk untuk memperkuat kontur hidung, mulut, dan mata. Lalu, pilih bentuk wajah secara keseluruhan, Copy (Command+C) dan Paste in Front (Command+F). Pilih duplikasinya, dan bentukan wajah yang baru, lalu tekan tombol Intersect dari panel Pathfinder. Isi bentukan intersected dengan gradasi yang sama dengan bentukan elips (pada langkah sebelumnya), tapi kali ini gunakan pilihan gradasi linear. Sesuaikan gradasinya dengan tool Gradient (G) dan pilihlah Object > Arrange > Send Backward (Command+[) sampai bentukannya tertata tepat setelah bentuk wajahnya, seperti ini:

Langkah 14

Buat layer baru dari panel Layers, dan beri nama Body. Di panel Layer, letakkan layer Body di bawah layer Face, seperti ini:

Langkah 15

Pada layer Body, telusuri bentuk tubuh karakter kamu, seperti yang telah kamu lakukan dengan bagian kepalanya. Juga, telusuri keyboard dan laptop, tapi jangan telusuri layarnya.

Langkah 16

Isi bentukan dengan warna dasar, seperti pada wajah.

Langkah 17

Sama seperti pada wajah juga, isi bentukan dengan gradasi warna, dan gambarkan bentukan lain untuk menambah kedalaman. Area yang paling tepat diterapkan seperti ini adalah pada pakaiannya atau pada kulit tubuh sang karakter.

Langkah 18

Buat layer baru, dan beri nama Computer.

Langkah 19

Telusuri layar laptop dengan tool Pen (P) seperti yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Langkah 20

Sekali lagi, isi dengan warna dasar, tambahkan gradasi untuk menciptakan kedalaman, dan selesaikan dengan bentukan yang digambar dengan tool Pen (P) juga. Gunakan teknik yang diterapkan pada langkah 13 untuk Intersect bentukan baru, agar mereka nyambung dengan bentukan di bawahnya.

Langkah 21

Tambahkan layer baru, dan beri nama Background. Atur layer Background di panel Layers sehingga ia berada di bawah semua layer lainnya, kecuali layer Template.

Langkah 22

Untuk membuat bentukan Background, pertama-tama buat elips pipih dengan tool Ellipse (L). Dengan menggunakan tool Selection (V), putar elips sedikit ke arah kanan. Copy (Command+C) elips dan Paste in Back (Command+B). Dengan duplikatnya terpilih, sesuai ukurannya sedikit dengan menggunakan tool Selection (V). Untuk mengatur ukurannya secara proporsional di tengah, tekan Command + Option atau Alt+Shift selagi menyesuaikan ukuranny, seperti ini:

Langkah 23

Tekan tuts Option atau Alt, dan tarik keluar copy dari elips original ke arah bawah kanan dari dua elips lainnya. Copy (Command+C) elips original dan Paste in Front (Command+F). Pilih duplikatnya dan imbangi copy, lalu tekan tombol Intersect di panel Pathfinder.

Langkah 24

Isi dua elips pertama dengan warna biru kehijauan terang dan biru kehijauan gelap. Untuk elips penyeimbang, isi dengan gradasi radial dengan Color Stop pertama biru kehijauan terang, dan Color Stop kedua biru kehijauan gelap.

Langkah 25

Kita sebenarnya sudah selesai, tapi kita bisa mengubah-ubahnya sedikit, dengan menambahkan logo pada bagian muka kaos dan bagian belakang laptop sang karakter. Untuk tutorial ini, Sribu menggunakan logo Colorburned. Tapi, logo apapun yang ingin sribuddies gunakan, tempatkan salinannya di layer Body dan Computer.

Langkah 26

Setelah kita menempatkan logo, kita pasti menginginkan logo tampil dengan perspektif yang tepat dan sesuai dengan sketsa maskot secara keseluruhan. Dengan kedua logo ini, kita bisa mengakalinya dengan memutarnya sedikit ke arah kiri. Untuk logo lainnya, mungkin sribuddies perlu penyesuaian yang lebih banyak. Sribu menyarankan menggunakan tool Transform (E). Dengan tool Transform, klik dan tahan poin pengunci, lalu tekan tuts Command (atau tuts Ctrl untuk pengguna Windows), lalu sesuaikan seadanya. Pastikan kamu sudah klik dan tahan poin pengunci sebelum menekan tombol Command atau Ctrl, atau langkah ini tidak akan berjalan.

Langkah 27

Untuk logo pada kaos, kita akan mempertahankan warna logo Colorburned, tapi untuk logo pada komputer, kita akan membuatnya terlihat seperti dicap ke atas permukaan laptop. Untuk mulai mengisi logo komputer dengan gradien, mirip dengan gradien yang kamu terapkan di layer Computer tadi, tetapi dengan Color Stop yang lebih muda. Sesuaikan gradasi sehingga warna gelap berada di bagian bawah logo. Dengan logo masih dipilih, pilihlah Object > Path > Offset. Dalam dialog Offset, ubah Offset sampai 3 px (ini dapat berubah tergantung pada dimensi ilustrasi) dan pilih Rounds dari menu drop-down Joins. Isi bentukan offset dengan gradien linear dengan Color Stop pertama putih dan Color Stop kedua warna komputer yang lebih gelap. Sesuaikan gradien, sehingga bagian gelap dari gradien berada di bagian atas offset.

Langkah 28

Sekarang, yang harus sribuddies lakukan adalah memencet icon visibility untuk layer Template di panel Layers, dan kamu sudah selesai!

Dan, sekali lagi, seperti inilah image final yang telah kita hasilkan bersama. Yeay!

* Credits to:
ColorBurned.com

Sribu yakin deh, sribuddies pasti nggak sabar untuk buka Adobe Illustrator dan mempraktikkan tutorial desain yang baru saja Sribu kasih. Selamat berkarya, sribuddies! Jangan lupa, pajang hasil karya kamu di a href=”https://www.facebook.com/sribudotcom” rel=”nofollow”>Facebook Sribuatau kirim TwitPic ke Twitter account kita di @sribudotcom.

Salam,
Tim Sribu
^ Tutorial Desain untuk Membuat Maskot dengan Adobe Illustrator ^